IMPLEMENTASI ANDROID BASED E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI ANAK SEKOLAH MINGGU DI LEMBANG NONONGAN, TORAJA UTARA

Matius Tandikombong, Rigel Sampelolo, Aris Kaban Sendana

Abstract


Kegiatan PKM ini dilaksanakan di Jemaat Kanuruan, Lembang Nonogan, Toraja Utara. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini  yaitu 31 orang. Kegiatan ini dilakukan 3 kali dalam seminggu selama 2 bulan. Kegiatan PKM ini disambut baik oleh warga jemaat dan sangat mendukung kegiatan ini. Jemaat  juga ikut memfasilitasi kegiatan ini dengan menyiapkan tempat kegiatan  dan Mendorong anak sekolah minggu untuk mengikuti kegiatan ini. Adapun proses pembelajaran menggunakan game offline berbasis aplikasi android.  Adapun hasil kegiatan ini yaitu meningkatnya motivasi peserta untuk belajar bahasa inggris, meningkatnya kemampuan berbahasa bahasa inggris seiring dengan meningkatnya kosakata mereka setelah mengikuti pelatihan. Ada perbedaan nilai rata-rata yang cukup jauh sebelum dan sesudah mengikuti latihan dari lima aspek yang dinilai. Nilai kosakata meningkat dari nilai rata sebelum pelatihan yaitu 30 meningkat menjadi 83,3 setalah mengikuti pelatihan, Speaking juga mengalami peningkatan dari 36,6 menjadi 86,6, kemudian nilai grammar dari 23,3 meningkat menjadi 80,  sementara nilai reading 30 meningkat menjadi 80.

 

Abstract. This PKM activity was held at the Kanuruan Congregation, Lembang Nonogan, North Toraja. The number of participants who took part in this activity were 31 people. This activity was carried out 3 times a week for 2 months. This PKM activity was welcomed by the congregation members and very supportive of this activity. The congregation also facilitated this activity by preparing the activity site and encouraging Sunday school children to take part in this activity. The learning process uses offline games based on Android applications. The results of this activity are increasing the motivation of participants to learn English, increasing their ability to speak English along with increasing their vocabulary after attending the training. There is a significant difference in the average score before and after taking part in the five aspects assessed. Vocabulary scores increased from the average score before the training, which was 30, increased to 83.3 after attending the training. Speaking also increased from 36.6 to 86.6, then grammar scores increased from 23.3 to 80, while reading scores increased from 30 to 80


References


Dwihartanti, M., & Nur Faizah, N. (2019). Pentingnya Penguasaan Bahasa Inggris Bagi Pelaksanaan Tugas Rutin Sekretaris. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 15(1), 28–35. https://doi.org/10.218Jemaat Kanuruan, Lembang Nonogan, Toraja Utara/efisiensi.v15i1.24483

Kember, D. (2016). Understanding the Nature of Motivation and Motivating Students through Teaching and Learning in Higher Education. In Understanding the Nature of Motivation and Motivating Students through Teaching and Learning in Higher Education. https://doi.org/10.1007/978-981-287-883-0

Lutfiansyah. (2016). Penggunaan Aplikasi Mobile Pembelajaran Bahasa Inggris Android Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Eduscience, 2(1), 16–21.

Ningsih, H. D. P. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Media Batang Es Krim. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 7(1), 57–64. https://doi.org/10.21009/jiv.0701.5

Ramadhanti, S., Nursehan, S. P., & Abdullah, R. (2019). Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Mobile-Assisted Language Learning (Mall) Untuk Generasi Neo-Milenial. Pkm-P, 3(2). https://doi.org/10.32832/pkm-p.v3i2.476

Safaat, N., & Yanti, N. (2015). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Platform Android. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi Dan Industri (SNTIKI), 7(November), 2085–9902.

Sasmitha, I., & Thamrin, H. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris Dengan Aplikasi Duolingo Sebagai Media Interaktif di Rumah Pintar YAFSI. 732–737.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/resona.v7i1.1509

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.