Produk VCO: Green Product Awareness, Preferensi Konsumen dan Pengetahuan Produk terhadap Minat Beli (Studi Pada Provinsi Sulawesi Barat)
Abstract
Abstract
In this study focusing on the correlation of Green Product Awareness, Consumer Preference, Product Knowledge on Purchase Interest, the basis of this research is to find out the business opportunities of Virgin coconut oil (VCO) products in West Sulawesi Province. In the process of analyzing research data to be carried out using descriptive analysis methods. The results of the study are described in a descriptive manner, some dominant indicators are obtained which are interpreted based on the categories, very strong, strong, sufficient, weak and very weak. The test results are in line with the community's knowledge regarding the benefits of coconut, the location of where the community lives, which geographically the number of distribution of coconut trees is very large, and finally coconut is still considered a herbal medicine that can cure various diseases so that it can affect the mentality and attitude of people's beliefs. The researcher concluded that the relationship was created because general knowledge of coconut supports interest in Virgin coconut oil (VCO) products. It only takes various ways so that the Virgin coconut oil (VCO) industrial product can be officially formed and developed in West Sulawesi.
Keywords: Green Product Awareness, Consumer Preference, Product Knowledge, Purchase IntentionÂ
Abstrak
Pada penelitian ini berfokus pada deskriptifikasi Green Product Awareness, Preferensi Konsumen, Pengetahuan Produk dalam mendukung Minat Beli, dasar penelitian ini ingin mengetahui peluang bisnis dari produk Virgin coconut oil (VCO) di Provinsi Sulawesi Barat. Dalam proses analisis data penelitian yang akan dilaksanakan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian diuraikan secara deskripsi, memperoleh beberapa indikator yang cukup dominan yang diinterpretasikan berdasarkan kategori, Sangat kuat, kuat, cukup, lemah dan sangat lemah. Hasil pengujian selaras dengan pengetahuan masyarakat terkait manfaat kelapa, lokasi tempat tinggal masyarakat yang jika dilihat secara geografis jumlah sebaran pohon kelapa sangat besar, dan terakhir kelapa sampai saat ini masih dianggap sebagai obat herbal yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit sehingga dapat mempengaruhi mental dan sikap masyarakat keyakinan. peneliti menyimpulkan hubungan tercipta karena pengetahuan umum terhadap kelapa mendukung minat terhadap Produk Virgin coconut oil (VCO), hanya saja diperlukan berbagai cara agar industri produk Virgin coconut oil (VCO) dapat terbentuk secara resmi dan berkembang di Sulawesi Barat.
Kata Kunci: Green Product Awareness, Preferensi Konsumen, Pengetahuan Produk, Minat Beli
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alamsyah, D. P., Hariyanto, O. I. B., & Rohaeni, H. (2019). Customer Green Awareness and Eco-Label for Organic Products. Proceedings of the 2019 International Conference on Organizational Innovation (ICOI 2019). Proceedings of the 2019 International Conference on Organizational Innovation (ICOI 2019), Ulsan, South Korea.
Arief, G. M., & Millianyani, H. (2015). Pengaruh Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Sugar Tribe. 7.
Alamsyah, D. P., Hariyanto, O. I. B., & Rohaeni, H. (2019). Customer Green Awareness and Eco-Label for Organic Products. Proceedings of the 2019 International Conference on Organizational Innovation (ICOI 2019). Proceedings of the 2019 International Conference on Organizational Innovation (ICOI 2019), Ulsan, South Korea. https://doi.org/10.2991/icoi-19.2019.12
Arief, G. M., & Millianyani, H. (2015). Pengaruh Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Sugar Tribe. 7.
Babu, A. S., Veluswamy, S. K., Arena, R., Guazzi, M., & Lavie, C. J. (2014). Virgin Coconut Oil and Its Potential Cardioprotective Effects. Postgraduate Medicine, 126(7), 76–83.
Damanik, E. R. (2013). Bagaimana Product Knowledge dan Product Involvement Memotivasi Konsumen? (Kajian Motivasi Masyarakat Terhadap Pemilihan Jurusan Komunikasi Pemasaran Universitas Bina Nusantara sebagai Tempat Melanjutkan Pendidikan Tinggi). Humaniora, 4(2), 1336.
Ferdinand, A. (2002). Structural Equation Model Dalam Penelitian. Fakultas Ekonomi UNDIP.
Jaiswal, N. (2012). Green products: Availability, awareness and preference of use by the families. Indian Journal of Environmental Education, 12, 21-25.
Listyoningrum, A. (2012). Analisis Minat Beli Konsumen Muslim Terhadap Produk Yang Tidak Diperpanjang Sertifikat Halalnya. 12.
Mashadi, M., Nurachmad, E., & Mulyana, M. (2019). Analisis Deskriptif Penilaian Website Perguruan Tinggi. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 3(2), 97.
Pagliacci, M., Manolică, A., Roman, T., & Boldureanu, G. (2019). THE CONSUMERS OF GREEN PRODUCTS THE CASE OF ROMANIAN MOLDAVIA COUNTIES. Amfiteatru Economic, 21(13), 830-844.
Putri, N. E., & Iskandar, D. (2014). Analisis Preferensi Konsumen Dalam Penggunaan Social Messenger Di Kota Bandung Tahun 2014 (Studi Kasus: Line, Kakaotalk, Wechat, Whatsapp). 14(2), 18.
Quetient, A., & Ri, P. P. K. (2015). Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 7 No. 2 Februari 2015. 11.
Rahardi, N., & Wiliasih, R. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Terhadap Hotel Syariah. Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 2(1). https://doi.org/10.30997/jsei.v2i1.293
Rosidi, A. (2021). Pengaruh Pengetahuan Produk, Biaya Administrasi Dan Bagi Hasil Terhadap Minat Masyarakat. 7.
Suarjana, I. K. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Pengetahuan Produk, Dan Citra Perusahaan Terhadap Niat Beli Layanan Multi Servis Merek Indihome. 7(4), 30.
Surianshah, S. (2021). Environmental awareness and green products consumption behavior: A case study of Sabah State, Malaysia. Biodiversitas Journal of Biological Diversity, 22(7).
DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jurman.v8i2.1289
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Website Layout and Editing © 2016 Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo on Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo.
Â
Â
Indexing In
Â
Tools