PENGARUH KULAITAS PELAYANAN SALESMAN TERHADAP KEPERCAYAAN PELANGGAN PADA PT. KALBE FARMA TRADING DAN DISTRIBUTION DI KOTA PALOPO
Abstract
Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan data salesman dan pelanggan serta data pendukung lainnya pada PT. Kalbe Farma Trading dan Dsitribution di Kota Palopo. Pengambilan sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 responden dan menggunakan metode proporsional random sampling (acak proporsional). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan diolah dengan menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows.
Hasil analisis menggunakan regresi linear sederhana dapat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan salesman berpengaruh positif terhadap kepercayaan pelanggan pada PT. Kalbe Farma Trading dan Distribution di Kota Palopo. Kemudian uji parsial Kualitas Pelayanan Salesman di mana nilai probabilitas sig. (0.00) lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari kualitas pelayanan terhadap kepercayaan pelanggan. Sedangkan hasil analisis menggunakan koefisien determinasi diketahui bahwa 48,8%, variabel kepercayaan pelanggan dapat dijelaskan oleh variasi dari variabel kualitas pelayanan, sedangkan 51,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.
Kesimpulannya adalah bahwa kualitas pelayanan salesman yang perlu dipertahankan pelaksanaannya adalah pelayanan yang cepat dan tepat, tingkat pelayanan yang diberikan sesuai harapan, tanggap menghadapi masalah, tanggap terhadap keluhan pelanggan, pelayanan sopan dan menghubungi perusahaan jika terjadi masalah.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anonim. 2005. Kamus Istilah Manajemen. Jakarta : Balai Aksara.
Bruhn, Manfred, 2003, Relationship Marketing: Management of Customer
Relationship, Prentice Hall, England.
Damin , Sudarwan, 2004, Metode Penelitian Untuk Ilmu-Ilmu Perilaku, Jakarta, Bumi Aksara.
Dharmmesta, Basu Swastha, 2005 “Kontribusi involvement dan trust in a brand dalam membangun loyalitas pelangganâ€. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 20 No. 3, 2005, hal. 287-304
Foster, R V, Timothy. 2002. Custimer Care, Memberikan Perhatian Kepada Pelanggan. Jakarta: Elex Media Computindo Kelompok Gramedia
Jefkins, Frank. 2001. Periklanan. Jakarta : Erlangga
Karsono. 2007. Jurnal Bisnis & Manajemen, Vol.7, No. 1, 2007, hal. 93-110
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 1997. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta : Prenhallindo
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori Dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat
Purnomo, Sugeng Dwi. 2008. “ Analisis Pengaruh Produk, Pelayanan dan Kerbersihan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Fast Food pada (KFC) Citraland Mall Semarangâ€. Skripsi Fakultas Ekonomi Undip
.
Rangkuti, Freddy. 2008. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Riana, Gede. 2008. “Pengaruh trust in a brand terhadap brand loyality pada konsumen air minum aqua di kota Denpasarâ€. Buletin studi ekonomi, Vol. 13, No. 2, 2008, hal. 184-202
Sugiyono. 2005. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta
Umar, Husain. 2003. Riset Akuntansi. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama
Winardi. 1998. Kamus Marketing. Bandung : Tarsito
DOI: http://dx.doi.org/10.35906/je001.v1i1.49
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Website Layout and Editing © 2016 Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi on Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo.
Â
Â
Indexing In
Â
Tools