PELATIHAN SERVICE EXCELLENT DAN PENINGKATAN KUALITAS KOMUNIKASI PADA MASYARAKAT DESA WISATA COBAN BINANGUN
Abstract
Tujuan dilakukan pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan pelayanan yang baik (prima) menuju masyarakat yang siap membangun desa melalui potensi wisata kepada perangkat desa dan masyarakat serta meningkatkan komunikasi yang efektif dalam menjalin hubungan personal di antara perangkat desa dan warga serta dengan masyarakat luar. Metode pengabdian yang digunakan yakni dengan memberikan pelatihan singkat serta simulasi tentang penerapan service excellent dan peningkatan kualitas komunikasi yang efektif. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelatihan service excellent pada masyarakat desa wisata Coban Binangun dilakukan dengan menyampaikan materi terkait dengan bagaimana dan apa saja yang dapat dilakukan untuk dapat menciptakan service excellent atau pelayanan yang memuaskan pengunjung. Sedangkan pelatihan komunikasi efektif dilakukan dengan menekankan pada keterampilan presentasi formal, yang dapat ditingkatkan melalui berbagai latihan dan persiapan yang baik. Hal lain yang tidak kalah penting yakni keterampilan interpersonal yang dapat membantu mengembangkan hubungan personal antara pemandu wisata dan warga atau masyarakat desa wisata (dalam hal ini desa wisata Coban Binangun) dengan pengunjung desa wisata Coban Binangun. Â
Â
Abstract. The purpose to provide excellent service training and improve effective communication in establishing personal relationships between village officials and residents as well as with outside communities. The service method used is by providing short training and simulation on the application of excellent service and improving the quality of effective communication. The results show that excellent service training in the community of Coban Binangun tourism village is carried out by delivering material related to how and what can be done to be able to create excellent service or service that satisfies visitors. Effective communication training is carried out by emphasizing formal presentation skills, which can be improved through various exercises and good preparation as well as interpersonal skills that can help develop personal relationships between tour guides and residents or communities of tourist villages with visitors to Coban Binangun tourist villages.Full Text:
PDFReferences
Asmoro, A.Y., 2020. Buku Ajar: Manajemen Usaha Perjalanan Wisata. CV Madza Media, Malang.
Hermawan, H., 2021. Meningkatkan Kompentensi Pengelola Wisata Desa melalui Penyuluhan Pelayanan Prima. J. Abdimas Pariwisata 1, 1–11. https://doi.org/10.36276/jap.v1i1.15
Milyane, T.M., Umiyati, H., Putri, D., Juliastuti, Akib, S., Daud, R.F., Dawami, Rosemary, R., Adiarsi, G.R., Athalarik, F.M., Puspitasari, M., Andi, Ramadhani, M.M., Richmansyah, E., 2022. Pengantar Ilmu Komunikasi. Widina Bhakti Persada, Bandung.
Nugraha, A.R., Perbawasari, S., Zubair, F., Novianti, E., 2019. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Komunikasi Efektif Berbasis Potensi Wisata dan Kearifan Lokal. JPPM (Jurnal Pengabdi. dan Pemberdaya. Masyarakat) 3, 123. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3546
Pandrianto, N., Sukendro, G.G., Oktavianti, R., Sari, W.P., 2023. Budaya POP: Komunikasi dan Masyarakat. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Raharjo, T.W., 2021. Perspektif Pengembangan Desa Wisata (Model Pengembangan Kattasikung di Jawa Timur). CV Jakad Media Publishing, Surabaya.
Rajagukguk, D.L., Sriwartini, Y., Farhan, M., 2023. Pelatihan Pola Komunikasi Efektif dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Desa Wisata di Desa Kopo Cisarua. Bubungan Tinggi J. Pengabdi. Masy. 5, 448–456.
Ratna Sari, S.D.S., 2020. Pelatihan Komunikasi Efektif untuk Service Excellence. BERDAYA J. Pendidik. dan Pengabdi. Kpd. Masy. 2, 133–140. https://doi.org/10.36407/berdaya.v2i3.274
Revida, E., Purba, Su., Permadi, L.A., Putri, D.M.B., Tanjung, R., Djumati, B.L., Suwandi, A., Nasrullah, Simarmata, J., Handirman, U. toto, Nuria, H., Simanjuntak, M., Purba, B., Sudarmanto, E., 2021. Inovasi Desa Wisata: Potensi, Strategi dan Dampak Kunjungan Wisata. Yayasan Kita Menulis.
Rinawati, W., Ekawatiningsih, P., 2019. Manajemen Pelayanan Makanan dan Minuman. UNY Press, Yogyakarta.
Sopiah, Sangadji, E.M., 2016. Salesmanship (Kepenjualan). Bumi Aksara, Jakarta.
Taka, L., 2023. Peningkatan Kapasitas Pelayanan Melalui Hospitality Training (Excellent Service) Bagi Pengelola Destinasi Wisata Wae Bobok. Eastasouth J. Eff. Community Serv. 1, 131–137. https://doi.org/10.58812/ejecs.v1i03.96
Widiyarti, D., Nopianti, H., Himawati, I.P., 2021. Pelatihan Hospitality Training Bagi Kelompok Sadar Wisata Desa Wisata Rindu Hati. J. Pengabdi. Masy. Univ. Muhammadiyah Jakarta.
Yacob, S., Qomariyah, Marzal, J., Mulyana, A., 2021. Strategi Pemasaran Desa Wisata. WIDA Publishing, Jambi

Article Metrics
Abstract view : 94 timesPDF - 85 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Website Layout end Editing © 2016 Resona Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat on Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo.