Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Banten

Riyanthi Idayu, Mohamad Husni, Suhandi Suhandi

Abstract


Abstrak

Desa Nembol memiliki banyak potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bersumber dari pertanian dan perkebunan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengidentifikasi masalah yang dihadapi dan menysusn strategi dalam pengembangan Usaha Mirko Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Pandeglang, sebagai salah satu sektor unggulan dalam membantu peningkatan perekonomian masyarakat Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Pandeglang. Metode Penelitian ini menggunakan  metode kualitatif melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi disajikan dalam bentuk data,  kemudian analisa menggunakan   analisis matrik SWOT untuk mengetahu kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman.Informan yang dijadikan sumber data terdiri dari Kepala Desa Nembol, Bumdes, Koperasi, pelaku umkm, Dinas UMKM Pandeglang dan Masyarakat Desa Nembol, waktu pelaksanaan penelitian satu tahun.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat permasalahan pada setiap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Desa Nembol seperti: permodalan, produksi, pemasaran, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, pengenalan teknologi, sosial dan ekonomi, sehingga pengembangan UMKM di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi belum bisa terlaksana dengan baik. Sedangkan strategi yang tepat dilakukan dalam pengembangan UMKM yang ada di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Pandeglang adalah Strategi SO (Growth). Strategi SO (Growth) merupakan strategi yang memanfaatkan kekuatan yang ada untuk meningkatkan keunggulan kompetitifnya.

Kata Kunci: Strategi, pengembangan, UMKM, SWOT.


Abstract

Nembol Village has a lot of potential for Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) which are sourced from agriculture and plantations. This study aims to analyze and to identify the problems faced and formulate strategies in the development of Micro Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Nembol Village, Mandalawangi District. Pandeglang, as one of the leading sectors in helping improve the economy of the people of Nembol Village. This research used qualitative method through a process of observation, interviews, and documentation presented in the form of data, then the data analysis used SWOT matrix analysis to find out the strengths, weaknesses, opportunities and threats. The informants used as the data source consisted of the Head of Nembol Village, Bumdes, Cooperatives, MSMEs actors, the Pandeglang MSMEs Office and the Nembol Village Community, the research implementation time is one year. The results of this study indicate that there are problems for every Micro, Small and Medium Enterprise (MSMEs) actor in Nembol Village such as: capital, production, marketing, resources human, facilities and infrastructure, the introduction of technology, social and economy, so that the development of MSMEs in Nembol Village, has not been implemented properly. While the right strategy for developing MSMEs in Nembol Village, Mandalawangi District, Pandeglang is the SO (Growth) Strategy. The SO (Growth) strategy is a strategy that utilizes existing strengths to increase its competitive advantage.

Keywords: Strategy, development, MSMEs, SWOT.


References


Dafta Potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Pandeglang Tahun 2020.

Fahrial, F., Utama, A. S., & Dewi, S. (2019), Pemanfaatan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Pembangunan Perekonomian Desa, Jurnal Wawasan Yuridika, Vol. 3 No. 2, pp. 251-264.

Hamid, R. S., & Ikbal, M. (2017), Analisis Dampak Kepercayaan pada Penggunaan Media Pemasaran Online (E-Commerce) yang Diadopsi oleh UMKM: Perspektif Model DeLone & McLean, Jurnal Manajemen Teknologi, Vol. 16 No. 3, pp. 310-337.

Hamid, R. S., & Ikbal, M. (2017), Pemberdayaan Pemuda Melalui Program Remaja Pintar Berbasis Ekonomi Kreatif Desa Lera Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur, RESONA: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, Vol. 1 No. 1. pp. 39-45.

Qamaruddin, M. Y., Sapar, S., Risal, M., & Hamid, R. S. (2019), STRATEGI SIAPA MAU KERJA APA DALAM PENGEMBANGAN MODEL QUADRUPLE HELIX SINERGITAS ANTARA PEMERINTAH, PERGURUAN TINGGI, INDUSTRI, DAN MASYARAKAT, Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, Vol. 4 No. 2. Pp. 13-23.

Ukkas, I. (2017), Strategi dan Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), BERKEMAJUAN: JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT, Vol. 1 No. 1, pp. 24-27.

Sugiyanto, S., Putri, A., & Kartolo, R. (2021), Potensi Kekayaan Intektual Pada Pemberdayaan Umkm Dan Koperasi Kota Tangerang Selatan, Proceedings Universitas Pamulang, Vol. 1 No. 1. pp. 502-520.

Supardi, S., Nugraha, N. M., Susanti, N., Sumantri, M. B. A., & Mukhlis, T. I. (2021), PELUANG DAN PERUBAHAN CARA BERPIKIR SAAT PANDEMIK (Pengabdian Kepada UMKM Binaan Kadin Provinsi Jawa Barat), Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, Vol. 3 No. 2, 162-168.

Suhardjo, A. J. (2008), Geografi Pedesaan Sebuah Antologi, Ideas Media, Yogyakarta.

Goso, Samsul Bachri, (2016), IMPLEMENTASI PEMBERDAYAAN USAHA EKONOMI MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM), Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palolpo, Vol. 2, No.1. pp. 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jm001.v7i1.729

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.