Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Jumlah Pelanggan pada Hotel Remaja di Kabupaten Luwu Utara

Salju Salju, Lanteng Bustami

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis raktor-faktor yang berpengaruh Terhadap Jumlah Pelanggan Pada Hotel Remaja di Kabupaten Luwu Utara. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian explanatory dan menggunakan metode survey. Populasi penelitian adalah konsumen/pelanggan yang menggunakan jasa layanan Hotel Remaja di Kabupaten Luwu Utara. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan purposive sampling dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 60 orang. Metode analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan Regresi Linier Berganda, dimana variabel bebasnya terdiri dari Harga, Pelayanan, fasilitas, dan Kenyamanan sedangkan untuk variabel dependen yaitu Jumlah Pelanggan. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan (Uji F) variabel Harga, Fasilitas, dan Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen/variabel terikat yaitu Jumlah Pelanggan. Sedangkan untuk (Uji t) diketahui bahwa tingkat signifikan untuk masing-masing variabel yaitu (Harga = 0,018), (Fasilitas = 0,044), dan (Pelayanan = 0,041). Dari hasil tersebut ternyata variabel Pelayanan yang berpengaruh positif signifikan dan memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap Jumlah Pelanggan dengan besaran nilai koefisien regresi masing-masing yaitu (Harga = (-0,362) atau 36,2%), (Fasilitas = 0,276 atau 27,6%), dan (Pelayanan = 0,306 atau 30,6%), dengan demikian hipotesis dalam
penelitian ini yang menduga bahwa harga, fasilitas, dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Jumlah Pelanggan Pada Hotel Remaja Di Kabupaten Luwu Utara adalah terbukti kebenarannya.

References


Arikunto, Suharsimi. 1993. Manjemen Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo. Persada.Bumi Aksara.

Buchari, Alma. 2000. Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta.

Kertajaya, Hermawan. 2009. New Wave Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka. Utama.

Kotler. Phillips. 2000, “Manajemen Jasaâ€, Edisi Indonesia, Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

___________. 2002. Manajemen Pemasaran (Edisi Milenium). Jakarta: PT Prenhalindo.

Tjiptono, Fandy, 1997. Strategi Pemasaran. Yogyakarta:Andi ofset.

__________. 2006. Manajemen Pelayanan Jasa. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Handi, Irawan D. 2009. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Malhotra, N.K. 1996. Marketing Research:An Applied Orientation. 2nd ed. New Jersey:Prentice Hall




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/je001.v4i1.9

Article Metrics

Abstract view : 271 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times



 

 

Indexing In

 

Tools