PENGUATAN PROFIL PANCASILA BERBASIS DIGITAL BAGI GURU DI SD TANA TORAJA: UPAYA PENGUATAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Muh. Putra Pratama, Resnita Dewi, Anna Pertiwi

Abstract


Program Penguatan Profil Pancasila Berbasis Digital bagi guru di SD Tana Toraja bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam menyampaikan nilai-nilai Pancasila melalui media digital. Program ini memanfaatkan aplikasi Sparkol VideoScribe untuk menciptakan materi pembelajaran berbasis video animasi, yang mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah-sekolah dasar.  Kegiatan pertama dalam program ini adalah pelatihan intensif untuk guru-guru SD di Tana Toraja mengenai penggunaan aplikasi Sparkol VideoScribe. Dalam pelatihan ini, guru diajarkan cara membuat video animasi berbasis papan tulis (whiteboard animation), yang memungkinkan mereka menyampaikan konsep abstrak dengan cara yang lebih visual dan interaktif. Setelah pelatihan, guru diberi tugas untuk mengembangkan konten video edukatif yang mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila. Guru akan memilih salah satu atau beberapa nilai Pancasila dan menerjemahkannya ke dalam materi video dengan memanfaatkan aplikasi yang telah dipelajari. Setelah video digunakan dalam pembelajaran, guru dan fasilitator program akan melakukan evaluasi untuk mengukur efektivitas penggunaan konten digital ini. Guru akan diminta untuk memberikan masukan terkait manfaat dan tantangan yang dihadapi selama pelaksanaan, serta dampak video terhadap pemahaman siswa tentang nilai-nilai Pancasila. Selain itu, guru juga akan merefleksikan bagaimana keterampilan teknologi yang mereka peroleh dapat diterapkan dalam konteks pembelajaran lain.

 

Abstract. The Digital-based Pancasila Profile Strengthening Program for teachers at Tana Toraja Elementary School aims to improve teachers' understanding and ability to convey Pancasila values through digital media. This program utilizes the Sparkol VideoScribe application to create animated video-based learning materials, which support the implementation of Merdeka Curriculum in elementary schools.  The first activity in this program was an intensive training for elementary school teachers in Tana Toraja on the use of the Sparkol VideoScribe application. In this training, teachers were taught how to create whiteboard-based animated videos, which allowed them to convey abstract concepts in a more visual and interactive way. After the training, teachers are given the task of developing educational video content that integrates Pancasila values. Teachers will select one or several Pancasila values and translate them into video material by utilizing the learned application. After the video is used in learning, teachers and program facilitators will conduct an evaluation to measure the effectiveness of using this digital content. Teachers will be asked to provide feedback on the benefits and challenges faced during implementation, as well as the impact of the videos on students' understanding of Pancasila values. In addition, teachers will also reflect on how the technological skills they gained can be applied in other learning contexts.


References


Aries, A. M. (2023). IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PANCASILA TEMA KEARIFAN LOKAL DENGAN KONTEKSTUALISASI PERMAINAN TRADISIONAL. Jurnal Sinektik, 5(2). https://doi.org/10.33061/js.v5i2.8177

Pamungkas, W.A.D., & Koeswanti, H. D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar [The Use of Video Learning Media on the Learning Outcomes of Elementary School Students]. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3).

Pamungkas, Wahyu Agung Dwi, & Koeswanti, H. D. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3). https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223

Pertiwi, A., Kamal, K., M. Daming, H., Takdir, M., & Hamid, H. (2023). Development of Android-Based Interactive Multimedia On Thematic Learning. Journal on Education, 6(1). https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3414

Pratama, M. P., & Adam, M. W. S. (2024). E-books as self-learning resources for educational technology students. 13(1), 9–15. https://doi.org/doi.org/10.26618/jkm.v13i1.14265

Pratama, M. P., Ruruk, S., & Karuru, P. (2023). Validity of interactive learning media in computer basics course. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 10(4), 353–362. https://doi.org/10.21831/jitp.v10i4.60376

Pratama, M. P., Sampelolo, R., & Lura, H. (2023). REVOLUTIONIZING EDUCATION: HARNESSING THE POWER OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE FOR PERSONALIZED LEARNING. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 5(2), 350–357. https://doi.org/10.1007/978-3-031-08250-4_25

Rochmania, D. D., & Restian, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Video Animasi Terhadap Proses Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2578

Siti Lutfiatussalmah, Mei Fita Asri Untari, & Ervina Eka Subekti. (2023). ANALISIS PENERAPAN PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BAGI SISWA KELAS IV DI SD NEGERI KALICARI 02 SEMARANG. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04). https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1541




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/resona.v8i2.2289

Article Metrics

Abstract view : 16 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.