Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Bantuan Media Video Pendek Youtube
Abstract
ABSTRAK
Para pakar pendidikan sudah sejak tahun 1930an telah menggunakan media video untuk mengajar bahasa. Keberadaan YouTube, sebuah situs berbagi video, merevolusi cara orang menonton video. Orang hanya perlu sambungan internet yang baik untuk dapat menonton video yang ada di YouTube. Peneliti percaya bahwa kemudahan yang ditawarkan YouTube ini dapat membantu pembelajaran kosakata Bahasa Inggris siswa kelas lima SD Bakalan Bantul, Yogyakarta. Peneliti memutuskan untuk bekerjasama dengan guru Bahasa Inggris para siswa dan mengadakan penelitian untuk melihat apakah para siswa mampu menunjukkan performa yang lebih baik bila mereka belajar menggunakan media video YouTube. Video YouTube yang digunakan merupakan video buatan salah seorang peneliti berdasarkan tema yang akan dipelajari siswa. Penelitian diadakan dalam empat sesi. Di setiap sesi, para siswa akan mendapat tautan ke video YouTube sesuai tema yang akan dipelajari di sesi itu. Para siswa dapat berkomunikasi dengan peneliti melalui grup Whatsapp khusus bila para siswa ingin bertanya. Sebuah tautan ke sebuah dokumen Google Form juga akan dibagikan untuk mengevaluasi pemahaman kosakata siswa. Evaluasi menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memperoleh nilai baik, sehingga terbukti bahwa belajar kosakata menggunakan video pendek YouTube bermanfaat bagi siswa selama instruksinya disiapkan dengan baik.
Â
ABSTRACT
Video has long been used by educational experts to teach language since 1930s. The emergence of YouTube has revolutionized the way of watching videos. People need only decent internet connection to watch a video hosted on YouTube. The two researchers believed that such easiness could facilitate English vocabulary learning for students of the fifth grade of SD Bakalan Bantul, Yogyakarta. Collaborating with the students’ English teachers, the researchers conducted a research to see whether the students would perform better if they were exposed to YouTube media. The videos were created by one of the researchers based on the themes the students were going to learn and uploaded to YouTube. The research was performed in four sessions. The students were given a link to a short YouTube video every session based on the theme discussed during the session. Students could contact the researchers via a certain Whatsapp group if they had questions. A link to a Google Forms document would be distributed to evaluate the students’ vocabulary mastery. The evaluation showed that most students scored well, proving that learning vocabulary using short YouTube videos was beneficial as long as instructions were well-prepared.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ayuwuragil, K. 2018. Youtube Jadi Aplikasi Media Paling Populer di Indonesia. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180406202852-213-288967/youtube-jadi-aplikasi-media-paling-populer-di-indonesia. 23 November 2020. 19:47.
Brame C. J. 2016. Effective Educational Videos: Principles and Guidelines for Maximizing Student Learning from Video Content. CBE life sciences education, 15 (4), es6. https://doi.org/10.1187/cbe.16-03-0125. https://www.lifescied.org/doi/pdf/10.1187/cbe.16-03-0125.
Cakir, I. 2006. The Use of Video As An Audio-visual Material In Foreign Language Teaching Classroom. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET 5 (4), 67-72. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED501362.pdf.
Dewi, N. L. D. S. dan N. P. S. E. Carniasih. 2018. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube Dalam Pembelajaran Tata Bahasa Inggris. ISBN: 978-602-53420-0-4 Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, dan Sosial Humaniora (SINTESA) 1 (1). https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/508
Guo, Philip J., Juho Kim, dan Rubin, Rob. 2014. How video production affects student engagement: an empirical study of MOOC videos. Dalam Proceedings of the first ACM conference on Learning @ scale conference (L@S ’14). Association for Computing Machinery, New York, NY, USA, 41–50. DOI:https://doi.org/10.1145/2556325.2566239. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/summary?doi=10.1.1.644.4382
Hambrook, J. 1979. Television materials for ELT. Use of the Media in English Language Teaching. The British Council. ISBN: 0900229667
Horton, William. 2012. E-Learning by Design. San Francisco: Pfeiffer
Ishak, I., dan Euis Yanah Mulyanah. 2020. Pelatihan Guru SD di Tangerang: Implementasi TPR dalam Meningkatkan Penguasaan Bahasa Inggris. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (1), 1-5.
IT WORKS!. 2011. Beken Dengan You Tube. Grasindo. ISBN: 979-0813910
Jayani, D. H. 2020. 10 Media Sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia. Databoks Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/10-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-di-indonesia. 21 November 2020. 06:23.
Lestari, Renda. 2018. Pengunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Second Progressive and Fun Education Seminar). ISBN: 978-602-361-102-7 pp. 607-612. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/9566/68.pdf
Media, L. 2009. YouTube dan Google Video: Membuat, Mengedit, dan Upload Video. Mediakom. ISBN: 979-0813910
Novia, D. R. M. 2013. 'Kurikulum SD Tidak Ada Mata Pelajaran Bahasa Inggris dan TIK'. Republika. https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/12/12/mxoux4-kurikulum-sd-tidak-ada-mata-pelajaran-bahasa-inggris-dan-tik. 25 Oktober 2020. 16:40.
Reddy, M. Samanth. 2016. Importance of English Language in today’s World. International Journal of Academic Research 3 (4(2)), ISSN: 2348-7666.
Shrosbree, M. 2008 Digital Video in the Language Classroom. The JALT CALL Journal 4 (1): 5-84.
Smith, A. 2018. Generation Z Prefers YouTube Over Textbooks, Study Finds. PCMagazine. https://sea.pcmag.com/news/29537/generation-z-prefers-youtube-over-textbooks-study-finds. 21 November 2020. 06:52.
Yudhistira, A. W (Editor). 2019. Youtube, Medsos No. 1 di Indonesia [infografik] . Katadata. https://katadata.co.id/ariayudhistira/infografik/5e9a55212afab/youtube-medsos-no-1-di-indonesia. 21 November 2020. 06:29.
DOI: http://dx.doi.org/10.35906/resona.v5i1.637
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Website Layout end Editing © 2016 Resona Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat on Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo.