PENGARUH KULAITAS PELAYANAN SALESMAN TERHADAP KEPERCAYAAN PELANGGAN PADA PT. KALBE FARMA TRADING DAN DISTRIBUTION DI KOTA PALOPO

Abdullah Abdullah, I Ketut Patra, Halim Halim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Salesman Terhadap Kepercayaan Pelanggan Pada PT. Kalbe Trading dan Distribution di Kota Palopo

Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan data salesman dan pelanggan serta data pendukung lainnya pada PT. Kalbe Farma Trading dan Dsitribution di Kota Palopo. Pengambilan sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 responden dan menggunakan metode proporsional random sampling (acak proporsional). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan diolah dengan menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows.

Hasil analisis menggunakan regresi linear sederhana dapat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan salesman berpengaruh positif terhadap kepercayaan pelanggan pada PT. Kalbe Farma Trading dan Distribution di Kota Palopo. Kemudian uji parsial Kualitas Pelayanan Salesman di mana nilai probabilitas sig. (0.00) lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari kualitas pelayanan terhadap kepercayaan pelanggan. Sedangkan hasil analisis menggunakan koefisien determinasi diketahui bahwa 48,8%, variabel kepercayaan pelanggan dapat dijelaskan oleh variasi dari variabel kualitas pelayanan, sedangkan 51,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Kesimpulannya adalah bahwa kualitas pelayanan salesman yang perlu dipertahankan pelaksanaannya adalah pelayanan yang cepat dan tepat, tingkat pelayanan yang diberikan sesuai harapan, tanggap menghadapi masalah, tanggap terhadap keluhan pelanggan, pelayanan sopan dan menghubungi perusahaan jika terjadi masalah.

References


Anonim. 2005. Kamus Istilah Manajemen. Jakarta : Balai Aksara.

Bruhn, Manfred, 2003, Relationship Marketing: Management of Customer

Relationship, Prentice Hall, England.

Damin , Sudarwan, 2004, Metode Penelitian Untuk Ilmu-Ilmu Perilaku, Jakarta, Bumi Aksara.

Dharmmesta, Basu Swastha, 2005 “Kontribusi involvement dan trust in a brand dalam membangun loyalitas pelangganâ€. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 20 No. 3, 2005, hal. 287-304

Foster, R V, Timothy. 2002. Custimer Care, Memberikan Perhatian Kepada Pelanggan. Jakarta: Elex Media Computindo Kelompok Gramedia

Jefkins, Frank. 2001. Periklanan. Jakarta : Erlangga

Karsono. 2007. Jurnal Bisnis & Manajemen, Vol.7, No. 1, 2007, hal. 93-110

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 1997. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta : Prenhallindo

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori Dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat

Purnomo, Sugeng Dwi. 2008. “ Analisis Pengaruh Produk, Pelayanan dan Kerbersihan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Fast Food pada (KFC) Citraland Mall Semarangâ€. Skripsi Fakultas Ekonomi Undip

.

Rangkuti, Freddy. 2008. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Riana, Gede. 2008. “Pengaruh trust in a brand terhadap brand loyality pada konsumen air minum aqua di kota Denpasarâ€. Buletin studi ekonomi, Vol. 13, No. 2, 2008, hal. 184-202

Sugiyono. 2005. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta

Umar, Husain. 2003. Riset Akuntansi. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama

Winardi. 1998. Kamus Marketing. Bandung : Tarsito




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/je001.v1i1.49

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times



 

 

Indexing In

 

Tools