Peningkatan Impulse Buying Pengguna E-Commerce melalui Diskon Live Streaming Shopping Shopping Lifestyle dan Kemudahan Transaksi
Abstract
Abstract
This study aims to determine the significant positive effect of discounts on impulsive purchases of e-commerce users in Makassar, the significant positive effect of live streaming shopping on impulsive purchases of e-commerce users in Makassar, the significant positive effect of shopping lifestyle on impulsive purchases of e-commerce users in Makassar and the significant positive effect of ease of transaction on impulsive purchases of e-commerce users in Makassar. This study uses a quantitative approach and uses a questionnaire with a Likert scale as a data collection tool. The sample used in this study consisted of 105 respondents who were active e-commerce users in Makassar. The results of the study showed that: there is a significant positive effect between discounts on impulsive purchases of e-commerce users in Makassar, there is a significant positive effect between live streaming shopping on impulsive purchases of e-commerce users in Makassar, there is a significant positive effect between shopping lifestyle on impulsive purchases of e-commerce users in Makassar and there is a significant positive effect between ease of transaction on impulsive purchases of e-commerce users in Makassar.
Keywords: discounts, live streaming shopping, shopping lifestyle, ease of transactions
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif signifikan diskon terhadap impulse buying pengguna e-commerce di Makassar, pengaruh positif signifikan live streaming shopping terhadap impulse buying pengguna e-commerce di Makassar, pengaruh positif signifikan shopping lifestyle terhadap impulse buying pengguna e-commerce di Makassar dan pengaruh positif signifikan kemudahan transaksi terhadap impulse buying pengguna e-commerce di Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan kuesioner dengan skala likert sebagai alat pengumpulan data. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 105 responden yang merupakan pengguna aktif e-commerce di Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : terdapat pengaruh positif yang signifikan antara diskon terhadap impulse buying pengguna e-commerce di Makassar, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara live streaming shopping terhadap impulse buying pengguna e-commerce di Makassar, terdapat pengaruh positif signifikan antara shopping lifestyle terhadap impulse buying pengguna e-commerce di Makassar serta terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kemudahan transaksi terhadap impulse buying pengguna e-commerce di Makassar.
Kata Kunci: diskon, live streaming shopping, shopping lifestyle, kemudahan transaksi.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afif, M., & Purwanto, P. (2020). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen Shopee ID. JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 2(2), 34–52.
Akram, U., Hui, P., Khan, M. K., Yan, C., & Akram, Z. (2018). Factors affecting online impulse buying: evidence from Chinese social commerce environment. Sustainability, 10(2), 352.
Amperawati, E. D. (2022). Review of Using Instagram Social Media as a Promotional Media on Online Shop Trustworth. id. Enrichment: Journal of Management, 12(2), 1328–1337.
Asikin, D. D., & Alam, C. (2024). Pengaruh E-Service Quality dan Kemudahan Penggunaan terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile JKN (Studi Kasus Pengguna Aplikasi Mobile JKN di Kota Cimahi). Variable Research Journal, 1(01), 233–246.
Awaliyah, A. S., Iswiyanti, A. S., Rachmat, S. A., & Sidiq, A. F. (2023). Pengaruh Diskon Dan Kualitas Produk Terhadap Impulse Buying Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia. Equilibrium Point: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(1).
Dirwan, D., & Zaenal, F. R. (2022). Keputusan Pembelian Apple Iphone Melalui Citra Merek Harga dan Gaya Hidup. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 8(2), 192–206.
Elysha, C. N., & Batu, K. L. (2024). Analisis Pengaruh visual appeal dan portability terhadap urge to buy impulsively. Journal of Research on Business and Tourism, 4(1), 1–21.
Fauzi, A. A., Kom, S., Kom, M., Harto, B., Dulame, I. M., Pramuditha, P., Sos, S., Sudipa, I. G. I., Kom, S., & Dwipayana, A. D. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi di Berbagai Sektor Pada Masa Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Florendiana, T. R., Andriani, D., & Hariasih, M. (2023). Pengaruh Customer Satisfaction Digital Marketing dan Brand Trust Terhadap Repurchase Intention. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 9(1), 124–140.
Frohmann, F. (2023). Basics of Price Management. In Digital Pricing: A Guide to Strategic Pricing for the Digital Economy (pp. 1–25). Springer.
Ghozali, I., & Nasehudin, T. S. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Giveline, V. A., Japarianto, E., & Tandijaya, T. N. B. (2024). Pengaruh Hedonic Shopping Value terhadap Impulse Buying Melalui Shopping Lifestyle Sebagai Variabel Moderasi dari Bershka Pakuwon Mall. Jurnal Manajemen Pemasaran, 18(2), 81–94.
Hadisaputra, H., Nur, A. A., Zahra, A., & Sofyan, M. F. (2025). Perilaku konsumtif mahasiswa melalui aplikasi TikTok Shop ditinjau dari Perspektif Jean Baudrillard: Students’ consumption behaviour through the TikTok shop application from the perspective of Jean Baudrillard. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 11(1), 100–121.
Iyer, G. R., Blut, M., Xiao, S. H., & Grewal, D. (2020). Impulse buying: a meta-analytic review. Journal of the Academy of Marketing Science, 48, 384–404.
Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018). Marketing management: an Asian perspective. Pearson Harlow.
Kusumasari, I. R. (2022). Pengaruh Flash Sale, Diskon, Dan Subsidi Gratis Ongkir Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Aktif Administrasi Bisnis Upn" Veteran" Jawatimur). Jurnal Bisnis Indonesia, 13(2).
Latief, F. F. (2023). Aspek Kemudahan Kegunaan Fitur Layanan dan Cashback Terhadap Keputusan Penggunaan Gopay. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 9(1), 84–95.
Liu, L., Aremu, E. O., & Yoo, D. (2020). Brand marketing strategy of live streaming in mobile era: a case study of Tmall platform. Journal of East Asia Management, 1(1), 65–87.
Makarawung, J., Ogi, I., & Loindong, S. (2023). Pengaruh kemudahan transaksi, pengalaman pengguna dan promosi influencer terhadap pembelian impulsif produk virtual dalam game mobile legends pada pemain mobile legends di kota manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(4), 881–892.
Nikmah, A., & Iriani, S. S. (2023). Pengaruh Kemudahan dan Manfaat Penggunaan Shopee Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 8–21.
Ningrum, P. A. D., & Pudjoprastyono, H. (2023). Shopping lifestyle dan diskon terhadap impulse buying di e-commerce. Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(1), 94–107.
Nurhaliza, P., & Kusumawardhani, A. (2023). Analisis Pengaruh Live Streaming Shopping, Price Discount, dan EASE Of Payment Terhadap Impulse Buying (Studi pada Pengguna Platform Media Sosial TikTok Indonesia). Diponegoro Journal of Management, 12(4).
Perdagangan, K. (2023). Satu Data Perdagangan. https://satudata.kemendag.go.id/
Perdagangan, K. (2024). Pusat Data dan Sistem Informasi Sekretariat Jenderal Kementerian Perdagangan. https://satudata.kemendag.go.id/data-informasi
populix. (2023). Indonesian Shopper Behaviour on Promotion Week. https://info.populix.co/reports/2023-02-indonesian-shopper-behavior-on-promotion-week
Putra, Y. P. (2021). Impulse Buying Di E-Commerce Tokopedia Dimasa Pandemi. Dinamika Administrasi: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen, 4(1).
Rabbani, A., Erivia, F. D. W., Lestari, A., Hasin, L. P. A., & Kustina, L. (2024). Pengaruh Shopping Life Style, Customer Trust, dan Price Discount Terhadap Impluse Buying Pada Fitur Shopee Live. Score: Jurnal Lentera Manajemen Pemasaran, 2(01), 21–32.
Rahmawati, Y., Widayati, C. C., & Perkasa, D. H. (2023). Pengaruh Cita Rasa, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Resto Street Sushi Cabang Meruya Jakarta Barat). Jurnal Humaniora, Ekonomi Syariah Dan Muamalah, 1(3), 117–127.
Romadhoni, B. B., Akhmad, A., Syah, F., & Mauliana, D. (2024). Peran Citra merek Gaya Hidup Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 10(1), 163–178.
Romadhoni, B., Rizaldi, A. R., Hasan, A., Amir, A., & Adzim, F. (2024). Purchase Decisions on the Shopee Application with the effects of Promotion, Price, Trust and Consumer Reviews. International Journal of Economics, Business and Innovation Research, 3(01), 354–364.
Rusni, A., & Solihin, A. (2022). pengaruh motivasi belanja hedonis, diskon harga dan tagline ?gratis ongkir? terhadap keputusan pembelian impulsif secara online di shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 167–179.
Sapa, F. Y., Tumbel, A. L., & Lumanauw, B. (2023). Pengaruh Live Streaming, Price Discount Dan Free Shipping Terhadap Impulse Buying: Study Empiric Pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Yang Menggunakan Tiktok Shop. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(4), 787–798.
Septiyani, S., & Hadi, E. D. (2024). Pengaruh Flash Sale, Live Streaming Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying (Study Pembelian Produk Berrybenka Pada Pengguna Aplikasi Shopee). Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 7(1), 970–980.
Shaputra, D. R., Akhmad, I., & Nofirda, F. A. (2024). Pengaruh Shopping Lifestyle, Influencer, dan Diskon Harga Terhadap Impulse Buying Pada TikTok Shop Di Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka Emba, 3(2), 95–113.
Sritanakorn, M., & Nuangjamnong, C. (2021). The factors affecting consumer traits, online marketing tools in impulsive buying behavior of online fashion stores, Bangkok Thailand. AU-GSB e-JOURNAL, 14(1), 3–16.
Sugiyono, D. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Supriyaningsih, O., Kurniati, E., & Adetya, P. S. (2024). Pengaruh Live Streaming Shopping dan Time Limit Terhadap Perilaku Impulsive Buying Pada Pembelian Online di Aplikasi Tiktokshop dalam Perspektif Bisnis Syariah:(Studi Pada Pengguna Tiktokshop di Kota Bandar Lampung). Wawasan: Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(3), 351–364.
Surveyandini, M. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Impulse Buying Pada Konsumen Karita Muslim Square Purwokerto. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 277–281.
Syauqi, A., Lubis, F. A., & Atika, A. (2022). Pengaruh Cashback, Flash Sale, Tagline ?? ?Gratis Ongkir?? Terhadap Impulse Buying Konsumen Generasi Z Pada Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 2(2), 309–324.
Triangga, P., Mubyl, M., & Abdullah, A. (2020). Perumusan Strategi Pemasaran pada Objek Wisata Puncak Pasapa?di Desa Saludengen Kecamatan Bambang Kabupaten Mamasa. AkMen Jurnal Ilmiah, 17(1), 66–76.
Wang, W., Li, F., & Zhang, Y. (2021). Price discount and price dispersion in online market: do more firms still lead to more competition? Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 16(2), 140–154.
Wang, Y., Lu, Z., Cao, P., Chu, J., Wang, H., & Wattenhofer, R. (2022). How live streaming changes shopping decisions in E-commerce: A study of live streaming commerce. Computer Supported Cooperative Work (CSCW), 31(4), 701–729.
Yuniarti, Y., Tan, M. I., Siregar, A. P., & Amri, A. I. S. (2021). Faktor yang mempengaruhi impulse buying konsumen saat moment Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(01), 153–159.
Yuniawati, Y. (2023). Pengaruh Diskon, Kualitas Produk, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Impulse Buying Konsumen Produk UNIQLO. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 3(3), 321–327.
Zhang, M., Qin, F., Wang, G. A., & Luo, C. (2020). The impact of live video streaming on online purchase intention. The Service Industries Journal, 40(9–10), 656–681.

Article Metrics
Abstract view : 49 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 61 times

Website Layout and Editing © 2016 Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo on Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo.
Indexing In
Tools