Peran Pemanduwisata dalam Membangun Citra Kota Lama Semarang
Abstract
Abstract
Visitors will feel more satisfied if they get something more than their expectations. However, sometimes many managers need to be made aware of the importance of visitor satisfaction with what they present. one of the supporting facilities that are very important to exist is the existence of a tour guide (tour guide). The purpose of this research is to find out the role of tour guides in attracting tourists and the perceptions of tourists based on information provided by tour guides. The type of research used is an interactive qualitative method with a case study approach. The interactive qualitative method is an in-depth study using data collection techniques directly from people in the environment studied. The study results are the availability of tour guides who actively direct tourists to visit historical places. In addition, tourists have a positive perception of tour guides, especially in the objectivity of information and services.
Keywords:Â Â Tour Guide, Traveler, Tourism City Image
ÂAbstrak
Pengunjung akan merasa lebih puas jika mereka mendapatkan sesuatu yang lebih dari harapan mereka, tapi kadang banyak pengelola yang belum menyadari tentang pentingnya kepuasan pengunjung terhadap apa yang mereka sajikan. salah satu fasilitas pendukung yang sangat penting keberadaannya, yakni adanya pemandu wisata (tour guide). Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran pemandu wisata untuk menarik wisatawan dan persepsi wisatawan berdasarkan pemebrian informasi oleh pramuwisata. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif interaktif dengan pendekatan studi kasus. metode kualitatif interaktif adalah studi mendalam dengan menggunakan teknik pengumpulan data langsung dari dari orang dalam lingkungan yang diteliti. Hasil penelitian yaitu Ketersediaan pemandu wisata aktif berperan dalam mengarahkan wisatawan untuk berkunjung ketempat bersejarah. Selain itu, wisatawan memiliki persepsi positif terhadap pramuwisata khusunya pada objektivitas informasi da layanan.
Kata Kunci: Â Pemandu Wisata, Wisatawan, Citra Kota Wisata
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
A Yoeti, Oka. (2014). Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa
Arjana, I. G. B. (2021). Geografi Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif-Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada.
Chintina, M. L. (2016). Peran Pemandu Wisata Dalam Upaya Meningkatkan Sektor Pariwisata (Stud Kasus di Pura Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan Surakarta). Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret. Diakses pada tanggal 19/12/2022 (https://adoc.pub/queue/peran-pemandu-wisata-dalam-upaya-meningkatkan-sektor-pariwis.html)
Hidayah, N. (2019). Pemasaran Destinasi Pariwisata. Bandung: Alfabeta
Meytasari, C., & Tisnawati, E. (2018). The Tourism Element Product Development of Semarang Old City Based on Attractive Urban Heritage Approach. ARSITEKTURA, 16(1), 107-118.
Nugraha, A. R., Perbawasari, S., Zubair, F., & Novianti, E. (2019). Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan komunikasi efektif berbasis potensi wisata dan kearifan lokal. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 123-132.
Prayogo, R. R., AB, S., & Si, M. (2018). Perkembangan Pariwisata dalam Perspektif Pemasaran. Surabaya: Bitread Publishing Yan Hanif Jawangga (2019). Dasar Dasar Manajemen. Klaten: Cempaka Putih.
Prihantara, F., Irawan, P., & Sari, Y. K. (2018). Dampak pariwisata religi kawasan Masjid Sunan Kudus terhadap ekonomi, lingkungan, dan sosial-budaya. Yogyakarta: UGM PRESS.
Sinaga, S. (2010). Potensi dan Pengembangan objek wisata di kabupaten Tapanuli Tengah. Kertas Karya. Program DIII Pariwisata. Universitas Sumatera Utara.
Suyetty, Suntara, D., & Kurniawan, G. (2010). Modul Prinsip-prinsip Kerja Sama Dengan Kolega dan Pelanggan. Jakarta: Yudhistira
Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan
DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jurman.v8i2.1244
Article Metrics
Abstract view : 342 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 529 times
Website Layout and Editing © 2016 Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo on Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo.
Indexing In
Tools






.png)







