Endorsement Influencer Review Produk dan Harga pada Produk Skintific di TikTok Shop dalam Mempengaruhi Minat Beli
Abstract
Abstract
The purpose of this study is to investigate how students' interest in purchasing Skintific products on Tiktok Shop is influenced by product reviews, influencer endorsements, and pricing. All Makassar City students who have purchased or are thinking about purchasing Skintific items from TikTok Shop make up the study's demographic. There are 120 responders in the study's samples. Purposive sampling, which determines responders based on specific criteria, was used in conjunction with a non-probability sampling strategy to pick study participants. E-questionnaires were distributed as part of the study's data collection strategy. Multiple linear regression analysis was then used to handle and examine the data. According to the study's findings, students' interest in purchasing products in Makassar City is significantly influenced by price, product reviews, and influencer endorsements, particularly for Skintific items offered on TikTok Shop.
Keywords: Influencer Endorsement, Product Reviews, Price, Buying Interest
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana minat siswa dalam membeli produk kreatif di TikTok Shop dipengaruhi oleh ulasan produk, dukungan influencer, dan biaya. Semua siswa Kota Makassar yang telah membeli atau sedang mempertimbangkan untuk membeli barang-barang Skintific dari TikTok Shop menjadi populasi penelitian. Ada 120 responden dalam sampel penelitian. Pengambilan sampel secara sengaja, yang menentukan responden berdasarkan kriteria tertentu, digunakan bersama dengan strategi pengambilan sampel non-probabilitas untuk memilih peserta penelitian. E-kuesioner didistribusikan sebagai bagian dari strategi pengumpulan data penelitian. Analisis regresi linier berganda kemudian digunakan untuk menangani dan memeriksa data. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa harga, ulasan produk, dan dukungan influencer secara signifikan memengaruhi minat siswa untuk melakukan pembelian di Kota Makassar, khususnya untuk barang-barang skintific yang ditawarkan di TikTok Shop.
Kata Kunci: Endorsement Influencer, Review Produk, Harga, Minat Beli
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agung, A. A. P., & Yuesti, A. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. AB Publisher.
Akramiah, N., Hastari, S., & Sari, I. M. (2021). The effect of brand ambassador and celebrity endorser on consumer purchase interest of Le Minerale on students Faculty of Economics, Merdeka University, Pasuruan. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 3(1), 65–73.
Almrafee, M., & Akaileh, M. (2024). Customers’ purchase intention of renewable energy in Jordan: The case of solar panel systems using an extended theory of planned behavior (TPB). International Journal of Energy Sector Management, 18(3), 457–473.
Anggi Nurijayanti , MG. Sukamdiani, D. N. C. P. (2023). 2 + 0.182. Jurnal Wirausaha Dan Ilmu Ekonomi (WIRANOMIKA), 2(1), 1–17.
Ariyanto, A. K., & Rahmawan, G. (2021). Pengaruh harga, promosi dan kualitas produk terhadap minat beli masyarkat terhadap smartphone merk Cina. Widya Manajemen, 3(2), 117–127.
Azizah, D. U., & Elok Fitriani Rafikasari. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Social Media Marketing Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen @Souvenirmurah_Ta Di Masa Pandemi. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 2(1), 135–146. https://doi.org/10.53625/juremi.v2i1.2418
Fauzi, S., & Lina, L. F. (2021). Peran Foto Produk, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Pada Minat Beli Konsumen Di E-Commerce. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 21–26.
Febriana Eka Dewi, Ari Kuntardina, E. A. (2022). Pengaruh Online Customer Review Dan Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Kasus Mahasiswa STIE CENDEKIA Bojonegoro angkatan 2017). JEMB : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 90–99.
Fitriany, F., & Amijaya Kamaluddin, L. O. (2022). Pengaruh korean wave brand ambassador dan brand personality terhadap minat beli produk laneige Pada wanita generasi milenial di kota makassar. Nobel Management Review, 3(1), 39–51. https://doi.org/10.37476/nmar.v3i1.2864
Ghozali, I., & Nasehudin, T. S. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Hanum, R. L., & Ruspitasari, W. D. (2024). Efek Social Media Influencer pada Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Somethinc (The Effect of Social Media Influencers on Somethinc Beauty Product Purchase Decisions). Akuntansi Bisnis & Manajemen (ABM), 31(2), 135–149.
Hariningsih, E., Haryanto, B., Wahyudi, L., & Sugiarto, C. (2024). Ten years of evolving traditional versus non-traditional celebrity endorser study: review and synthesis. Management Review Quarterly, 1–61.
Istiqomah, A., Putri, N. P., Annisa, R., & Sanjaya, V. F. (2024). Penerapan Strategi Manajemen Inovasi Untuk Daya Saing Perusahaan Industri E-Commerce Shopee Indonesia. Al-A’mal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(2), 133–140.
Jati, A. R. S., & Artadita, S. (2022). Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mirai Management, 7(1), 231–241.
Kertamukti, R. (2015). Strategi kreatif dalam periklanan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018). Marketing management: an Asian perspective. Pearson Harlow.
Leli, N., Nurhadiah, N., Handayani, R. T., & Suhairi, S. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Komunikasi Massa dalam Memperluas Jangkauan dan Meningkatkan Interaksi dengan Konsumen. Jurnal Mirai Management, 8(2), 436–444.
Lestariningsih, W., Azahari, H., & Parwono, T. (2022). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen. KENDALI: Economics and Social Humanities, 1(2), 96–104.
Manurung, E. D., & Sisilia, K. (2024). Endorsement influencer, online customer review, dan perceived quality terhadap keputusan pembelian produk skincare Skintific. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 10(2), 554–565.
Maria, V., Hidayatullah, A. F., Putri, U. E. D. T., Mursidah, N. N., Ramdhany, L. P., Sabilah, R., & Syauqi, F. A. (2024). Pemanfaatan pemasaran melalui media sosial terhadap UMKM di Kota Serang. Benefits: Journal of Economics and Tourism, 1(1), 1–15.
Pranita, K. (2024). Pengaruh Online Customer Review Dan Endorsement Infulencer Terhadap Minat Beli Produk Skintific Pada Media Sosial Tiktok. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 5(1), 87–100.
Prasasti, G. A., & Maisara, P. (2022). Pengaruh Fasilitas, Harga Dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Mie Gacoan Di Solo Raya. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(2), 276–288. https://doi.org/10.37606/publik.v9i2.327
Pratama, N. D., & Suryandani, W. (2023). Analisis Citra Merek, Kualitas Produk, dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Onik Kopi Store di Rembang Kota. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 9(2), 233–241.
Putri, S. I., Yulianti, E., Saputra, G. G., & Ningrum, H. F. (2022). Faktor Penentu Minat Beli Konsumen Melalui E-Commerce Berbasis Marketplace. Jurnal Ilmiah Poli Bisnis, 14(1), 29–40.
Raga, H. E., Agung, A. A. P., & Anggraini, N. P. N. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Produk Kuliner Tegal Dadong. Values, 2(2).
Raudah, M. Z., & Saputra, H. (2021). Pengaruh Harga dan Customer Review Terhadap. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 4(2), 373–380.
Rifiani, P., Dharta, F. Y., & Oxcygentri, O. (2022). Pengaruh Endorse Influencer Fadil Jaidi Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 289–301.
Romadhoni, B. B., Akhmad, A., Syah, F., & Mauliana, D. (2024). Peran Citra merek Gaya Hidup Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 10(1), 163–178.
Saputra, F., Ali, H., & Mahaputra, M. R. (2023). Peran Ingredients, Influencer Review dan Live Streaming Marketing terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Skincare Varian Mugwort. Jurnal Komunikasi Dan Ilmu Sosial, 1(3), 141–153.
Satriyo, B., Indriana, Y., & Ridlo, M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, E-Service Quality, dan Review Content terhadap Minat Beli pada UMKM Produk Organik. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(4), 1563–1571.
Singa, A. A. G., & Nasution, A. E. (2024). Consument Purchase Decision: Online Consument Rating, Online Consument Review Dan Consument Trust Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Organisasi (JUMBO), 8(1), 51–62.
Situmorang, D. A., & Asriwandari, H. (2025). Perilaku Konsumtif Pengguna Klinik Kecantikan Dan Perawatan Tubuh Di Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 11(4. C), 22–35.
Sugiyarti, G., & Mardiyono, A. (2021). The role of brand equity in increasing buying interest. Management Science Letters, 11(7), 1999–2010.
Sunatar, B., Yulinar, Y., & Katmas, E. (2023). Pengaruh Iklan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dengan Media Sosial Instagram Sebagai Variabel Moderating Pada Klinik Muntira Skin Care Kota Sorong. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 9(2), 392–406.
Uyuun, S. N. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Pada Mahasiswa Feb Unesa. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(2), 164–174.
Wardhana, H. W., Wahab, Z., Shihab, M. S., & Yuliani, Y. (2021). Pengaruh electronic word of mouth (e-wom) dan celebrity endorsement terhadap minat beli konsumen.
Widayat, W., & Purwanto, H. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, keberagaman produk, suasana toko dan lokasi terhadap minat beli konsumen di Pasar Tradisional Wonosobo. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(1), 123–132.
Yanti, T. U., & Lu, C. L. C. (2024). Pengaruh Influencer Marketing, Citra Merek, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Platform TikTok (Studi Pada Pengguna Produk Skintific di Kota Bandung). JURNAL MANAJEMEN & ORGANISASI REVIEW (MANOR), 6(2), 343–354.
Yu, M., Liu, F., Lee, J., & Soutar, G. (2018). The influence of negative publicity on brand equity: attribution, image, attitude and purchase intention. Journal of Product & Brand Management, 27(4), 440–451.
Yuwono, C. O., Rizky, N. Y., & Indra, I. R. (2025). Evolusi Social Commerce: Memahami Fenomena Digital Melalui Perspektif Teori Komunikasi Dan Sosial". Journal of Syntax Literate, 10(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jurman.v11i1.2426
Article Metrics
Abstract view : 124 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 96 times
Website Layout and Editing © 2016 Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo on Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo.
Indexing In
Tools






.png)







