OPTIMALISASI PROGRAM KALIMASADA TERHADAP KEPEMILIKAN KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) DI KELURAHAN WONOREJO KECAMATAN TEGALSARI KOTA SURABAYA
Abstract
Padatnya penduduk di Kelurahan Wonorejo Kecamatan Tegalsari Kota Surabaya membuat kebutuhan identitas kependudukan semakin meningkat. Tidak hanya pada identitas kependudukan pada usia 17 tahun keatas yaitu KTP. Bagi usia <17 tahun yaitu Kartu Identitas Anak (KIA) juga tidak kalah penting sebagai perlindungan pada anak. Namun, kepemilikan KIA di Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Tegalsari belum merata secara optimal. Kurangnya pemahaman orangtua mengenai kepengurusan KIA menjadi salah satu penyebab belum meratanya kepemilikan KIA secara maksimal. Solusi yang dapat diberikan yaitu memberikan edukasi mengenai pentingnya KIA dan tata cara kepengurusan KIA. Metode yang di gunakan yaitu melakukan 1.)pendampingan melalui perangkat wilayah RT Kalimasada sebagai elemen terdekat dengan masyarakat 2.)pendampingan melalui guru untuk memastikan pemerataan kepemilikan KIA pada siswa di wilayah Wonorejo 3.)melakukan monitoring dan evaluasi pada KIA. Tujuan dengan adanya pendampingan yang sudah dilakukan adalah terjadinya peningkatan kepemilikan KIA di wilayah Kelurahan Wonorejo. Dengan harapan semakin banyaknya KIA yang telah dimiliki, maka hak anak dapat terpenuhi.
Â
Abstract. The density of the population in the Wonorejo Village, Tegalsari District, Surabaya City makes the need for a population identity increase. Not only on population identity at the age of 17 years and over, namely KTP. For those aged <17 years, namely the Child Identity Card (KIA) is no less important as a protection for children. However, the ownership of KIA in Wonorejo Subdistrict, Tegalsari District has not been optimally distributed. The lack of understanding of parents regarding the management of KIA is one of the reasons why KIA is not maximally optimal. The solution that can be given is to provide education about the importance of KIA and the procedures for managing KIA. The method used is to 1.) assist through the Kalimasada RT area apparatus as the closest element to the community 2.) assist through teachers to ensure equal distribution of KIA ownership to students in the Wonorejo area 3.) conduct monitoring and evaluation of KIA. The goal with the assistance that has been carried out is to increase the ownership of KIA in the Wonorejo Village area. With the hope that the more KIA they have, the children's rights can be fulfilled.Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adyatama, T., 2022. OPTIMALISASI PELAYANAN PENERBITAN KARTU IDENTITAS ANAK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BALIKPAPAN.
Aulia, N.N., Ismail, H., 2023. IMPLEMENTASI PROGRAM KALIMASADA DALAM PENINGKATKAN TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KELURAHAN KUTISARI KOTA SURABAYA,
Jurnal Penelitian Administrasi Publik.
Brianda, W.O., Hasan, A., 2022. Efektifitas Pelayanan Jemput Bola Kartu Identitas Anak (KIA) Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Payakumbuh. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis (JEBS) 2, 397–410. https://doi.org/10.47233/jebs.v2i1.122
Diah Wahyuningtias, P., Rasyidah, R., 2023. OPTIMASI KALIMASADA DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KECAMATAN GAYUNGAN, KOTA SURABAYA. Communnity Development
Journal 4, 278–283.
Julius Simamora, T., Martua, J., Hukum, F., Asahan, U., Jend Ahmad Yani, J., Sumatera Utara, K., 2019. PENGATURAN HUKUM STATUS ANAK YANG MENDAPAT KARTU IDENTITAS ANAK BERDASARKAN PERMENDAGRI NOMOR 2 TAHUN 2016 TENTANG KARTU IDENTITAS ANAK
(KIA). Jurnal Tectum LPPM Universitas Asahan Edisi 1.
Mukhlis, S., Ferizone, Ismayati, H., 2021. IMPLEMENTASI PROGRAM KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) DI KELURAHAN TELUK LOBAM KECAMATAN SERI KUALA LOBAM KABUPATEN BINTAN.
Permendagri, 2016. Peraturan Menteri dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak.
Pratama, W.O., Maulana, D., 2022. IMPLEMENTASI PROGRAM PELAYANAN KALIMASADA ADMINDUK DITINGKAT RT KOTA SURABAYA.
Suhandes, E., 2022. OPTIMALISASI PENERBITAN KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PAGAR ALAM PROVINSI SUMATERA SELATAN.
UU Nomor 35, 2014. Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

Article Metrics
Abstract view : 35 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 46 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Website Layout end Editing © 2016 Resona Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat on Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo.