PROGRAM OUTDOOR ENGLISH MEETING CLUB (OEMC) DALAM MENDUKUNG AKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA PADA KELOMPOK BELAJAR “AELBE ENGLISH PRIVATE”

Khadijah Maming, Sudarmanto Sudarmanto

Abstract


Di era normal baru pandemi Covid-19 saat ini, siswa mengalami keterbatasan dan keluhan dalam proses pembelajaran jarak jauh atau aktivitas belajar di rumah terkhusus pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Mereka membutuhkan fasilitas berupa aktivitas pembelajaran langsung dan praktek untuk memacu keterampilan berbicara dan menulis Bahasa Inggris. Salah satu program pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang dilakukan adalah menyajikan lingkungan dan suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, asyik, terbuka dan divariasikan dengan games yang berbasis pembelajaran kolaboratif. Dalam hal ini, penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual yang dikemas dalam Outdoor English Meeting Club (OEMC). Program OEMC dilaksanakan di sekitar kawasan wisata yang menarik. Program tersebut diawali dengan Opening Ceremony, Self Introduction, Conversation and Dialogue Practice, Guessing Words, Writing Practice, Quiz, Singing, and Closing Ceremony. Hasil yang dicapai dari PkM ini adalah kemampuan siswa sudah tergolong baik dalam mempraktekkan kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris secara lisan dalam berdialog singkat meskipun masih dengan pengucapan dan struktur yang belum sempurna. perubahan yang signifikan juga terlihat pada diri anak-anak kelompok bimbingan belajar tersebut, dalam hal ini meningkatnya keinginan dan motivasi belajar mereka. Hal ini terlihat jelas ketika pelaksanaan program OEMC ini di lapangan, anak-anak sangat antusias dan bersemangat belajar. Rasa kepercayaan diri dan keberanian mereka dalam berbahasa Inggris juga meningkat.

 

Abstract. Abstract. In the new normal era of the current Covid-19 pandemic, students experience limitations and complaints in the remote instruction process or learning activities at home, especially in English subjects. They need facilities in the form of direct and practical learning activities to enhance their English speaking and writing skills. One of the community service programs carried out is to provide an active, creative, fun, open and varied learning environment and atmosphere with collaborative learning-based games. In this case, the application of a contextual learning approach is packaged in the Outdoor English Meeting Club (OEMC). The OEMC program is implemented around attractive tourist areas. The program begins with the opening ceremony, self-introduction, conversation and dialogue practice, guessing words, writing practice, quiz, singing, and closing ceremony. The results achieved from this program are that the students' ability is quite good in practicing their English communication skills orally in terms of short dialogues, although still with imperfect pronunciation and structure. Significant changes were also seen in the children in the tutoring group, in this case increasing their desire and motivation to learn. This can be seen clearly when the implementation of the OEMC program in the field, the children are very enthusiastic and eager to learn. Their confidence and courage in English competence also getting improvement.


References


Brown, H. Douglas. 2001. Teaching by Principles. An Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum Balitbang Diknas.

Gorys Keraf. 2009. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia.

Harmer, Jeremy. 2007. How to Teach English. Essex: Pearson Education Limited.

Maming, Khadijah & Maryam, St. 2017. Ibm Penguasaan Practical English dengan Memfasilitasi “A Self Study Book of English Daily Conversations and Words” Kepada Siswa-Siswi di Kelurahan Lapadde Kota Parepare. Jurnal Dedikasi Masyarakat. Volume 1(1), 31-41. Dikutip dari https://jurnalpertanianumpar.com/index.php/jdm/article/view/228.

Pratiwi, R. Widya. 2020. Jejak Sang Pemimpi: Cerita dari Kampung Inggris Pare. Jakarta: Caraka Publishing.

Riyanto, Slamet. 2004. Gateway, English for Active Communication. Yogyakarta: Haitamy el-Jaid.

Simanjuntak, Herpinus. 2014. Daily Conversation + Words English. 2014. Jakarta Pusat: Kesaint Blanc.

Sudjana, H. D. 2001. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipasif Dalam Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Falah Production.

Suhartono. 2005. Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Suyanto, Kasihani. 2008. English for Young Learners. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/resona.v7i1.1022

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.