Minat Beli Konsumen pada Situs E-commerce Lazada Melalui Kepercayaan E-Service Quality Electronic Word of Mouth dan Promosi
Abstract
Abstract
The purpose of this study is to test the influence of Trust, E-service quality, Electronic Word of Mouth and Promotion on Buying Interest on Lazada Ecommerce Sites in Makassar City. The research method used is to use quantitative research methods to test the hypotheses that have been established. The population in this study is consumers who have used the Lazada application in Makassar City. The type of non-probability sampling method used is judgmental sampling which provides restrictions on respondents who meet the following criteria: 1) People who live in Makassar City and 2) Have shopped at Lazada at least three times. So the total sample of this study is 96 Lazada consumers. This study used multiple linear regression analysis. The results of this study found that trust, e-service quality, and promotion have a positive and significant effect on buying interest, which means that these three factors can actually encourage consumers to have the intention to buy a product. On the other hand, although E-WOM (electronic word of mouth) showed a positive influence, it was not significant, which suggests that online reviews or recommendations have not been the main determining factor in shaping consumer buying interest in the context of this study.
Keywords: Trust, E-service quality, Electronic Word of Mouth, Promotion, Buying Interest
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Kepercayaan, E-service quality, Electronic Word of Mouth dan Promosi terhadap Minat Beli pada Situs Ecommerce Lazada di Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Populasi pada penelitian ini yaitu konsumen yang pernah menggunakan aplikasi Lazada di Kota Makassar. Jenis metode non-probability sampling yang digunakan adalah judgemental sampling yang memberikan batasan pada responden yang memenuhi kriteria sebagai berikut: 1) Masyarakat yang berdomisili di Kota Makassar dan 2) Pernah berbelanja di Lazada minimal tiga kali. Maka total sampel penelitian ini adalah 96 orang konsumen Lazada. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kepercayaan, e-service quality, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, yang berarti ketiga faktor tersebut secara nyata dapat mendorong konsumen untuk memiliki niat membeli suatu produk. Di sisi lain, meskipun E-WOM (electronic word of mouth) menunjukkan pengaruh positif, namun tidak signifikan, yang menunjukkan bahwa ulasan atau rekomendasi secara online belum menjadi faktor penentu utama dalam membentuk minat beli konsumen pada konteks penelitian ini.
Kata Kunci: Kepercayaan, E-service quality, Electronic Word of Mouth, Promosi, Minat Beli
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aprianto, N. E. K. (2021). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam bisnis. International Journal Administration, Business & Organization, 2(1), 8–15.
Ardianto, K., Nuriska, F. P., & Nirawati, L. (2020). Pengaruh kepercayaan dan ulasan produk terhadap minat beli ulang Emina pada official store Shopee di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(2), 62.
Aripin, Z., Aristanto, E., & Pynatih, N. M. N. (2023). Will Doing a Lot of Promotions Help Increase Image and Consumer Appeal? Journal of Economics, Accounting, Business, Management, Engineering and Society, 1(1), 12–24.
Bondarenko, V., & Vyshnivska, B. (2023). Promotional marketing as a method of increasing sales. Three Seas Economic Journal, 4(2), 21–28.
Chairunnisa, S., Juanna, A., & Ismail, Y. L. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Harga Terhadap Minat Beli Fashion Secara Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo). JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 825–833.
Fahira, A., Rahma, T. I. F., & Syahriza, R. (2022). Pengaruh E-Service Quality terhadap E-Satisfaction nasabah bank sumut syariah. Dinamika Ekonomi: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 247–264.
Florendiana, T. R., Andriani, D., & Hariasih, M. (2023). Pengaruh Customer Satisfaction Digital Marketing dan Brand Trust Terhadap Repurchase Intention. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 9(1), 124–140.
https://goodstats.id/.
Idris, I. N., Hamid, R. S., & Maszudi, E. (2023). Peran E-wom Konten Marketing dan Lifestyle Dalam Meningkatkan Kepercayaan Dan Minat Beli Generasi Milenial Pada Tokopedia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(1), 90–103.
Imbayani, I. G. A., & Gama, A. W. S. (2018). The Influence of Electronic Word of Mouth (E-Wom), Brand Image, Product Knowledge on Purchase Intention. Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA, 5(2), 145–153.
Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh tampilan web dan harga terhadap minat beli dengan kepercayaan sebagai intervening variable pada e-commerce shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43.
Juniansyah, B. D. (2020). Pembuatan E-Commerce Pemesanan Jasa Event Organizer Untuk Zero Seven Entertaiment. Jurnal Tekno Kompak, 14(1), 41–46.
Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018). Marketing management: an Asian perspective. Pearson Harlow.
Kristioni, R., Baistama, R. P., & Widjaja, I. (2025). The Influence of E-Service Quality on Customer Satisfaction and Loyalty in Online Transportation Applications. Jurnal Ekonomi, 30(1), 71–87.
Kuswandi, D., & Adialita, T. (2024). Pengaruh E-Service Quality dan Kepercayaan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Aplikasi Blibli di Kota Bandung. Jurnal Syntax Admiration, 5(2), 414–423.
Latief, F. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Catering Rumahan di Makassar Melalui Promosi di Instagram, Harga dan Ragam Menu. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(2), 1095–1105.
Latief, F., & Dirwan, D. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi, Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(1), 16–30.
Lestari, E. D., & Gunawan, C. (2021). Pengaruh E-Wom Pada Media Sosial Tiktok Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Pada Minat Beli. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial (EMBISS), 1(2), 75–82.
Malinda, R., Feriyana, W., & Susanti, D. (2022). Analysis Of Attraction And Purchase Intention On Purchase Decisions Of Tradisonal Woven Products In East Oku Regency. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(4).
Maria, A. D. (2023). Analisis Dampak Promosi dan Inovasi Menu Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 9(1), 13–20.
Miftahurrohman, M., Rasminto, H., Sulistyowati, P., & Nurhapsari, R. (2022). Relationship Quality and Cost-to-Serve as the Key of Building Customer Value. Journal of Management and Informatics, 1(1), 21–25.
Muninggar, D. A., & Rahmadini, A. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WoM) Terhadap Minat Beli pada Aplikasi Shopee (Studi Kasus Kota Bandar Lampung). Business and Enterpreneurship Journal (BEJ), 3(1).
Naini, N. F., Santoso, S., Andriani, T. S., Claudia, U. G., & Nurfadillah, N. (2022). The effect of product quality, service quality, customer satisfaction on customer loyalty. Journal of Consumer Sciences, 7(1), 34–50.
Nugrah, N., Latief, F., & Agunawan, A. (2023). Pengaruh Celebrity Endorse Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Minuman Yotta. Jurnal Malomo: Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 71–80.
Permana, A. I. (2020). Pengaruh kualitas website, kualitas pelayanan, dan kepercayaan pelanggan terhadap minat beli pelanggan di situs belanja online Bukalapak. Ekonomi Bisnis, 25(2), 94–109.
Purnamawati, N. L. A., Mitariani, N. W. E., & Anggraini, N. P. N. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan persepsi harga terhadap minat beli ulang di Bandung Collection Kecamatan Kuta Utara, badung. Values, 1(3).
Pusat Kata. (2025). No Title. https://pusatdata.kontan.co.id
Rahmadani, S., Romadhoni, B., & Kalla, S. A. N. (2024). The Influence Of Consumer Reviews And Online Payment Systems Cash On Delivery (Cod) Against Trust Consumers In Purchases Products On Application Shopee. International Journal of Economic Research and Financial Accounting (IJERFA), 2(3).
Romadhoni, B., Akhmad, A., Naldah, N., & Rossanty, N. P. E. (2023). Purchasing Decisions Effect of Social Media Marketing, Electronic Word of Mouth (eWOM), Purchase Intention. Journal of Accounting and Finance Management, 4(1), 74–86.
Romadhoni, B., Rizaldi, A. R., Hasan, A., Amir, A., & Adzim, F. (2024). Purchase Decisions on the Shopee Application with the effects of Promotion, Price, Trust and Consumer Reviews. International Journal of Economics, Business and Innovation Research, 3(01), 354–364.
Sariyanti, N. P. Y., Eka, I. G. N. G. A. G., Kusuma, T., & Prayoga, I. M. S. (2022). Pengaruh Promosi Dan E-Service Quality Terhadap Minat Beli Pada Situs Belanja Online Lazada. VALUES, 3(1), 96–104.
Satriyo, B., Indriana, Y., & Ridlo, M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, E-Service Quality, dan Review Content terhadap Minat Beli pada UMKM Produk Organik. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(4), 1563–1571.
Sriwiyanti, E., & Martina, S. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Secara Online Saat Pandemi Covid19 Pada Masyarakat Millenia Di Kota Pematangsiantar. Jurnal Ilmiah AccUsi, 2(2), 138–147.
Steven, J., & Ramli, A. H. (2023). E-Service Quality, E-Wallet Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Pada Pengguna Pembayaran Non Tunai Aplikasi Shopee.
Suhatman, S., Sari, M. R., Nagara, P., & Nasfi, N. (2020). Pengaruh Atribut Produk dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Kota Pariaman di Toko Online Shopee. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 1(2), 26–41.
Van Steenburg, E., & Naderi, I. (2020). Unplanned purchase decision making under simultaneous financial and time pressure. Journal of Marketing Theory and Practice, 28(1), 98–116.
Wjaya, G. P., & Yulita, H. (2022). Pengaruh Konten Marketing, E-WoM, dan Citra Merek di Media Sosial Tiktok terhadap Minat Beli Kosmetik Mother of Pearl. Journal of Business & Applied Management, 15(2), 133–142.
Yunikartika, L., & Harti, H. (2022). Pengaruh social media marketing dan electronic word of mouth (E-WOM) terhadap minat beli kuliner melalui kepercayaan sebagai variabel intervening pada akun Instagram@ carubanmangan. Jurnal E-Bis, 6(1), 212–230.
Zhao, Y., Wang, L., Tang, H., & Zhang, Y. (2020). Electronic word-of-mouth and consumer purchase intentions in social e-commerce. Electronic Commerce Research and Applications, 41, 100980.
DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jurman.v11i1.2385
Article Metrics
Abstract view : 124 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 76 times
Website Layout and Editing © 2016 Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo on Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo.
Indexing In
Tools






.png)







