Aspek Kemudahan Kegunaan Fitur Layanan dan Cashback Terhadap Keputusan Penggunaan Gopay

Fitriani Fitriani Latief

Abstract


Abstract 

GoPay is an electronic wallet service that facilitates online payment transactions using the GoJek application which attracts many enthusiasts in Indonesia. This study aims to examine the effect of convenience, benefits, service features, and cashback on the decision to use Gopay. Quantitative descriptive method used in this research begins with data collection, processing and presentation of results through tables and pictures. This research was conducted on several gojek users in the city of Makassar, especially students of the Nobel Institute of Technology and Economics in Indonesia. Probabily sampling, a sample of 100 respondents will be used to carry out the process of data analysis using multiple linear regression analysis method. The results of the study found that convenience, benefits, service features and cashback had a positive and significant effect on the decision to use Gopay.

Keywords: convenience, benefits, service features, cashback, the decision to use Gopay.


Abstrak 

GoPay adalah layanan dompet elektronik yang memfasilitasi transaksi pembayaran online menggunakan aplikasi GoJek yang menarik banyak peminat di Indonesia. Penelitian ini yang bertujuan ingin menguji pengaruh kemudahan, manfaat, fitur layanan dan cashback terhadap keputusan penggunaan Gopay. Metode deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dimulai dengan pengumpulan data, pengolahan dan penyajian hasil melalui tabel dan gambar. Penelitian ini dilakukan pada beberapa pengguna gojek di kota Makassar khususnya mahasiswa Institut Teknologi dan Ekonomi Nobel di Indonesia. Teknik sampling yang digunakan adalah probabily sampling, akan digunakan sampel sebanyak 100 responden untuk melakukan proses analisis data dengan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa kemudahan, manfaat, fitur layanan dan cashback berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan Gopay. 

Kata Kunci: kemudahan, manfaat, fitur layanan, cashback, keputusan penggunaan Gopay.


References


Adiwijaya, I. G. B. P. (2018). Kemudahan Penggunaan, Tingkat Keberhasilan Transaksi, Kemampuan Sistem Teknologi, Kepercayaan dan Minat Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking. Jurnal Manajemen Bisnis, 15(3), 135–153.

Amarasinghe Arachchige, J., Quach, S., Roca, E., Liu, B., Liew, A. W., & Earl, G. (2022). Understanding high‐involvement product purchase through an innovative machine learning approach: A case of housing type choice. Journal of Consumer Behaviour, 21(5), 1057–1074.

Anifa, F., Anisa, A., Fadhila, N., & Prawira, I. F. A. (2020). Tingkat Kemudahan dan Manfaat pada Penggunaan Layanan Go-Pay bagi Minat Pengguna di Indonesia. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 37–49.

Aprilia, R. W., & Susanti, D. N. (2022). Pengaruh Kemudahan, Fitur Layanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Dana di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 4(3), 399–409.

Fahira, J., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2022). Festival Budaya Sebagai Media Bank Indonesia Dalam Mempromosikan Uang Elektronik (e-money) di Masyarakat. Islamic Economics and Business Review, 1(2), 230–243.

Febriani, N., & Dewi, W. W. A. (2019). Perilaku Konsumen di Era Digital: Beserta Studi Kasus. Universitas Brawijaya Press.

Haerani, P. N., Latief, F., & Agunawan, A. (2023). Pengaruh Kemudahan Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Kozi Coffee Di Makassar. Jurnal Manuver: Akuntansi Dan Manajemen, 1(1), 15–29.

Judge, T. A., & Robbins, S. P. (2017). Organizational behavior. Pearson.

Kim, S. C., Yoon, D., & Han, E. K. (2016). Antecedents of mobile app usage among smartphone users. Journal of Marketing Communications, 22(6), 653–670.

Kotler, P., Burton, S., Deans, K., Brown, L., & Armstrong, G. (2015). Marketing. Pearson Higher Education AU.

Latief, F., & Dirwan, D. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi, Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(1), 16–30.

Latief, F., Dirwan, D., & Muhammad, I. (2021). Determinan Minat Penggunaan E-Wallet Shopeepay. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi).

Latief, F., & Nur, Y. (2019). Technology Acceptance Model (TAM) terhadap Minat Konsumen Sistem Pembayaran Gopay pada Layanan Gojek. Bongaya Journal for Research in Management (BJRM), 2(2), 1–11.

Melis, K., Campo, K., Lamey, L., & Breugelmans, E. (2016). A bigger slice of the multichannel grocery pie: when does consumers’ online channel use expand retailers’ share of wallet? Journal of Retailing, 92(3), 268–286.

Ningsih, H. A., M Sasmita, E., & Sari, B. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik (QRIS) Pada Mahasiswa. IKRAITH-EKONOMIKA, 4(1), 1–9.

Nuryadin, M. T., Padli, P., & Anwar, H. (2021). Pengaruh Customer Experience Dan Cash Back Terhadap Keputusan Konsumen Bertransaksi Melalui Eâ€TM commerce Tokopedia Pada Masa Lockdown Pandemi Covids 19 Di Kota Banjarmasin. Positif: Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 7(2), 102–107.

Pramelani, P., & Fitra, S. (2020). Pengaruh Promosi Dan Fitur Layanan Transaksi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pemilihan E-wallet. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 16(3), 208–213.

Prasetya, H., & Putra, S. E. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat dan Risiko pada Minat Penggunaan e-Money di Surabaya. Jurnal Dinamika Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 151–158.

Rahmawati, Y. D., & Yuliana, R. (2020). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, dan persepsi keamanan terhadap keputusan penggunaan e-wallet pada mahasiswa STIE Bank BPD Jateng. ECONBANK: Journal of Economics and Banking, 2(2), 157–168.

Rinta, N. A., Salas, M., & Sibarani, H. J. (2021). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi Online, Fitur Layanan dan Promosi Cash Back OVO Terhadap Minat Belanja Masyarakat di Kota Medan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(2), 1100–1117.

Salsabila, H. Z., Susanto, S., & Hutami, L. T. H. (2021). Pengaruh Persepsi Risiko, Manfaat Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(1), 87–96.

Shabrina, G. Y., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Fitur Layanan dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Makanan dan Minuman pada Pengguna OVO. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1258–1264.

Silaen, E., & Prabawani, B. (2019). Pengaruh persepsi kemudahan menggunakan e-wallet dan persepsi manfaat serta promosi terhadap minat beli ulang saldo e-wallet Ovo. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(4), 155–163.

Suryaningsih, I. B. (2019). Layanan aplikasi Go-Jek: validasi skala pengukuran IRSQ persepsi konsumen pada penggunaan platform Go-Food. BISMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 13(2), 112–121.

Susanti, R. A. D., Fardahlia, D., & Indrihastuti, P. (2021). Kemudahan Dan Kemanfaatan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Penggunaan Sistem Pembayaran E-Money Ovo, Go-Pay, Dan Dana. J-MACC: Journal of Management and Accounting, 4(1), 57–71.

Yogi, I. K. L., & Pramudana, K. (2021). The Effect of Ease of Transactions, Price and Perceived Usefulness on Customer satisfaction for Gopay’s Feature in Gojek Application. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(5), 44–52.

Zhao, P., Wu, J., Hua, Z., & Fang, S. (2019). Finding eWOM customers from customer reviews. Industrial Management & Data Systems, 119(1), 129–147.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jurman.v9i1.1566

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

 

 

Indexing In

 

Tools