PEMODELAN ECOMMERCE BERBASIS BUSSINES TO COSTUMERS DEMI PENINGKATAN UMKM ARGIASH KOTA PAREPARE

Yusran Bachtiar, Andi Wafiah, Nirwana Sampara, Saskia Auliah Ashar, Al furqan

Abstract


Belum optimalnya pemberdayaan masyarakat di wilayah mitra menyebabkan rendahnya tingkat pendapatan. Kelompok usaha memiliki potensi dalam membangun perekonomian warga, khususnya usaha bubuk minuman herbal instan “Argiash” yang memiliki bahan baku dan sumber daya yang memadai. Permasalahan yang dihadapi meliputi lemahnya motivasi dan kemampuan SDM pelaku usaha, rendahnya kuantitas dan kualitas produksi, belum adanya standarisasi produk, kurangnya pengetahuan manajemen keuangan, serta sistem pemasaran konvensional yang belum memanfaatkan teknologi informasi seperti e-commerce. Solusi yang diusulkan mencakup peningkatan motivasi dan kapabilitas SDM, pelatihan manajemen produk dan keuangan, serta pengembangan strategi pemasaran berbasis e-commerce. Kegiatan ini mencakup sosialisasi, pelatihan manajerial kewirausahaan, pendampingan pembuatan produk, dan evaluasi kinerja mitra. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelatihan dan pendampingan yang dilakukan berhasil meningkatkan motivasi dan kapabilitas SDM, pengetahuan manajemen keuangan, serta frekuensi dan kapasitas produksi melalui penggunaan aplikasi e-commerce.

 

Abstract. The suboptimal community empowerment in partner areas results in low income levels. Business groups have potential in building the local economy, especially the instant herbal drink powder business "Argiash" which has adequate raw materials and resources. The issues faced include low motivation and skills of entrepreneurs, low production quantity and quality, lack of product standardization, limited financial management knowledge, and conventional marketing systems that do not utilize information technology such as e-commerce. Proposed solutions include enhancing the motivation and capabilities of human resources, product and financial management training, and developing e-commerce-based marketing strategies. Activities include socialization, entrepreneurial managerial skills training, product development assistance, and partner performance evaluation. The results show that the training and mentoring have successfully increased the motivation and capabilities of human resources, financial management knowledge, and the production frequency and capacity through the use of e-commerce applications.


References


Kendari, I. (2023) ‘PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PESISIR Resona : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat Kelurahan Boeara merupakan salah satu Kelurahan yang terletak di Kecamatan Poleang yang dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai mata pencarian seperti kopra sehingga membuat’, 7(1), pp. 133–142.

L.J, H.S. et al. (2022) ‘Pengolahan Limbah Plastik Sebagai Media Tanam Di Sekitaran Kampus Universitas Muhammadiyah Parepare’, Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), pp. 565–568. Available at: https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2467.

PESISIR, P.L.K.M.P.K.T.B.E.D.M.T.H.N.S.D.T.K. (2022) ‘Prosiding 6’, pp. 607–613.

Sidokumpul, D.I.K. et al. (2020) ‘PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMASARAN PRODUK UMKM Pendahuluan Pandemi COVID-19 memiliki dampak sektor ekonomi . Menteri Keuangan Sri jatuh . Kedua , investasi ikut melemah Indonesia Dikarenakan menurunnya kegiatan masyarakat di luar pada suatu usaha . ’, 10(1).

Veza, O. (2019) ‘Perancangan E-commerce Untuk Memperluas Produk Komunikasi di PT. Golden Communication Berbasis Web Mobile’, Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI), 4(1), pp. 95–100. Available at: https://doi.org/10.36352/jt-ibsi.v4i1.180.

Wafiah, A. (2021) ‘JURNAL SINTAKS LOGIKA SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PADA BANK SAMPAH (Study Kasus: Bank Sampah Wirabuana RW 06, Kel.Lapadde, Kec.Ujung, Kota Parepare) Informasi Artikel’, 1(2), pp. 50–53. Available at: https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/sylog?50.

Yusuf, S. and Bahtiar, Y. (2022) ‘ADMINISTRASI DAN KEUANGAN YANG AKUNTABEL Badan Usaha Milik Desa atau Percepatan Pemulihan Ekonomi Desa , arahan Presiden , yakni pertama berbasis SDGs Desa Kemendes PDTT informasi , desa wisata , pencegahan desa tertinggal’, 5(1), pp. 2854–2866.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/resona.v8i1.1787

Article Metrics

Abstract view : 94 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.