Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Karyawan PT. PLN (Persero) Cabang Ternate

Rahmat Sabuhari, Muhammad Thahrim, Ruslan A Kamis, Utari Sofyan

Abstract


Abstract

Employees are required to be able to satisfy customers in the availability of electricity and also satisfaction in administrative services. The purpose of this study was to determine and partially test the effect of emotional intelligence and interpersonal communication on employee performance and test it simultaneously on employees of PT. PLN (Persero) Ternate Branch. The number of research samples was 57 people. The test tool used is multiple linear regression analysis using the statistical package for social scientists (SPSS) as a statistical test tool. The study results partially show that emotional intelligence does not affect employee performance while interpersonal communication significantly influences employee performance. The survey results also prove simultaneously that emotional intelligence and interpersonal communication substantially impact employee performance.

Keywords: Emotional intelligence, interpersonal communication, employee performance.

 

Abstrak

Karyawan dituntut mampu memuaskan pelanggan dalam ketersedian listrik dan juga kepuasan dalam pelayanan yang bersifat administratif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji secara parsial pengaruh kecerdasan emosional dan komunikasi interpersonal terhadap kinerja karyawan dan juga mengujinya secara simultan pada karyawan PT. PLN (Persero) Cabang Ternate. Jumlah sampel penelitian adalah sebanyak 57 orang. Alat uji yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan statistical package for social scientists (SPSS) sebagai alat uji statistik. Hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan sedangkan komunikasi interpersonal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil penelitian juga membuktikan secara simultan bahwa kecerdasan emosional dan komunikasi interpersonal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Komunikasi Interpersonal, Kinerja Karyawan.


References


Agustian. (2005). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spritual ESQ (A. Ginanjar (ed). Arga.

Alkahtani, A. (2013). Employee Emotional Intelligence and Employee Performance in the Higher Education Institutions in Saudi Arabia: A Proposed Theoretical Framework. International Journal of Business and Social Science, 4(9).

Amstrong. (2010). Human Resource Management Practice a Guide to People Management (Michael (ed.)). Kogan Page Limited.

Aziz, F., dan Suryadi, E. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Pegawai di Biroumum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 178–187.

Christina, A., dan Samanta, I. (2016). The Impact of Emotional Intelliegence Onimproving Team-Working: The Case of Publik Sector (National Centre for Publikadministration and Local Government– N.C.P.A.L.G). Procedia–Social and Behavioral Sciences., 230, 167–175.

Daft. (2006). Management. Terjemahan oleh Diana Angelica. Salemba Empat.

Daryanto. (2011). Ilmu Komunikasi I. PT Sarana Tutorial Nurani.

Goleman, D. (2009). Kecerdasan Emosional : Mengapa EI Lebih Penting dari pada IQ. PT Gramedia Pustaka Utama.

Krisnanto, I., dan Pratomo, A. (2017). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Karyawan Front Desk Hotel Bumi Senyiur Samarinda. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 2(3), 222–230.

Mangkunegara, A. P. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan (Cetakan ke). PT Remaja Rosda Karya.

Mulyana, D. (2014). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar (Cetakan ke). PT Remaja Rosdakarya.

Pasolong, H. (2010). Teori Administrasi Publik (Cetakan ke). Alfabeta.

Putra. (2012). New Public Governance (Fadhila (ed.)). Universitas Brawijaya Press.

Putri, G., O. (2018). Inovasi Pelayanan Bagi Anak Penyandang Autis (Studi pada Program Pelayanan Anak Autis di Pusat Layanan Autis Kota Blitar). Universitas Muhammadiyah Malang.

Robbins, S., P., dan Judge, T., A. (2013). Organizational Behavior 15th ed. New Jersey: Pearson Education. Inc.

Rusdi, F., Langkai, J., dan Tangkau, C., H. (2020). Civil Servants’Competence as Public Service. SEIKO Journal of Management and Busniness, 3(2), 114–123.

Rusmalinda., S dan Saputri, M., E. (2016). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Karyawan di Lembaga Bimbingan dan Konsultasi Belajar Prestise. Journal E-Proceeding of Management, 3(1), 1–5.

Salovey, P., dan Mayer, J., D. (1990). Emotional Intelligence. Jurnal Imagination, Cognition and Personality, 9(3), 185–211.

Sefnedi, S. dan. (2017). The Effect of Emotional Intelligence and Organizational Cynicism on Job Performance: The Role of Motivation as Mediator. Journal of Business and Management (IOSR-JBM), 19(3), 101–107.

Sholiha, M., Sunaryo, H., dan Priyono, A., A. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Guru SMP An-Nur Bululawang. Jurnal Warta Ekonomi, 7(17), 78–92.

Sulistio, H., Assa, A., F., dan Herdiansyah, I., M. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepribadian Terhadap Kinerja Karyawan pada PT Bank Danamon Indonesia, TBK. Jurnal Manajemen Bisnis - Kompetensi, 11(1), 41–48.

Wahyuni, R., dan Irfani, H. (2018). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Pegawai dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Moderating (Studi pada Pegawai RSUP Dr. M. Djamil Padang). Jurnal PSYCHE, 11(2).

Widyastini, E. (2003). EQ dan Kesuksesan Kerja.

Yusni, M., A. (2015). Studi Tentang Pelayanan Haji di Kementrian Agama Kota Samarinda. EJournal Ilmu Pemerintahan, 3(1), 318–332.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jurman.v7i2.720

Article Metrics

Abstract view : 785 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 991 times

 

 

Indexing In

 

Tools