Strategi Manajemen Pengembangan Usaha Mikro dan Kecil Olahan Pangan di Kabupaten Morowali Utara
Abstract
Abstract
The purpose of this study is to determine and analyze the development of micro, small, and medium enterprises in food processing in North Morowali Regency. This type of research is qualitative, with four selected informants. Data collection uses observation, interview, and documentation techniques. The data analysis techniques used are (1) data collection, (2) data reduction, (3) data presentation, (4) verification, and (5) conclusion. The results of this study indicate that: (1) The development of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in food processing in North Morowali Regency has been going well. (2) There are several supporting factors in the development of MSMEs, namely: (a) government attention to MSME actors, which is manifested through cash assistance, provision of production equipment, and marketing facilities through social media and exhibitions organized by the government; (b) the existence of information technology facilities such as smartphones, Zoom applications, YouTube, Google, and print media, which greatly assist MSME actors in promoting their products. (3) On the other hand, there are several inhibiting factors in the development of MSMEs, including: (a) limited human resources who do not yet have competence in the MSME field; (b) limited business capital; (c) lack of promotional activities; and (d) difficulty in applying for business capital loans at banks.
Keywords: Management, MSME and Development
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil Olahan Pangan di Kabupaten Morowali Utara. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan informan yang dipilih sebanyak empat orang. Pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu (1) Pengumpulan data (2) Reduksi Data (3) Penyajian Data (4) Verifikasi (5) Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan Usaha Mikro Kecil (UMK) olahan pangan di Kabupaten Morowali Utara telah berjalan dengan baik. (2) Terdapat beberapa faktor pendukung dalam pengembangan UMK, yaitu: (a) perhatian pemerintah terhadap pelaku UMK, yang diwujudkan melalui bantuan tunai, penyediaan alat produksi, serta fasilitasi pemasaran melalui media sosial dan pameran-pameran yang diselenggarakan oleh pemerintah; (b) keberadaan fasilitas teknologi informasi seperti telepon pintar, aplikasi Zoom, YouTube, Google, dan media massa cetak yang sangat membantu pelaku UMK dalam mempromosikan produk mereka. (3) Di sisi lain, terdapat beberapa faktor penghambat pengembangan UMK, meliputi: (a) keterbatasan sumber daya manusia yang belum memiliki kompetensi di bidang UMK; (b) keterbatasan modal usaha; (c) kurangnya kegiatan promosi; dan (d) kesulitan pengajuan pinjaman modal usaha di perbankan.
Kata Kunci: Manajemen, UMK dan Pengembangan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aditiya, V. M. (2024). Strategi Pengembangan UMKM. . Innovative: Journal Of Social Science Research, , 9456-9462.
Anggraini, D. &. (2024). Peranan Bank Syariah Indonesia Dalam Meningkatkan Usaha. Margin: Journal of Islamic Banking,, 130 - 148.
Aprilia, S. K. (2024). Peran Pembiayaan Bank BTPN . Syariah dalam. Jurnal Warta Ekonomi, 7(01).
Ardiyanti, D. L. (2024). Peningkatan Strategi Pemasaran Pada UMKM. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian, 9850-9853.
Arsyad, A. D. (2024). Penerapan Sosial Media Dalam Strategi. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, , 111 - 121.
Aulia, A. B. (2024). Analisis Sistem Informasi Dalam Pengembangan. Musytari:, 126-136.
Bahrul, U. I. (2024). Perizinan Dan Legalitas (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Jakarta: Gramedia.
Cahyadin, M. R. (2024). Pengembangan Usaha Tunggak Jati Menuju UMK Naik. KUAT: Keuangan Umum dan Akuntansi.
Destirani, A. Y. (2024). Analisis SWOT Pada Umkm Es. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi,, 81-90.
Dwiwijaya, K. A. (2024). Buku Ajar Pengantar Manajemen. jakarta: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Kurniawan, V. F. (2024). Pengaruh UMKM (Usaha Mikro Kecil Menegah) Terhadap . Peningkatan Perekonomian .Indonesia Tahun 2024. Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi,, 111-120.
Mahagiyani, M. & Sugiono, S. (2024). Buku Ajar Metodologi Penelitian. Gramedia
Malango, S. M. (2024). Strategi Digital .Marketing PKMUntuk Menumbuh Kembangkan Usaha UMKM. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, , 1257-1262.
Mardiani, E. R. (2024). Strategi Digital .Marketing PKMUntuk Menumbuh Kembangkan Usaha UMKM. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, , 1257-1262.
Maulana, H. S. (2024). Digitalisasi Pemasaran Potensi UMKM Desa Mungkung Kabupaten Nganjuk Melalui Peta Digital Tahun 2024. ASPIRASI: Publikasi Hasil Pengabdian dan Kegiatan Masyarakat, 2, 70-79.
Nasori, N. I. (2024). Pemetaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Jawa Timur Menuju Sertifikasi Halal Tahun 2024. Sewagati, 76-84.
Permana, A. Y.-m. (2024). Pendampingan UMKM Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Di Era Digital Pada UMKM Keripik Singkong Berkah Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sapangambei Manoktok Hitei, 4(1), , 75-79.
Purwito, L. S. (2024). Pengembangan UMKM melalui program inkubasi wirausaha bagi pemuda karang taruna di kabupaten,Malang. . Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat,, 10207-10215.
Putri, C. C. (2024). Pengembangan Umkm Desa Bejijong Guna Meningkatkan Perekonomian PAsca Pandemi Covid-19 Melalui Re-Branding usaha. Jurnal Pengabdian Nasional (e-ISSN: 2797-0493), 4(03),, 4(03), 38-44.
Rosmita, R. S. (2024). Strategi Pengembangan Usaha UMKM Kuliner Di Kota Pekanbaru. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(3),, 4254-4264.
Rusman, H. P. (2024). Pendampingan implementasi sistem akuntansi berbasis aplikasi untuk UMKM. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5),, 9921-9925.
Saputra, A. A. (2024). Modernisasi Foto Produk Untuk . Konten Media Sosial UMKM Anisa Bakery. SENADA: Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 4(3), , 123 - 135.
Sasongko, D. F. (2024). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama Dalam Sistem Ekonomi Syariah Pada UMKM Halal Melalui Produk Pembiayaan Syariah. Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(4),, 1303-1320.
Setiani, D. D. (2020). Fintech syariah: manfaat dan problematika penerapan pada UMKM. Jurnal Masharif Al-.Syariah: . Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(1)., 10-25.
Syafi'ie, A. M. (2024). (2024). Pengaruh Pembiayaan Mikro Syariah Dalam Perkembangan Umkm Di Malang (Studi Kasus BMT UGT Nusantara). Jurnal Warta Ekonomi10, 10 - 24.
Tehuayo, E. T. (2024). (2024). Pemasaran Digital: Era Baru Pengembangan UMKM di Desa Kampung Baru-Banda Neira Maluku Tengah. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1),, 41-425.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah- UMKM. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.
DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jurman.v10i1.2262
Article Metrics
Abstract view : 99 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 137 times
Website Layout and Editing © 2016 Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo on Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo.
Indexing In
Tools






.png)







