PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN NIKMAT SUKAMAJU KABUPATEN LUWU UTARA

Haedar Haedar, Sapar Sapar, Asniah Asniah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen pada Rumah makan nikmat Sukamaju. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan rumah makan nikmat Sukamaju Kabupaten Luwu Utara sebanyak 78 pelanggan. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga sampel 65 konsumen. Rumus regresi linier sederhana digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas pelayanan yang dihipotesiskan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dari hasil analisis regresi linier sederhana didapatkan persamaan regersi: Y = 12,469 + 0,418 X. Dimana Y kepuasan konsumen dan X adalah kualitas pelayanan. Angka Adjusted R Square sebesar 0,161 menunjukkan bahwa 16,1% variabel kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan dalam persamaan regersi. Sedangkan sisanya sebesar 83,9% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

References


Agisti S. 2003. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Mutu Pelayanan Industri Jasa Boga (Studi Kasus di Restoran Rindu Alam I, Puncak Pas-Bogor). Skripsi. Bogor: Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Alwi, Hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Amir, M. Taufiq. 2005. Dinamika Pemasaran: Jelajahi & Rasakan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Bambang Riyanto. 2001. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

BN Marbun. 2003. Kamus Manajemen, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Fandy Tjiptono, 2006, Pemasaran Jasa, Malang: Bayumedia Pubhlishing.

Ghozali, I. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan. Semarang: Penerbit Universitas

Diponegoro.

Giese dan Cote, 2000, Manajemen Kualitas Dalam Industri-Industri Jasa. Jakarta: PT. Gramedia, Pustaka Utama.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi XI. Jakarta: Salemba Empat.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2007. Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta: Salemba Empat.

Irawan H. 2003. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

John Hendra Istianto. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Makan Ketty Resto. Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi (Jenius) (Online), (http://news.palcomtech.com/wpco ntent/uploads/2012/01/JHONMAR IA-JE01032011.pdf)

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, implementasi, dan pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

___________. 2001. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan. Kontrol. Jakarta : PT. Prehallindo.

___________. 2003 Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta : PT Indeks kelompok. Gramedia.

Lupiyoadi, Rambat A.Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Ma’arif, Mohamad Symasul dan Hendri Tanjung. 2003. Manajemen Operasi. Edisi Pertama. Jakarta: Penerbit PT Grasindo.

Nanang Tasunar. 2006. â€Kualitas Layanan Sebagai Strategi Menciptakan Kepuasan pada Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI)

Morodemakâ€. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. V. Nasution. 2004. Metode Reseach. Bandung.

PT. Jemar Nasution. M.N. 2005, Reformasi Birokrasi: Peningkatan Mutu Pelayanan Publik, Semarang: Universitas Diponegoro.

Ratminto dan Winarsih Atik. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Simamora, Bilson. 2001. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan. Profitabel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sri Suratno F.G. dan Nursya’ Bani Purnama. 2004. â€Analisis Tingkat Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Kualitas

Layanan Kantor Pelayanan Pajak Yogyakarta Duaâ€. Sinergi Kajian Bisnis dan Manajemen, Vol. 7.

Sugiyono. 2003. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supranto. 2001. Strategi Menaklukkan Pasar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wisnalmawati. 2005. Pengaruh Persepsi Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Niat pembelian Ulang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, No. 3 Jilid.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jm001.v1i1.24

Article Metrics

Abstract view : 2355 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

 

 

Indexing In

 

Tools