PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK KERAJINAN BATOK KELAPA DI DESA BATUBULAN

Kadek Lyana Prilandewi, I Wayan Sukadana

Abstract


Perkembangan teknologi yang pesat menyebabkan terjadinya perubahan dalam berbagai sektor kebutuhan manusia salah satunya pada bidang bisnis. Adanya perubahan ke arah digital memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk dapat menjual dan memasarkan produknya secara online dengan digital marketing. MD Pot Kelapa adalah usaha yang bergerak di bidang kerajinan batok kelapa, dimana limbah batok kelapa yang biasanya hanya dibuang dan tidak dimanfaatkan diolah menjadi pot tanaman bunga yang unik dan bernilai seni. Masalah yang dihadapi usaha tersebut yaitu kurangnya pemahaman mengenai pemanfaatan digital marketing sebagai media pemasaran produk. Pemahaman terkait hal tersebut sangat diperlukan agar dapat bersaing dan bertahan terutama dimasa pandemi. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan pemberian edukasi pentingnya digital marketing dan pelatihan penggunaan market place di Facebook dan membantu proses pembuatan akun Instagram Bisnis untuk usahanya sekaligus membantu membuat flayer digital sebagai bahan promosi di media sosial. Hasil dari kegiatan yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa pelaku usaha belum memahami pemanfaatan digital marketing sebagai media pemasaran produknya secara maksimal. Oleh karena itu, perlu dilakukan adanya edukasi dan pelatihan secara berkelanjutan agar pemahaman digital marketing dapat terealisasikan secara optimal.

 

Abstract. The rapid development of technology causes changes in various sectors of human needs, one of which is in the business sector. The change towards digital makes it easy for people to be able to sell and market their products online with digital marketing. MD Coconut Pot is a business that is engaged in coconut shell crafts, where coconut shell waste which is usually only thrown away and not used is processed into flower pots that are unique and have artistic value. The problem faced by these businesses is the lack of understanding of the use of digital marketing as a product marketing medium. An understanding of this very necessary in order to compete and survive, especially during pandemic. The method used is by providing education on the importance of digital marketing and training on the  use of market places on Facebook and helps the process of creating and Instagram Business account for his business as well as helping to create digital flayers as promotional material on social media. The results of the activities that have been carried out show that business actors do not understand the use of digital marketing as a medium for marketing their products to the fullest. Therefore, education and training need to  be carried out on an ongoing basis so that understanding of digital marketing can be realized optimally.


References


Febriyantoro, M. T dan Arisandi, D. 2018. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Manajemen Dewantara 1 (2) : 62-76

Sulaksono, J dan Zakaria, N. 2020. Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah UMKM Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal 4 (1) : 41-48

Anggoro, D., Hasugian, H dan Nofiyani. 2020. Implementasi Digital Marketing Pada UKM Guna Meningkatkan Pemasaran dan Penjualan Produk di Masa Pandemi Covid-19. JURPIKAT: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1 (3) : 384-391

Irfani H., Yeni, F dan Wahyuni, R. 2020. Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada UKM Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES : Journal of Character Education Society 3 (3) : 651-659

Sukmasetya P., Haryanto. T., Sadewi. F. A., Maulida. R. B. G., Aliudin. H. S., Sugiarto. B. 2020. Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Media Pemasaran Global untuk Meningkatkan Penjualan Produksi pada Home Industry. Community Empowerment 5 (2) : 28-35

Syafnidawaty. 2020. Perbedaan Metodelogi Penelitian dan Metode Penelitian. https://raharja.ac.id/2020/10/26/perbedaan-metodelogi-penelitian-dan-metode-penelitian/

Diakses 11 Agustus 2021

Gumilang R.R. 2019. Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 10 No (1) : 9-14

Yacub, R dan Mustajab, W. 2020. Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) Terhadap Brand Awareness Pada E-Commerce. Manajerial 12 (2) : 198- 209

Hermita, R. 2019. Memanfaatkan Limbah Batok Kelapa Mnejadi Berbagai Macam Bentuk Kerajinan. Jurnal Proporsi 4 (2) : 93-104

Puspitasari, N.P.D., Ainun, D.N., Reffan. B., Nanda D., Caksono., Mustika. 2019. Penerapan Teknologi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran Snack Tiwul. JSAI 2 (2) 165-171




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/resona.v5i2.809

Article Metrics

Abstract view : 994 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1203 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.