PENINGKATAN KAPASITAS DALAM KOMUNIKASI BISNIS BAGI PELAKU INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH (IKM) DI LOMBOK TENGAH, NUSA TENGGARA BARAT
Abstract
Pengabdian masyarakat ini mengambil konsep pelatihan komunikasi bisnis bagi masyarakat pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan penguatan kepada masyarakat untuk dapat bangkit pasca covid-19 dengan belajar kembali mengenai teknik komunikasi, interpretasi serta menganalisa tren dari segementasi pasar yang saat ini banyak diminati. Metode pelaksanaan kegiatan berupa seminar/workshop yang dilaksanakan selama satu hari penuh dan mendatangkan sekitar 45 orang peserta. Hasil dari kegiatan ini yakni; masyarakat telah mampu melakukan komunikasi bisnis, interpretasi produk dan melakukan praktik (Role Play) untuk meningkatkan jumlah pendapatan.
Abstract. This community service takes the concept of business communication training for the Small and Medium Industry (IKM) community in Central Lombok , West Nusa Tenggara. The purpose of this activity is to provide reinforcement for the community to be able to rise after Covid-19 by learning again about communication techniques, interpretation, and analysis trends from market segmentation which are currently in great demand. The method of implementing the activities is in the form of seminars/workshops which are held for one full day and bring in about 45 participants. The results of this activity are; that the community has been able to carry out business communication, product interpretation, and practice (Role Play) to increase the amount of income
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abadi, G. gan A. (2017). Strategi Komunikasi Bisnis Untuk Mencapai Tujuan Pemasaran (Studi Kasus Pada Concept Photography Serang). In Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Vol. 1). Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Andriani, N. (2020). Strategi Komunikasi Bisnis Mini Market Islam sebagai Pendidikan Kemandirian Santri. Jurnal Al-Hikmah, 18(2), 157–168. https://doi.org/10.35719/alhikmah.v18i2.32
Asriadi, A. A., Akib, E., & Bakri, R. A. (2021). PELATIHAN BAHASA INGGRIS BAGI PEDAYUNG PERAHU JOLLORO DI OBJEK WISATA RAMMANG-RAMMANG MAROS. 4, 696–706.
Astuti, A. P., Romadhoni, N. A., Hakim, A. R., & Arianto, T. (2022). PELATIHAN PEMASARAAN PRODUK JAMU HERBAL UMKM JALUMAS DESA CINGEBUL MENGGUNAKAN E-COMMERCE SHOPEE. 5, 1313–1321.
Baker, M. A., & Kim, K. (2020). Dealing with customer incivility: The effects of managerial support on employee psychological well-being and quality-of-life. International Journal of Hospitality Management, 87(March 2019), 102503. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2020.102503
Cahyono, H. (2019). PERAN MAHASISWA DI MASYARAKAT. Jurnal Pengabdian Masyarakat Setiabudhi, 1, 32–43. https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/DeBode%0A
Ismail, H., Saiful, Sumirna, Asriadi, A. A., & Bakri, R. A. (2022). Budidaya Tanaman Karet Sebagai Upaya Peningkatan Ketahanan Ekonomi Masyarakat Pasca Pandemic Covid 19 di Kelurahan Ballsaraja. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vo. 5(No.1), Hal. 408-415 ISSN : 2598-1226.
Julianto, F. T. (2016). Analisis Pengaruh Jumlah Industri Besar Dan Upah Minimum Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kota Surabaya. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 229–256.
Karyati, A. (2018). Efektivitas Metode Role Play Menggunakan Role Card Pada Pembelajaran Kaiwa Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara.
Krisnayana, R. (2016). Peran Komunikasi Bisnis Dalam Strategi Bisnis. Dialektika, 3(1), 1–19. http://journal.unla.ac.id/index.php/dialektika/article/view/290
Lahmi, A., & Ritonga, M. (2022). Pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi penghulu sebagai tenaga fungsional. 5, 1578–1585.
Marwiyah, S., Novita, L., & Mariana, D. (2022). PENDAMPINGAN MAHASISWA DALAM PENGEMBANGAN E- LEADERSHIP PADA MANAJEMEN PEMASARAN DIGITAL PRODUK. 2(1), 1–6.
Mulyana, H., & Kemala, Z. (2022). Pola Komunikasi Interpersonal Pramuwisata di Keraton Kasepuhan Cirebon Jawa Barat. Tourism Scientific Journal, 7(1), 86–96. https://doi.org/10.32659/tsj.v7i1.152
Putra, I. A., Wulandari, K., Harun, L., & ... (2021). Peningkatan Kualitas dan Kekompakan Pemuda di Desa Brangkal melalui Kegiatan Seminar Motivasi Kepemudaan. Jumat Pendidikan …, 2(1). http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/1157%0Ahttps://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/download/1157/590
Ratnasari, A., & Kirwani. (2013). Peranan Industri Kecil Menengah (Ikm) Dalam Penyerapan Tenaga Kerja Di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(3), 1–17. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/download/3625/6221
Santosa, A. (2020). Pengembangan Ekonomi Kreatif Industri Kecil Menengah Kota Serang Di Masa Pandemi Covid-19. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1257. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i11.1770
Seri Hartati, Amir Syamsuadi, & Luluk Elvitaria. (2021). Keterlibatan Mahasiswa dan Akademisi dalam Pengabdian Masyarakat Menghadapi Pandemi Covid-19. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 474–480. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.5307
Trenggonowati, D. L., Kulsum, K., Katili, P. B., Ridwan, A., Ulfah, M., Muharni, Y., Ferdinant, P. F., Febianti, E., Gunawan, A., & Wahyuni, N. (2019). Upaya Peningkatan Produktivitas Di Ikm Bakpao Xyz. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, September 2019, 1–7.

Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Website Layout end Editing © 2016 Resona Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat on Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo.