Pelaksanaan Try Out Mata Pelajaran Matematika dalam Menghadapi USBN Di SD Negeri Kedung Dawa 2 Cirebon

Herri Sulaiman, Tonah Tonah, Trusti Hapsari, Fuad Nasir

Abstract


ABSTRAK

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) merupakan evaluasi skala nasional yang diselenggarakan pemerintah sebagai alat ukur untuk mengetahui keberhasilan seluruh elemen dalam proses pendidikan. Namun, ujian ini seringkali menjadi sebuah hal yang menakutkan bagi siswa dikarenakan mereka menganggap USBN sebagai pengganti UN menjadi satu-satunya alat ukur dalam keberhasilan siswa. Siswa pun seringkali merasa cemas dan khawatir dalam menghadapi ujian sekolah. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengoptimalkan persiapan siswa dalam menghadapi USBN melalui berbagai kegiatan dalam pelaksanaan pengerjaan dan pembahasaan soal-soal latihan (tryout). Metode yang dilakukan meliputi sosialisasi, pelaksanaan dan evaluasi. Dari hasil yang diperoleh, dapat diketahui bahwa siswa memiliki tingkat kesiapan yang lebih baik setelah beberapakali mengerjakan soal latihan. Hal ini menunjukkan bahwa jika siswa sering berlatih mengerjakan soal latihan, maka siswa akan memiliki tingkat kesiapan yang lebih baik dalam menghadapi ujian nasional.

 

ABSTRACT

The national standard school examination (USBN) is a national scale evaluation held by the government as a measuring tool to determine the success of all elements in the educational process. However, this exam is often a frightening thing for students because they consider USBN as a substitute for the UN to be the only measuring tool in student success. Students also often feel anxious and worried in facing school exams. The purpose of this activity is to optimize student preparation in facing USBN through various activities in the implementation and discussion of practice questions (tryouts). The method used includes socialization, implementation and evaluation. From the results obtained, it can be seen that students have a better level of readiness after working on the practice questions several times. This shows that if students often practice doing practice questions, then students will have a better level of readiness in facing the national exam.




References


Firmasari, S. dan H. Sulaiman. 2019. Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa Menggunakan Induksi Matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 3(1): 1-9.

Firmasari, S. dan H. Sulaiman. 2020. Analisis Geometri Fraktal Pada Bentuk Bangunan Di Komplek Keraton Kanoman Cirebon. Euclid 7(1): 51-60.

Firmasari, S. H. Sulaiman. W. Hartono, dan M.S. Noto. 2019. Rigorous mathematical thinking based on gender in the real analysis course. Journal of Physics: Conference Series 1157 (4): 042106.

Irmawan, W., M. D. Sundawan, dan H. Sulaiman. 2019. Peningkatan Keterampilan Self Advocacy (SA) Mahasiswa Melalui Teknik Structure Learning Approach (SLA) Pada Topik Fungsi Real. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6 (1): 23-30.

Khodaria, S., A. Maharani dan H. Sulaiman. 2019. The Analysis of Item Problems in High School Mathematics Textbook in Indonesia (2016 Revision Edition) Reviewed from The Cognitive Aspect of TIMSS. Indonesian Journal of Learning and Instruction 2 (1): 32-37.

Maharani, A., H. Sulaiman, N. Aminah, C.D. Rosita. 2019. Analyzing the student’s cognitive abilities through the thinking levels of geometry van hiele reviewed from gender perspective. 2019. Journal of Physics: Conference Series 1188 (1): 012066.

Pramuditya, SA. dan H. Sulaiman. 2019. Analisis Kebutuhan Game Edukasi Mahasiswa dalam Menyelesaikan Materi Prasyarat Persamaan Diferensial. Euclid 6 (1): 74-83.

Pramuditya, SA., H. Sulaiman, dan Wahyudin. 2019. Development of instructional media game education on integral and differential calculus. IOP Conference Series Publishing 1280 (4): 042049.

Putri, DP. H. Sulaiman, I. Wahyuni, dan J.F. Raharjo. 2017. Kajian Pemodelan Matematika dengan Konsep Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial. Repository FKIP Unswagati.

Raharjo, JF dan H. Sulaiman. 2017. Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Diskrit Dan Pembentukan Karakter Konstruktivis Mahasiswa Melalui Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Aplikasi Education Edmodo Bermodelkan Progresif Pace (Project, Activity, Cooperative and Exercise). Teorema: Teori Riset dan Matematika 2(1): 47-62.

Raharjo, JF., H. Sulaiman, dan I. Wahyuni. 2017. The Study of Mathematical Modeling Development Based on Realistic Approach as Prototype Learning to Improve Students Mathematical Problem Solving Ability in Differential Equation Subject. Repository FKIP Unswagati.

Sulaiman, H. 2019. Aktivitas Matematika Berbasis Budaya Pada Masyarakat Pesisir di Pasar Ikan Gebang Kabupaten Cirebon. Mapan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran 7(1): 61-73.

Sundawan, MD., W. Irmawan, dan H. Sulaiman. 2019. Kemampuan Berpikir Relasional Abstrak Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Soal-Soal Non-Rutin pada Topik Geometri Non-Euclid. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 8 (2): 319-330.

Yunita, DR., A. Maharani, dan H. Sulaiman. 2019. Identifying of Rigorous Mathematical Thinking on Olympic Students in Solving Non-routine Problems on Geometry Topics. 3rd Asian Education Symposium (AES 2018). Atlantis Press: 495-499.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/resona.v5i1.639

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.