Analisis Dampak Promosi dan Inovasi Menu Terhadap Kepuasan Pelanggan
Abstract
Abstract
The purpose of this study was to find out how promotions and menu changes affect customer satisfaction of The Kitchen at Hotel Horison Pekalongan. Samples were selected from the customers and one hundred of them were randomly selected as respondents. In this survey-based research, respondents were selected randomly. Validity, reliability, multiple linear analysis, t-test, f-test, and the study of the coefficient of determination are all components of this research. This study found that although promotion had no impact on customer satisfaction, menu innovation did. Based on the F test, The Kitchen at Hotel Horison Pekalongan saw a simultaneous and quite large effect on customer satisfaction both from promotion efforts and menu innovation.
Keywords: Customer Satisfaction, Menu Innovation, Promotion
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana promosi dan perubahan menu mempengaruhi kepuasan pelanggan The Kitchen di Hotel Horison Pekalongan. Sampel dipilih dari pelanggan berjumlah 100 secara acak sebagai responden. Dalam penelitian berbasis survei ini, responden dipilih secara acak. Validitas, reliabilitas, analisis linier berganda, uji-t, uji-f, dan studi koefisien determinasi adalah semua komponen penelitian ini. Penelitian ini menemukan bahwa meskipun promosi tidak berdampak pada kepuasan pelanggan, sedangkan inovasi menu berpengaruh. Berdasarkan uji F, The Kitchen di Hotel Horison Pekalongan melihat pengaruh yang simultan dan cukup besar terhadap kepuasan pelanggan baik dari upaya promosi maupun inovasi menu.
Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Inovasi Menu, Promosi
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustina, L., Mahmudah, D., Setiawan, A. B., Mustika, R., Dunan, A., & Ratnawati, A. (2019). Review : Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia. Puslitbang Aptika Dan IKP. https://doi.org/10.31227/osf.io/d89jm
Aprianto, R. (2016). Pengaruh Promosi Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Bnj Elektronik Kota Lubuklinggau. Buletin Bisnis & Manajemen, 02(01), 41–63. https://media.neliti.com/media/publications/58277-ID-pengaruh-promosi-dan-pelayanan-terhadap.pdf
Dian, N. F., & Artanti, Y. (2013). Pengaruh Kelompok Acuan Dan Atmosfir Restoran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Starbucks Coffee. Jurnal Ilmu Manajemen, 1, 414–427.
Diawati, P., Sugesti, H., & Risma, D. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Tokopedia Pada Masa Pandemik Covid-19. Pro Mark, 10(2).
Egim, A. S., Atsarina, A., Fermayani, R., & Harahap, R. R. (2021). Model Pengembangan Usaha Rendang Melalui Inovasi Produk & Akses Permodalan Pada Masa Pandemi Covid -19 Di Kota Padang. Bisnis-Net Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 48–62. https://doi.org/10.46576/bn.v4i1.1320
Fillayata, V. E., & Mukaram, M. (2020, September). Pengaruh Inovasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Road Café Steak & Pasta Bandung). In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar. 11(1), pp. 969-976.
Firmansyah, M. A., & Mochklas, M. (2018). Analisa Strategi Produk, Harga, Promosi Dan Tempat Terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Giras Di Surabaya. Jurnal Eksekutif, 15(1), 281-295.
Hestiningtyas, W., Indriayu, M., & Noviani, L. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Bidang Keahlian Khusus Pendidikan Tata Niaga FKIP UNS. … Nasional Pendidikan Ekonomi …, November.
Laia, A. E. R., Palupiningtyas, D., Putri, J. A., Yulianto, H., & Octafian, R. (2021). Kepuasan Konsumen Melalui Kualitasprodukdanpelayanan Pada Resto Dak Nalgae. SEMNASTEKMU 2021, 1, 181–188.
Lorena, E. Y. M., & Martini, S. (2019). Menilai Pengaruh Citra Merek, Keragaman Menu, Suasana Toko Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Niat Beli Ulang (Studi Pada Konsumen Society Coffee House Purwokerto). Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(2). https://doi.org/10.32424/jeba.v21i2.1323
Maria, A. D., Aryaningtyas, A. T., & Octafian, R. (2021). Kinerja Karyawan Hotel Graha Santika Semarang ditinjau dari Kepuasan Kerja, Kemampuan Kerja, dan Motivasi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3), 175–179.
Millenia, D. (2023). Pengaruh Citra Perusahaan, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Platform Tiktok Shop. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).
Mulyono, S. H., & Djatmiko, T. (2018). Pengaruh Customer Experience Terhadap Customer Satisfaction Di Tokopedia. E-Proceeding of Management, 5(2), 1843–1848.
Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
Rianto, M. R., Setyawati, N. W., Rohaeni, H., & Woelandari, D. S. (2022). Pengaruh Harga, Promosi dan Inovasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Provider Telkomsel Pada Generasi Milenial Muslim di Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), 2159–2166.
Santoso, R., Erstiawan, M. S., & Kisworo, A. Y. (2020). Inovasi Produk, Kreatifitas Iklan Dan Brand Trust Mendorong Keputusan Pembelian. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 5(2), 133–145. https://doi.org/10.29407/nusamba.v5i2.14369
Supriyanto, S., & Octafian, R. (2021). The Effect of Service Quality and Food Products on Guest Satisfaction at The Flavor Hotel Citradream Semarang Restaurant. Kontigensi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(2), 516–521.
Telaumbanua, K. W., Palupiningtyas, D., Putri, J. A., Yulianto, H., & Octafian, R. (2021). Tinjauan Kepuasan Tamu Melalui Kualitas Makanan Dan Pelayanan Pada Sakapatat Beer Garden And Resto Semarang. SEMNASTEKMU 2021, 1, 189–195.

Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Website Layout and Editing © 2016 Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo on Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo.
Indexing In
Tools