Pengaruh Citra Wisata Nilai Budaya Resonansi Pelanggan pada Minat Berkunjung Pada Destinasi Wisata Taman Bunga Celosia Bandungan Semarang
Abstract
Abstract
This study aimed to determine the relationship between tourist image, cultural values, customer resonance, and interest in tourist destinations. The population in this study were tourists visiting the Celosia flower garden. This study took 100 respondents who were tourists visiting the Celosia flower garden in Bandungan, Semarang. This study used a purposive sampling method or a subjectively targeted sample. The analytical method used is the validity test, reliability test, and multiple linear regression analysis. The results of this study are that tourism image has a positive and significant effect on visiting intentions. Cultural values affect interest in visiting. Meanwhile, customer resonance has no significant effect on visiting intentions. Tourism image, cultural values, and customer resonance positively and significantly impact visiting intentions with a decisive contribution. Cultural values have a more substantial influence on visiting intentions.
Keywords: Â Tourism Image; Culture value; Customer Resonance; Visiting Intentions.
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara citra wisata, nilai budaya, resonansi pelanggan dan minat berkunjung pada destinasi wisata. Populasi pada penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke taman bunga Celosia. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling atau sampel bertujuan secara subyektif. Penelitian ini mengambil 100 orang responden yang merupakan wisatawan yang berkunjung ke taman bunga Celosia Bandungan, Semarang. Metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan citra wisata terhadap minat berkunjung. Nilai budaya berpengaruh terhadap minat berkunjung. Sedangkan untuk resonansi pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung. Secara bersama-sama citra wisata, nilai budaya dan resonansi pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung dengan kontribusi sangat kuat. Nilai budaya memilki pengaruh yang lebih tinggi terhadap minat berkunjung.
Kata Kunci: Â Citra Wisata; Nilai Budaya; Resonansi Pelanggan; Minat Berkunjung.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Kristiningrum ND. Heritage Tourism dan Creative Tourism: Eksistensi Pasar seni (Central Market) di Malaysia sebagai salah satu pasar bersejarah. Herit Tour dan Creat Tour Eksistensi Pasar seni (Central Mark di Malaysia sebagai salah satu pasar bersejarah. 2014;Jurnal Hubungan Internasional Tahun VIII. No. 1. J.
Wibowo, S. F., Sazali, A., & P AK. The Influence of Destination Image and Tourist Satisfaction Towards Revisit Intention of Setu Babakan Betawi Cultural Village. Influ Destin Image Tour Satisf Towar Revisit Intent Setu Babakan Betawi Cult Village. 2016;Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia.
2009 U-URIN 10 T. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun. In: tentang Kepariwisataan, Pub L No 10 (2009) Republic of Indonesia. 2009.
Zaenuri M. Perencanaan Strategis Kepariwisataan Daerah: Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: e-Gov Publishin. 2012;
Kolter A. Principles Of Marketing Sixteenth Edition Gobal Edition. Principles Of Marketing Sixteenth Edition Gobal Edition. England. Pearson Education Limited. England. Pearson Education Limited; 2016.
Sondakh PMN dan AT. “Pelayanan, Keamanan, dan Daya Tarik Mempengaruhi Minat Wisatawan yang Berkunjung ke Objek Wisata Alam Gunung Mahawu, Tomohonâ€, Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. “Pelayanan, Keamanan, dan Daya Tarik Mempengaruhi Minat Wisatawan yang Berkunjung ke Objek Wisata Alam Gunung Mahawu, Tomohonâ€, J Berk Ilm Efisiensi. 2016;Volume 16,:hal 280-287, FEB Universitas Sam Ratulangi, Manado.
B S. “kebijakan pembangunan destinasi wisata dan pengaplikasiannya diIndonesia†Gava Media Yogyakarta. “kebijakan Pembang Destin wisata dan pengaplikasiannya diIndonesia†Gava Media Yogyakarta. 2013.
Tuohino, Anja., dan Konu H. Local stakeholders’ view about destination management: who are leading tourism development? Tourism Review. Local stakeholders’ view about Destin Manag who are Lead Tour Dev Tour Rev. 2014;Vol. 69:No. 3, Hal. 202-215.
Kim, A.K. and Brown G. Understanding the relationships between perceived travel experiences, overall satisfaction, and destination loyalty, Anatolia: An International Journal of Tourism and Hospitality. Underst relationships between perceived Travel Exp overall Satisf Destin Loyal Anatolia An Int J Tour Hosp Res. 2012;Vol. 23 No:328–47.
Chiu, W. et al. “The influence of Citra Wisata and tourist satisfaction on tourist loyalty: a case study of Chinese tourists in Korea.†International Journal of Culture, Tourism and Hospitality Research. “The Influ Citra Wisata Tour Satisf Tour Loyal a case study Chinese Tour Korea†Int J Cult Tour Hosp Res. 2016;10(2): 223-234.
Shang, S. S. C. et al. “Generating consumer resonance for purchase intention on social network sites.†Computers in Human Behavior. “Generating Consum Reson Purch Intent Soc Netw sites†Comput Hum Behav. 2017;69: 18-28.
Benur AM and BB. “Tourism product development and product diversification in destinations.†Tourism Management. "Tourism Prod Dev Prod Diversif Destin Tour Manag. 2015;50: 213-224.
Warren G and KD. “Exploring the dimensions of place branding: an application of the ICON model to the branding of Toronto.†International Journal of Tourism Cities. “Exploring Dimens place Brand an Appl ICON Model to Brand Toronto†Int J Tour Cities. 2017;3(1): 56-68.
Aaker JL. “The Malleable Self: The Role of Self Expression in Persuasionâ€. Journal of Marketing Research. “The Malleable Self Role Self Expr Persuas J Mark Res. 2012;Vol. 36 (1:45–7.
Setiawan I. Identifikasi Potensi Wisata Beserta 4a (Attraction, Amenity, Accessibility, Ancilliary) Di Dusun Sumber Wangi, Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali Nama. Identifikasi Potensi Wisata Beserta 4a (Attraction, Amenity, Access Ancilliary) Di Dusun Sumber Wangi, Desa Pemuteran, Kec Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali [Internet]. 2015;1–21. Available from: https://repositori.unud.ac.id/protected/storage/upload/penelitianSimdos/f3e2c92782684ae4ee371072d490ae74.pdf
Basiya R, Rozak HA. Kualitas Dayatarik Wisata, Kepuasan dan Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Mancanegara di Jawa Tengah. Din Kepariwisataan J Pengemb Ilmu-Ilmu Kepariwisataan Perhotelan. 2012;11(2):1–12.
Widiyanto I, Manajemen J. ANTESEDEN MINAT BERKUNJUNG ULANG (Studi pada Cagar Budaya Bedung Lawang Sewu Semarang). Diponegoro J Manag [Internet]. 2016;4(2):1–9. Available from: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Ferdinand AT. Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis Dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang, Indonesia, Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Metod Penelit Manaj Pedoman Penelit Untuk Penulisan Skripsi Tesis Dan Disertasi Ilmu Manajemen Semarang, Indones Badan Penerbit Univ Diponegoro. 2014;
Ghozali I. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23. 2016. (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Pener.
Ghozali. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS. Semarang : Badan Penerbit; 2018.
DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jurman.v8i2.1161
Article Metrics
Abstract view : 289 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 334 times
Website Layout and Editing © 2016 Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo on Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo.
Indexing In
Tools






.png)







