PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA GURU PAI DI KOTA PALOPO

Lisa Aditya Dwiwansyah Musa, Mawardi Mawardi, Sitti Marwiyah, Muhammad Ihsan, Hardianto Hardianto, Idil Saptaputra, Munandar Munandar

Abstract


Program ini bertujuan memberikan pelatihan media pembelajaran interaktif berbasis web pada guru pendidikan agama Islam (masyarakat sekolah) yang ada di Kota Palopo. Luaran dari kegiatan ini adalah masyarakat sekolah memiliki keterampilan dalam memanfaatkan berbagai media khususnya media online, Selain itu luaran yang lain adalah artikel ilmiah yang terpublikasi di jurnal. Sebagai sasaran pengabdian ini adalah masyarakat sekolah yaitu guru Pendidikan agama Islam pada jenjang sekolah menengah pertama/Madrsah Tsanawiyah dan Sekolah menengah atas/Madrasah Aliyah. Untuk mencapai keberhasilan pengabdian ini, metode yang digunakan oleh tim adalah metode ABCD, Mempelajari dan mengatur skenario, menemukan masa lampau, memimpikan masa depan, memetakan aset, serta menghubungkan dan menggerakkan aset. Adapun langkah-langkah kegiatan yang akan dilakukan yaitu pemilihan mahasiswa yang akan membantu dalam pelaksanaan pengabdian ini, observasi sasaran pengabdian, penyusunan proposal, pelatihan dan pendampingan, monitoring dan laporan akhir. Selama kegiatan berlangsung, terlihat semangat dan antusias dari peserta guru PAI walaupun sebagian dari peserta sudah termasuk guru senior yang tidak terbiasa mengoperasikan laptop, akan tetapi tetap semangat karena adanya tim pengabdi dan panitia yang setia mendampingi dalam mempelajari dan mempraktekkan media pembelajaran berbasis web dalam hal ini autoplay penggunaan google classroom.

 

Abstract. This program aims to provide interactive web-based learning media training for Islamic religious education teachers (school communities) in the City of Palopo. The output of this activity is the school community has skills in utilizing a variety of media, especially online media, in addition to other outcomes are scientific articles published in journals. The target of this service is the school community, namely Islamic religious education teachers at the junior high school/Madrasah Tsanawiyah and senior high school/Madrasah Aliyah. To achieve this dedication success, the method used by the team is the ABCD method, studying and managing scenarios, discovering the past, dreaming of the future, mapping assets, and connecting and moving assets. The steps of the activities that will be carried out are the selection of students who will assist in the implementation of this dedication, observation of service objectives, preparation of proposals, training and assistance, monitoring and final report. During the activity, there was enthusiasm and enthusiasm from the PAI teacher participants although some of the participants included senior teachers who were not accustomed to operating laptops, but were still enthusiastic because of the dedicated team of devotees and committees who assisted in learning and practicing web-based learning media in this case. autoplay using google classroom.


References


Angraini, R., 2017. Karakteristik Media Yang Tepat Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Sebagai Pendidikan Nilai. J. Moral Civ. Educ. 1, 14–24. https://doi.org/10.24036/8851412020171116

Ibrahima, A.B., 2018. Asset Based Community Development (ABCD). Transform. Soc. 229–240. https://doi.org/10.4324/9781315205755-17

Mahnun, N., 2012. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). an-Nida’ 37, 27–35.

Muhson, A., 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. J. Pendidik. Akunt. Indones. 8. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Musa, L.A.D., 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik. Kelola J. Islam. Educ. Manag. 2, 14.

Nu’man, A.Z., 2013. Efektifitas Penerapan E-Learning Model Edmodo Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus : Smk Muhammadiyah 1 Sukoharjo). J. Chem. Inf. Model. 53, 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Nurseto, T., 2012. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. J. Ekon. dan Pendidik. 8, 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Rahim, F.R., Suherman, D.S., Murtiani, M., 2019. Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. J. Eksakta Pendidik. 3, 133. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/367

Sutirman, 2013. Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Graha Ilmu, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/resona.v5i2.771

Article Metrics

Abstract view : 605 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 491 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.