Relevansi Konsep Marketing Mix dalam Keputusan Pembelian Konsumen

Wahyu Eko Setianingsih, Nursaidah Nursaidah

Abstract


Abstract

This study aims to examine the effect of marketing mix factors which include product, price, promotion, and physical evidence variables on consumer purchasing decisions at Mie Gacoan Jember. The research design used is explanatory research. Researchers make customers of Mie Gacoan Jember as the population in the study. The sample of this research was determined as many as 50 respondents who were taken by Non Probablity Sampling using purposive sampling technique. Data collection uses a questionnaire distributed to respondents, so that the data collected is primary data. Data analysis was performed by multiple linear regression analysis. Data analysis techniques include descriptive analysis, classic assumption test, and hypothesis test which is done by t test. The results of the study prove that product, price, promotion, and physical evidence have a significant effect on consumer purchasing decisions at Mie Gacoan Jember.

Keywords: Marketing Mix, Product, Price, Promotion, Physical Evidence, Consumer Purchasing Decisions


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor marketing mix yang meliputi variabel product, price, promotion, dan physical evidence terhadap keputusan pembelian konsumen pada Mie Gacoan Jember. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori. Peneliti menjadikan pelanggan mie gacoan Jember sebagai populasi dalam penelitian. Sampel penelitian ini ditentukan sebanyak 50 responden yang diambil secara Non Probablity Sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada responden, sehingga data yang dikumpulkan merupakan data primer. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier berganda. Teknik analisis data meliputi analisis deskriptif, pengujian asumsi klasik, dan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian membuktikan bahwa produk, harga, promosi, dan physical evidence berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Mie Gacoan Jember.

Kata Kunci: Marketing Mix, Product, Price, Promotion, Physical Evidence, Keputusan Pembelian


References


Akhiri, S., 2019. Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Tipe Nmax. Manag. Stud. Entrep. J. 1, 50–63. https://doi.org/10.37385/msej.v1i1.30

Destarini, F., Prambudi, B., 2020. Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen 212 Mart Condet Batu Ampar. J. Ekobis Ekon. Bisnis Manaj. 10, 58–66. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i1.27

Dwinanda, G., Nur, Y., 2020. Bauran Pemasaran 7p Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Industri Retail Giant Ekspres Makassar. J. Mirai Manag. 6, 120–136.

Faizal, D., Rahmawati, N.I., 2020. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Furnitur Pada PT. Catur Sentosa Berhasil. J. Ecodemica J. Ekon. Manaj. dan Bisnis 4, 170–178.

Gajali, J.A.L., Hufron, M., Rahman, F., 2020. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Nasi Bakar Bilmar Adam (Studi Pada Konsumen Nasi Bakar Bilmar Adam di Kecamatan Kumai Provinsi Kalimantan Tengah). J. Ilm. Ris. Manaj. 9.

Imam Ghozali & Hengky Laten, 2015. Partial Least Squares, Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Kotler, P., Armstrong, G., 2016. Principle of Marketing. Ebook: Pearson.

Kotler, P., Keller, K.L., 2019. Manajemen Pemasaran. Erlangga, Jakarta.

Lubis, R.M.O., Pathuansyah, Y., 2021. Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Bersubsidi Pada PT. Nato Jaya Grup Padangsidimpuan. J. ESTUPRO 6, 106–116.

Peter, J. P., & Olson, J.C., 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, 9th ed. Salemba Empat, Jakarta.

Pratama, I., Rahmidani, R., 2020. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sulaman Khas Kota Padang. J. Ecogen 3, 95. https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i1.8529

Pratama, R.A., Waluyo, M., 2020. Analisis Pengaruh Marketing Mix 7P Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aquarium Dengan Metode Sem Di Pt. Nisso Bahari Surabaya. Juminten 1, 59–69. https://doi.org/10.33005/juminten.v1i3.63

Prihastuti, Y., Widayati, E., 2019. Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pt. Tunas Indonesia Tours & Travel Cabang Yogyakarta). J. Tour. Econ. 2, 66–75. https://doi.org/10.36594/jtec.v2i1.30

Rosita, R.D., Budiarto, B., Kismantoroadji, T., 2020. ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN 7P TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI LUWAK MATARAM. J. Din. Sos. Ekon. 21, 15–25.

Saputri, L.E., Utomo, A., 2021. Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse Di Surakarta. EXCELLENT 8, 92–103.

Sunyoto, D., 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Center of Academic Publishing Service (CAPS), Yogyakarta.

Tjiptono, F., Chandra, G., 2016. Pemasaran Strategik. Andi, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jurman.v9i1.1496

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

 

 

Indexing In

 

Tools