Karakteristik Literasi Keuangan (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)

Elisabet Yuli Kristanti, Risal Rinofah

Abstract


Abstrak

Literasi keuangan pada individu menjadi ketertarikan tersendiri bagi seseorang, karena dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan bagi seseorang secara lebih efisien, teliti dan rasional. Seiring dengan perkembangan teknologi juga yang semakin canggih seharusnya bisa dimanfaatkan seseorang untuk menambah wawasan dan bahan untuk media belajar, sehingga bisa mengelola keuangan yang baik sejak dini, dan nantinya semakin siap dalam menghadapi dunia kerja. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji tingkat literasi keuangan mahasiswa dan faktor yang mempengaruhi seperti karakteristik demografis serta perilaku keuangan.  Penelitian ini memiliki responden sebanyak 150 mahasiswa yang berasal dari jurusan Manajemen dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan indikator literasi keuangan meliputi: pengetahuan umum keuangan pribadi, pengetahuan manajemen uang, asuransi, dan investasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Hasil pengolahan statistik deskriptif menunjukkan jika tingkat literasi keuangan mahasiswa tinggi, yaitu 69,73 persen. Hasil dari analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa jenis kelamin, usia, tahun masuk, tempat tinggal, perilaku keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi keuangan, sedangkan pendapatan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap literasi keuangan mahasiswa.

Kata Kunci: Literasi keuangan, faktor demografi dan perilaku keuangan.


Abstract

Financial literacy in individuals becomes a special interest for someone, because it can affect the decision-making process for someone more efficiently, thoroughly and rationally. Along with the development of technology which is also increasingly sophisticated, someone should be able to add insight and material for learning media, so that they can manage finances well from an early age, and will be more ready to face the world of work. This study aims to examine the level of student financial literacy and influencing factors such as demoraphic characteristics and financial behavior. This study have respondents as many as 150 students who come from the Department of Management and Accounting, Faculty of Economics, University of Sarjanawiyata Tamansiswa. This study uses a questionnaire with indicators of financial literacy including: general knowledge of personal finance, knowledge of money management, insurance, and investment. The analysis method used in this research is descriptive statistics, classical assumption test, and multiple linear regression analysis. The results of descriptive statistical processing show that the level of student financial literacy is high, namely 69.73 percent. The results of the multiple linear regression analysis show that gender, age, year of entry, place of residence, financial behavior have a positive and significant effect on financial literacy, while income has a negative and significant effect on student financial literacy.

Keywords: Financial literacy, demographic factors and financial behavior.


References


Aisyah, S. (2019). Analisis Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Terhadap Financial Attitude Dan Financial Behavior (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Indonesia Banking School), Skripsi, STIE Indonesia Banking School.

Arianti, B. F., & Azzahra, K. (2020), Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Keuangan: Studi Kasus Umkm Kota Tangerang Selatan, Vol. 9 No. 2, pp. 156–171.

Bhushan, P., & Medury, Y. (2013), Financial Literacy and its Determinants. International Journal Of Engineering , Business And Enterprise Applications ( IJEBEA ), Vol. 4 No. 2, pp. 155–160.

Chen, H., & Volpe, R. P. (1998), An analysis of personal financial literacy among college students, Financial services review, Vol. 7 No. 2, 107-128.

Depiana. (2017), Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Sikap Keuangan Dan Sosial Demografi Terhadap Perilaku Keuangan Karyawan Dalam Pengambilan Keputusan Investasi, Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Bisnis dan Ekonomi. Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

Faidah, F. (2019), Pengaruh Literasi Keuangan Dan Faktor Demografi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa, Journal of Applied Business and Economic, Vol. 5 No. 3, pp. 251–263.

Hamid, R. S., & Patra, I. K. (2019), PENGANTAR STATISTIKA UNTUK RISET BISNIS DAN EKONOMI Konsep Dasar dan Aplikasi SPSS versi 25, CV. AA. RIZKY, Banten.

Hartanti, R. E. (2018), Pengaruh Usia, Jenis Kelamin, Tempat Tinggal, Pendidikan Dan Pendaparan Terhadap Tingkat Literasi Keuangan Asuransi Syariah (Studi Kasus Pada Pedagang Pasar Gede Hardjonagoro Solo), IAIN Surakarta.

Herawati, N. T. (2015), Kontribusi Pembelajaran di Perguruan Tinggi dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 48 No. (1-3), pp. 60–70.

Krishna, A., Rofaida, R., & Sari, M. (2010), Analisis tingkat literasi keuangan di kalangan mahasiswa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (Survey pada Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia), In Proceedings of the 4th International Conference on Teacher Education, Vol. 4 No. 1, pp. 552-560.

Kusumawardhani R., & Cahyani PD, N. N. (2020), Analisis Perbedaan Tingkat Literasi Keuangan Antara Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Mahasiswa NON-Ekonomi. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol. 10 No. 1, pp. 15–28.

Laily, N. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Mahasiswa Dalam Mengelola Keuangan. Journal Of Accounting And Business Education, Vol. 1 No. 4. Pp. 1-17.

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2011), Financial literacy around the world: an overview, National Bureau of Economic Research Working Paper Series, (17107), Doi: 10.3386/w17107.

Mabyakto, G. (2017), Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa, Skripsi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Manurung, A. H. (2012), Teori Perilaku Keuangan (Behaviour Finance), Economis of Management, Vol 41 No. 4, pp. 1-13.

Margaretha, F., & Pambudhi, R. A. (2015), Tingkat literasi keuangan pada mahasiswa S-1 fakultas ekonomi, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 17 No. 1, pp. 76-85.

Margaretha, F., & May Sari, S. (2015), Faktor Penentu Tingkat Literasi Keuangan Para Pengguna Kartu Kredit Di Indonesia, Jurnal Akuntansi Dan Investasi, Vol 16 No. 2, pp. 132–144.

Maulani, S. (2016), Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Keuangan (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Aktif Semester Genap Tahun, Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Nababan, D., & Sadalia, I. (2012), Analisis Personal Financial Literacy dan Financial Behavior Mahasiswa Strata I Fakultas Ekonomi Universitas Sumatra Utara, Jurnal Media Informasi Manajemen, Vol. 1 No.1, pp. 1–16.

Ningtyas, M. N. (2019), Literasi Keuangan Pada Generasi Milenial, Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, Vol. 13 No. 1, pp. 20–27.

Nurhayati, E., & Wiharno, H. (2020), LITERASI KEUANGAN DI KALANGAN MAHASISWA (Survei Pada mahasiswa Universitas Kuningan), Jurnal Riset Keuangan Dan Akuntansi, Vol. 3 No. 2.

Nurulhuda, E. S., & Lutfiati, A. (2020), Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Literasi Keuangan, Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 2 No. 2, pp. 111–134.

Pahrudin, P., Hakim, I. W., & Shollina, S. (2018). Analysis of Student Financial Literation Levels Hamzanwadi University and Its Affecting Factors. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), Vol. 2 No. 2, 118-129.

Rasyid, R. (2012). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, Vol. 1, pp. 91–106.

Rosacker, K.M,. S. Ragothaman, & M. Gillispie. (2009), Financial literacy of freshmen business school students, College Student Journal, Vol. 43, pp. 391-399.

Sakinah, G., & Mudakir, B. (2018), Analisis Literasi Keuangan Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Angkatan 2014 – 2017, Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, Vol. 1 No. 2.

Susanti. (2016), Pengaruh Locus Of Control Internal Dan Pendapatan Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa, Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, Vol. 4 No. 1, pp. 5–17.

Ulfatun, Tatik, Udhma, Syafa’atul Umi,. & Dewi, R. S. (2016), Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Tahun Angkatan 2012-2014. Pelita, Vol. XI No. 2, pp. 1–13.

Wijayanti, W., Agustin, G., & Rahmawati, F. (2016), Pengaruh Jenis Kelamin, IPK, dan Semester Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa Prodi S1 Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang, Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 9 No. 1, pp. 88-98.

Widayati, I. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Finansial Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya. ASSET : Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, Vol. 1 No. 5, pp. 89–99.

Worthington, A. C. (2006). Predicting Financial Literacy In Australia Predicting Financial Literacy In Australia. Vol. 15 No. 1, pp. 59–79.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jm001.v7i1.672

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.