PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN DAN KETERSEDIAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PENERIMAAN PENGGUNAAN INTERNET PADA STISIP VETERAN PALOPO

Valentino Aris

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku penerimaan mahasiswa terhadap penggunaan internet pada Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Veteran di Kota Palopo. Sampel yang digunakan di dalam penelitian ini adalah sebanyak 80 orang mahasiswa dari berbagai program studi yang terdapat pada STISIP Veteran Palopo. Jenis data yang dikumpulkan merupakan data primer yang diperoleh dengan cara menyebar kuisioner. Pengujian hipotesis dilakukan dan diuji dengan menggunakan pendekatan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan berpengaruh positif terhadap minat perilaku penggunaan internet oleh mahasiswa. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif terhadap minat perilaku penggunaan internet oleh mahasiswa.

References


Adams, D., Nelson, R., & Todd, P. (1992). Perceived usefullness, ease of use and usage of information technology: a replication. MIS Quarterly, 16(2), 227–247. http://doi.org/10.2307/249577

Alshare, K. A., & Alkhateeb, F. B. (2008). Alkhateeb Predicting Students Usage of Internet in Two Emerging Economies Using an Extended Technology Acceptance Model (TAM). Academy of Educational Leadership Journal, Volume 12 (2)

Alshare, K., Grandon, E., & Miller, D. (2005). Internet Usage in the Academic Environment: The Technology Acceptance Model Perspective. Academy of Educational Leadership Journal, Volume 9 (2).

Davis, F. D. (1985). A Technology Acceptance Model for Empirically Testing New End-User Information Systems: Theory and Results. Doctoral Dissertation Sloan School of Management MIT. Retrieved from http://dspace.mit.edu/handle/1721.1/15192

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. Management Information Systems, 13(3), 319–340.

Davis, F. D., Bagozzi, R., & Warshaw, P. (1989). User acceptance of computer technology: a comparison of two theoretical models. Management Science. http://doi.org/10.1287/mnsc.35.8.982

Fusilier, M. d. (2005). An Exploration of Student Internet Use in India. Campus - Wide Information Systems, 22 (4), hal. 233.

Igbaria, M., Iivari, J., & Maragahh, H. (1995). Why do Individuals use ComputerTechnology - a Finnish Case-Study. Information & Management, 29(5), 227–238.

Jan, A. U., & Contreras, V. (2011). Technology acceptance model for the use of information technology in universities. Computers in Human Behavior, 27(2), 845–851. http://doi.org/10.1016/j.chb.2010.11.009

Legris, P., Ingham, J., & Collerette, P. (2003). Why do people use information technology? A critical review of the technology acceptance model. Information & Management 40(3), 191–204. http://doi.org/10.1016/S03787206(01)00143-4

Mohammadi, H. (2015). Investigating users’ perspectives on e-learning: An integration of TAM and IS success model. Computers in Human Behavior, 45, 359–374. http://doi.org/10.1016/j.chb.2014.07.044

Motaghian, H., Hassanzadeh, A., & Moghadam, D. K. (2013). Factors affecting university instructors’ adoption of web-based learning systems: Case study of Iran. Computers & Education, 61, 158–167. http://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.09.01 6

Nindia, J. M., & Herawati, T. (2013). Pengaruh Kualitas Informasi, Kemampuan Individu dan Norma Subjektif Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Internet Sebagai Sumber Referensi. Malang: Universitas Brawijaya.

Park, S. Y., Nam, M.-W., & Cha, S.-B. (2012). University students’ behavioral intention to use mobile learning: Evaluating the technology acceptance model. British Journal of Educational Technology, 43(4), 592–605. http://doi.org/10.1111/j.14678535.2011.01229.x

Sarasmitha, C., & Zaki, B. (2014). Penggunaan Internet Sebagai Media Sumber Literatur oleh Mahasiswa Program Magister : Pendekatan Model TAM ( Technology Acceptance Model ) yang Dimodifikasi.

Szajna, B. (1996). Empirical evaluation of the revised technology acceptance model. Management Science, Volume: 65(Issue:), Pages: 43–59.

Teo, T. S. ., Lim, V. K. ., & Lai, R. Y. . (1999). Intrinsic and extrinsic motivation in Internet usage. Omega, 27(1), 25–37. http://doi.org/10.1016/S0305-0483(98)000280




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jm001.v2i1.162

Article Metrics

Abstract view : 450 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 860 times

 

 

Indexing In

 

Tools