PENGEMBANGAN DIGITAL MARKETING PADA AGROINDUSTRI KOPI DI DESA TAPANGO BARAT KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Andi Gunawan R. Chakti, Ansyar Ansyar, Albar Albar

Abstract


Pengabdian Masyarakat ini adalah Digital Economy yang terkait dengan sustainability dan digitalisasi. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah dalam aspek Pemasaran yaitu a.) Pemasaran sistem tradisional (metode penjualan langsung). Belum memaksimalkan pemasaran Online., b.) Penggunaan berbagai Platform pemasaran digital belum dikuasai, c.) Pemasaran dan penjualan produk secara online baru sebatas melalui Whatsapp. d.) Nilai tambah produk relatif rendah. Ini adalah peluang yang besar bagi UMKM untuk mulai memiliki penghasilan dengan memanfaatkan internet. Hal ini dikenal dengan Bisnis Online yang dapat dijalankan dengan memanfaatkan media internet sebagai sarana bekerja membangun dan mengelola bisnis. Hasil Pengabdian yaitu Peningkatan Pendapatan Mitra Sekitar 82%, Mengembangkan kewirausahaan dan manajemen pemasaran digital pada Agroindustri Kopi, Pembuatan toko online di salah satu e-comerce/marketplace dan pengelolaannya.

 Abstract. This Community Service focuses on the Digital Economy related to sustainability and digitalization. The problems faced by our partners are in the Marketing aspect, namely: a) Traditional marketing systems (direct sales methods), which have not maximized online marketing; b) Lack of mastery in using various digital marketing platforms; c) Online marketing and sales of products are limited to WhatsApp; d) The added value of the products is relatively low. This presents a significant opportunity for SMEs to start generating income by leveraging the internet. This is known as Online Business, which can be carried out by utilizing the internet as a means to build and manage a business. The results of the Community Service include an increase in partner income by approximately 82%, the development of entrepreneurship and digital marketing management in the Coffee Agroindustry, the creation of an online store on an e-commerce/marketplace platform, and its management.


References


Utami, Ratih Sistem Aplikasi Keuangan dan Pengembangan Promosi Digital UKM “Resep Iboe” dalam Penerapan Less contact Economy 17 Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan.2021; 5(1), 19-24.

Setiawan, Topan & Fanny Hendro Aryo Putro . (2021). Optimasi Ekonomi Less Contact Melalui Teknik Digital Marketing Pada Industri UMKM di Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali . Intelektiva : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora. 2021;03(04) 1-8.

Chakti, A. Gunawan R, Langkah Membangun Merek/Branding Bisnis; Persepsi Konsumen Secara Keseluruhan Tentang Bisnis Anda Menentukan Posisi Merek Anda, Makassar: Celebes Media Perkasa; 2019.p. 15-17.

Chakti, A. Gunawan R. The Book Of Digital Marketing. Makasar: Celebes Media Perkasa;2019. p. 84-85.

Riga, R., Suryelita, S., Etika, S. B., Suhanah, R. A., & Khairi, V. A. Aktivitas Antibakteri Jamur Endofitik R-2 yang Diisolasi Dari Tumbuhan Sambiloto (Andrographis paniculata). Jurnal Zarah, 2022;10(1), 1-5.

Gunawan R., & Saleh, N. Pengaruh Inovasi Produk, Orientasi Kewirausahaan Dan Kemampuan Usaha Mikro Ke Effect Of Product Market Sensing Ability On Enterprises (MSMEs) In Polewali Mandar District. CLAVIA: Journal of Law. 2021;19(3), 354–374.

Chakti, A. Gunawan R. The Book Of Digital Marketing.Perkasa;2019. p. 84-85.

Ansyar, M.H. Jamil, M. Arsyad. determinan Lembaga Usahatani Organik Di Kabupaten Enrekang. Jurnal E-Business Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar. 2021;2(1), 18-33.

A Ansyar, H Jamil, M Arsyad. Determinant of Non-Organic Farming in Enrekang District of South Sulawesi; Internasional Journal Of Environment, Agriculture and Biotechnology. 2020;3(4) 122-149

Albar, Arif Hidayat, et al. Analisis Hubungan Harga, Promosi Dan Kualitas Layanan




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/resona.v8i1.1769

Article Metrics

Abstract view : 153 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 203 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.