Efek Motivasi Belajar Lingkungan Keluarga dan Pemanfaatan Internet Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa
Abstract
Abstract
The purpose of this study is to test learning motivation, family environment and internet utilization on the academic achievement of management students of the Indonesian Nobel Institute. The population in this study is 110 students of the 2022 Nobel Institute of Technology and Business Indonesia. Sampling in this study uses a purposive sample, namely students who have academic achievement with a minimum Cumulative Achievement Index (GPA) of 3.5, so the total sample obtained is 97 students. The data of this study is primary data collected through questionnaires. The data analysis method used is multiple linear regression. The results of the study found that learning motivation had a positive and significant influence partially on the academic achievement; the family environment has a positive and significant influence partially on the academic achievement; The use of the Internet has a positive and significant influence partially on the academic achievement.
Keywords: Family Environment, Learning Motivation, Internet Utilization, The Academic Achievement
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji motivasi belajar, lingkungan keluarga dan pemanfaatan internet terhadap prestasi akademik mahasiswa Manajemen Institut Nobel Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Program Studi Manajemen angakatn 2022 berjumlah 110 mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sample yaitu mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik dengan indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,5, maka total sampel yang di dapatkan adalah 97 mahasiswa. Data penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Metode analisis data digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa motivasi belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi akademik; lingkungan keluarga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi akademik; pemanfaatan intrenet memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi akademik.
Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar Pemanfaatan Internet, Prestasi AkademikFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdillah, L. A., Alwi, M., Simarmata, J., Bisyri, M., Nasrullah, N., Asmeati, A., Gusty, S., Sakir, S., & Affandy, N. A. (2020). Aplikasi Teknologi Informasi: Konsep dan Penerapan. Yayasan Kita Menulis.
Ahmadi, M. (2020). Dampak perkembangan new media pada pola komunikasi masyarakat. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 26–37.
Andrias, S. P., Saputra, A., Rais, R., Abdurrahman, S. K., Purnomo, A. C., Efrida Ita, S. S., Alfina, A., Hadi, M. Y., Supiyanto, Y., & Fitriani, M. (2023). Manajemen Pendidikan. Selat Media.
Arianti, A. (2019). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.
Arsyadi, C. R., Sutrisno, S., & Suwarno, E. (2024). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, EFIKASI DIRI, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR. Proceedings of Life and Applied Sciences, 4(1).
Berek, P. A. L., Sanan, Y. C. U., Fouk, M. F. W. A., Rohi, E. D. F. R., & Orte, C. J. S. (2023). Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 106–118.
Dedyerianto, D. (2020). Pengaruh internet dan media sosial terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar siswa. AL-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 12(2), 208–225.
Fitriani, E. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Keterampilan Komunikasi Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Di Ikip Budi Utomo Malang. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya, 24(1), 1–16.
Fredy, F., Kakupu, A. F., & Sormin, S. A. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), 314–320.
Ghozali, I., & Nasehudin, T. S. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Handayani, L. P., & Nurlizawati, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Sosiologi Kelas Xl IPS 1 SMAN 1 Lubuk Basung. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), 363–369.
Hia, N., & Ginting, S. (2018). Pengaruh internet terhadap prestasi belajar mahasiswa fakultas ekonomi dan ilmu sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia kota Medan. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 2(1), 61–77.
Indawati, D. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Pemanfaatan Internet terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3).
Karunia, D. W., Sudarno, S., & Octoria, D. (2024). Pengaruh Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar dan Perpustakaan Digital terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Journal on Education, 6(2), 12799–12809.
Mutmainah, S., Sunarko, B., & Jati, E. P. (2020). Pengaruh Manajemen Kelas, Kesiapan Belajar Dan Pemanfaatan Internet Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Ips Sma Negeri 4 Purwokerto. Soedirman Economics Education Journal, 2(1), 1–20.
Octaviana, L. N. (2019). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan, 1(2), 42–46.
Prihatinia, S., & Zainil, M. (2020). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1511–1525.
Putra, S. A. (2020). Analisis Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Oleh Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Medan. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan, 2(2), 64–76.
Putrie, C. A. R., & Putri, E. (2024). Pengaruh Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas XI Sma Tulus Bhakti, Jati Asih, Kota Bekasi, Jawa Barat. Science and Education Journal, 2(3), 21–28.
Rufaedah, E. A. (2020). Peranan pendidikan agama dalam keluarga terhadap pembentukan kepribadian anak-anak. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 1(1), 8–25.
Sahertian, P. (2020). Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sosial dan Pergaulan Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 14(1), 7–14.
Saufika, F., & Mahmud, A. (2018). Peran Minat Belajar Dalam Memediasi Pengaruh Computer Self-Efficacydan Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 816–831.
Septianingrum, C. H., & Fitrayati, D. (2024). Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 12(1), 1–7.
Sidabutar, M. (2020). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa. Epistema, 1(2), 117–125.
Silitonga, R. B., Istiningsih, D., & Djerumpun, E. (2023). Potensi Literasi Membaca dan Menulis sebagai Peningkatan Prestasi Akademik di Lingkungan STAKPN-Sentani. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 173–182.
Subandowo, M. (2022). Teknologi pendidikan di era society 5.0. Jurnal Sagacious, 9(1).
Suharni, S. (2021). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184.
Susiloningsih, S., & Munadi, M. (2023). Strategi Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa Di MTs Negeri 1 Karanganyar. Academy of Education Journal, 14(2), 186–211.
Wahdini, S. (2024). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak di Era Digital. EDUCARE: Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 2(1), 89–94.
Wahid, F. S., Setiyoko, D. T., Riono, S. B., & Saputra, A. A. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Syntax Literate, 5(8), 555–564.

Article Metrics
Abstract view : 26 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 24 times

Website Layout and Editing © 2016 Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo on Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo.
Indexing In
Tools