MENGEMBANGKAN MATERI PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN CANVA UNTUK PENDIDIKAN DI SMP

Muh. Putra Pratama, Rigel Sampelolo, Topanus Tulak

Abstract


Pendidikan adalah salah satu pilar utama pembangunan masyarakat dan negara. Dalam konteks pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP), materi pembelajaran yang menarik dan interaktif dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Saat ini, teknologi telah menjadi bagian integral dari pendidikan, dan alat desain grafis seperti Canva memberikan peluang baru untuk menciptakan materi pembelajaran yang menarik dan berdaya tarik. PKM bertujuan untuk mengembangkan materi pembelajaran interaktif dengan menggunakan platform desain grafis Canva dalam konteks pendidikan di SMP. Metodologi pengembangan materi pembelajaran melibatkan analisis kebutuhan siswa, perancangan materi, dan implementasi dalam lingkungan kelas. Hasil PKM ini menunjukkan bahwa penggunaan Canva dalam mengembangkan materi pembelajaran di SMP memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran. Materi pembelajaran yang dirancang dengan baik menggunakan Canva mampu meningkatkan keterlibatan siswa dan membantu mereka memahami konsep pembelajaran dengan lebih baik. Selain itu, pendekatan ini juga memberikan kesempatan bagi guru untuk lebih berkreasi dalam mengajar. Melalui penerapan inovatif ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat SMP dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan pendidikan di masa depan.

 

Abstract. Education is one of the main pillars of community and state development. In the context of junior high school education, engaging and interactive learning materials can improve the quality of the teaching and learning process. Nowadays, technology has become an integral part of education, and graphic design tools such as Canva provide new opportunities to create interesting and engaging learning materials. The PKM aims to develop interactive learning materials using the Canva graphic design platform in the context of junior high school education. The methodology of developing learning materials involves analyzing student needs, designing materials, and implementation in a classroom environment. The results of this PKM show that the use of Canva in developing learning materials in junior high school provides significant benefits in increasing students' interest in learning. Well-designed learning materials using Canva are able to increase student engagement and help them understand learning concepts better. In addition, this approach also provides an opportunity for teachers to be more creative in teaching. Through this innovative application, it is expected to improve the quality of education at the junior high school level and make a positive contribution to the development of education in the future.


References


Azizah, I., Susanti, R., 2023. Media Pembelajaran Berbasis Canva Dengan Desain Infografis Dalam Mata Pelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas. J. Educ. FKIP UNMA 9, 458–464. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4798

Dermawanto, D., 2023. Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis Canva Melalui in House Training (Iht) Di Sd Negeri 6 Lanjas Tahun Pelajaran 2021/2022. Anterior J. 22, 9–15. https://doi.org/10.33084/anterior.v22i1.4168

Maulidia, Y., Hudaidah, H., 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Portal Rumah Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Negeri 2 Palembang. J. Jendela Pendidik. 3, 59–65. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.396

Nurhikmah H, N.H., Gani, H., Pratama, M. and Wijaya, H., 2021. Development of an android-based computer based test (cbt) In middle school. Journal of Education Technology, 5(2), pp.272-281.

Pratama, M.P., Al-gifari, M.K.G., Pertiwi, A., 2022. Aplikasi Notifikasi Tagihan Penggunaan Air Pelanggan PDAM Kota Makassar Berbasis SMS Gateway Menggunakan Metode FIFO ( First In First Out ). Patria Artha Technol. J. 6, 168–173.

Pratama, M.P., 2023. Utilization of Quizizz Platform in the Learning Evaluation Process. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), pp.77-84.

Pratama, M.P., Al-gifari, M.K.G. and Pertiwi, A., 2022. Aplikasi Notifikasi Tagihan Penggunaan Air Pelanggan PDAM Kota Makassar Berbasis SMS Gateway Menggunakan Metode FIFO (First In First Out). Patria Artha Technological Journal, 6(2), pp.168-173.

Rahma, S., Arma, A., Saenab, S., 2022. Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva sebagai Upaya Memaksimalkan Implementasi Pendekatan TPACK bagi Guru di Pesantren Putri Yatama Mandiri 2.

Sampelolo, R., & Atmowardoyo, H. (2016). Learning Strategies and Styles of a Part Time Job Student With Good Achievement (A Case Study of a Successful Part Time Job EFL Learner). ELT Worldwide, 3(1), 91-106.

Sampelolo, R., & Kombong, M. T. (2022). The Future Of English Language Teaching And Learning Through “Merdeka Belajar-Kampus Merdekaâ€(Mbkm): A Systematic Review. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 4(1), 40-46.

Sukmawati, R.A., Pramita, M., Wiranda, N., Apriliyanti, A., Maulida, C.K., Winanto, A., Hidayat, F., 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru MGMP Matematika SMP. Bubungan Tinggi J. Pengabdi. Masy. 4, 1393. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i4.6133

Supriyanto, S., 2022. Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Melalui Kegiatan In House Training. Asas Wa Tandhim J. Hukum, Pendidik. Dan Sos. Keagamaan 1, 107–120. https://doi.org/10.47200/awtjhpsa.v1i2.1144

Wijaksono, S.A., Prima, F.K., 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Pada Mata Kuliah Praktek Kerja Kayu. Educ. J. Pendidik. 1, 621–629. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.81




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/resona.v7i2.1843

Article Metrics

Abstract view : 454 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 472 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.