PENDAMPINGAN TATA KELOLA BUMDES DAN UMKM DALAM PEMBUATAN, PENGEMBANGAN DAN PEMASARAN PRODUK BUMDES RANDUREJO

Aditya Dwi putro Wicaksono, Cahyo Prihantoro, Nicolaus Euclides Wahyu. N, Wahyu Nurfida. A, Fadiana Fadiana, Tsania Finka. D

Abstract


BUMDes Randurejo Salah satu Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) mengalami dampak selama pandemi COVID-19, yang tercermin dari penurunan pendapatan sebesar 45%. Keadaan tersebut disebabkan oleh penggunaan metode pemasaran konvensional yang masih diterapkan oleh BUMDES Randurejo sampai saat ini. Ketidakhadiran situs web atau keberadaan di platform media sosial yang terkait dengan unit usaha BUMDES Randurejo telah menjadi penyebab mengapa BUMDES ini tidak mengalami perkembangan dan kurang dikenal oleh masyarakat luas. Dengan menggunakan pendekatan pemberdayaan masyarakat, diharapkan bahwa pengabdian ini dapat mengubah kondisi masyarakat menjadi lebih mandiri, produktif, dan sejahtera. Dari evaluasi awal terhadap permasalahan yang ada, tim pengabdi telah memberikan pendampingan dalam proses pembuatan situs web, pengelolaan media sosial, serta memberikan pelatihan dalam tata kelola media, pemasaran digital, dan penggunaan platform marketplace. Tim pengabdi juga telah menginisiasi kerja sama strategis antara BUMDES Randurejo dengan Institut Teknologi Telkom Purwokerto dalam upaya Pelaksanaan Pengelolaan dan Pendampingan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.  

 

Abstract. BUMDes Randurejo is one of the BUMDes that was affected during the COVID-19 pandemic. The impact can be seen from the decrease in income by 45%.   This happened because so far BUMDES Randurejo still uses conventional methods in marketing. There is no website or social media related to the Randurejo BUMDES business unit, making this BUMDES undeveloped and unknown to many people. Through the community empowerment approach, this service is expected to change the existence of the community to become more independent, productive and prosperous. Based on the results of the initial assessment of the problem, the service team has provided assistance in making websites, social media, mentoring and training in media governance, digital marketing and marketplaces. In addition, the service team also initiated a strategic collaboration between BUMDES Randurejo and the Telkom Purwokerto Institute of Technology in the implementation of Information and Communication Technology-Based Management and Assistance.


References


ANTARA. (2020). Penyebab BUMDes Mampu Bertahan saat Pandemi Covid-19 - Nasional Tempo.co. https://nasional.tempo.co/read/1367196/penyebab-10-026-bumdes-mampu-bertahan-saat-pandemi-covid-19

Handajani, L., Abidin, Z., & Pituringsih, E. (2021). Pendampingan Perintisan Usaha BUMDes untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Peteluan Indah. Abdi Insani, 8(1), 10–17. https://doi.org/10.29303/ABDIINSANI.V8I1.362

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, bphn.go.id (2014). http://www.bphn.go.id/data/documents/14uu006.pdf

Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Pendirian, Pengurusan Dan Pengelolaan, Dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa, (2015) (testimony of JDIH KEMENDESA).

Karinda, T., Waworundeng, W., & Kimbal, A. (2020). Tata Kelola Badan Usahan Milik Desa (BUMDes). JURNAL POLITICO, 9(3). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/politico/article/view/32097

Rosyada, A., Zainuddin, A., Andriyani, S., & Wibowo, P. A. (2019). Pendampingan Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Kendalasem Wedung Demak. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 235–243. https://doi.org/10.31849/DINAMISIA.V3I2.3292

Veranita, M., Almamalik, L. and Ikhsan, S., 2022. Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial oleh UMKM Di Era Pandemi. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), pp.89-96.

Saputra, D. and Ulyana, D., 2021. Pelatihan Design Logo Sebagai Upaya Menanamkan Kesadaran Merek Bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Air Itam. IKRAITH-ABDIMAS, Vol 4 No 1, pp.74-80.

Rahmat Gunawan, Rini Malfiany and Hamdan Yosep Pane, 2021. Penerapan Digital Marketing dalam Strategi Pemasaran Ukm Rempeyek Nok UusDengan Video Cinematic Didukung Motion Grafis. Pixel :Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 14(1), pp.25-36.

Prameswari, N., 2018. STRATEGI BRANDING INOVASI DESAIN KEMASAN BAGI HOME INDUSTRY SABUN CAIR. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia), 3(02), p.179.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/resona.v7i2.1484

Article Metrics

Abstract view : 60 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.