PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KEMAMPUAN GURU TERHADAP MANAGEMENT KONTEN EDUKASI BERBASIS DIGITAL BAGI GURU SDN 52 PANGKALPINANG

Tri Sugihartono, Rendy Rian Chrisna Putra, Eza Budi Perkasa, Irsad Dwi Sandro, Royhan Indallah, Ahmad Faqih Alkayess

Abstract


Di era digital yang cepat, masyarakat Indonesia bertransisi dari konvensional ke masyarakat informasi, mengubah siklus budaya sehari-hari akibat informasi dari berbagai media. Dalam pendidikan dasar, anak-anak (siswa SD) kini kecanduan teknologi informasi, terutama bermain game di ponsel Android. Ini menjadi masalah di sekolah karena siswa lebih tertarik pada teknologi daripada metode pengajaran klasik. SDN 52 Pangkalpinang menghadapi tantangan untuk meningkatkan keterampilan teknologi guru agar dapat mengubah metode pengajaran menjadi lebih menarik berbasis teknologi, seperti multimedia pembelajaran. Setelah pelatihan dan workshop tentang konten edukasi digital, guru SDN 52 Pangkalpinang mampu mengaplikasikan pembelajaran ke dalam media berbasis teknologi. Peningkatan kemampuan dan pengetahuan guru dalam pembuatan konten edukasi digital mencapai 75%. Diharapkan konten digital ini membuat siswa lebih semangat dan tertarik menyimak informasi pengetahuan.

Abstract. In this fast-paced digital era, Indonesian society is transitioning from conventional to information society, changing daily cultural cycles due to information from various media channels. In primary education, young children (elementary students) are now addicted to information technology, particularly playing games on Android phones. This issue in schools results in students being more interested in technology than classical teaching methods. SDN 52 Pangkalpinang faces the challenge of enhancing teachers' technology skills to transform teaching methods into more engaging technology-based approaches, such as multimedia learning. After training and workshops on digital educational content, teachers at SDN 52 Pangkalpinang can implement technology-based learning media. The increase in teachers' ability and knowledge in creating digital educational content is 75%. Digital content is expected to make students more enthusiastic and interested in the knowledge provided.


References


Harahap, H., Eka Syafitri, S., Rahmadhani, D., Samudra, U., Syarief Thayeb, J., Langsa Lama, K., & Langsa, K. (2023). Pelatihan Penggunaan Platform Digital sebagai Media Pembelajaran bagi GURU PAUD IT Bismillah. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana Jalan Kenanga, 4(1). https://doi.org/10.37295/jpdw.v4i1.404

Hermanto, K., Anggara, M., Ismiyarti, W., Mardinata, E., Yuliadi, Y., Ekastini, E., & Sofya, N. D. (2023). PENDAMPINGAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CANVA UNTUK GURU SDN KOKARPIT DAN SDN LEKONG. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1247–1256. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.3255

Hotimah, H., Raihan, S., Amrah, A., Atjo, S. E. P., & AP, N. (2023). Pelatihan Pengembangan Media Inovatif Berbasis Hypercontent bagi Guru SD. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 207–215. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.223

Maharani, H. R., Ubaidah, N., Basir, M. A., Wijayanti, D., Kusmaryono, I., & Aminudin, M. (2022). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Komik Digital dengan Canva for Education. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 760–768. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.10084

Penggunaan, P., Canva, A., Media, S., Kreatif Bagi Guru-Guru, P., Kecamatan, D., Saiful, B., Ismail, H., Mukhsin, M. A., Bakri, R. A., & Firdaus, A. M. (2023). J U R N A L S O L M A. Jurnal SOLMA, 12(1), 89–98. https://doi.org/10.2236/solma.v12i1.10168

Talitha, S., Rosdiana, R., & Hilal Mukhtar, R. (2023). SWARNA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL FLIPBOOK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MGMP BAHASA INDONESIA SMA KOTA BOGOR (Vol. 2, Issue 1).

Warmansyah, J., Komalasari, E., Yuningsih, R., Sari, M., Rahmadani, W., Putri, H., Mulia, ), Data, R., Yanti, E. P., Anak, P. I., & Dini, U. (n.d.). PELATIHAN CANVA FOR EDUCATION UNTUK GURU PAUD SE KABUPATEN TANAH DATAR CANVA FOR EDUCATION TRAINING FOR EARLY CHILDREN EDUCATION TEACHERS TANAH DATAR DISTRICK 1). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/abdipaud/index




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/resona.v8i1.1875

Article Metrics

Abstract view : 59 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.