CAPAIAN KINERJA PEMASARAN BERBASIS MARKETING TERINTEGRASI MELALUI ANALISIS PATH PADA UKM INDUSTRI PARIWISATA DI JAWA TIMUR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini didasarkan pada Rencana Induk Riset Nasional, penguatan strategi, dan optimalisasi pengembangan industri pariwisata. Aspek kepariwisataan adalah pilar dalam pembangunan yang memberikan keanekaragaman, kekhasan budaya dan alam, serta memenuhi kebutuhan manusia berwisata. Industri pariwisata berperan penting dalam meningkatkan perekonomian, dengan kontribusi 9% pada GDP dan sebagai sumber utama devisa. Kemajuan pariwisata menciptakan peluang kesejahteraan yang besar. UKM industri pariwisata, sebagai penyumbang PDB terbesar saat ini, memerlukan pemberdayaan yang mutlak untuk meningkatkan perekonomian. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah optimalisasi strategi manajemen sumber daya manusia yang bekerja sama dengan formulasi strategi pemasaran terintegrasi. Strategi MSDM dan marketing terintegrasi merupakan faktor dominan dalam mencapai tujuan. Penelitian ini dilakukan pada 440 UKM Industri Pariwisata di Jawa Timur, dengan 1320 karyawan sebagai responden dengan 2 tahap proses penarikan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran spiritual berkontribusi terhadap orientasi pasar yang kuat. Pemasaran spiritual memungkinkan UKM untuk memahami kebutuhan, keinginan, dan nilai-nilai spiritual pelanggan dengan lebih baik. Orientasi pasar yang baik mendukung keunggulan bersaing UKM. Melalui pemahaman yang mendalam tentang pasar dan responsivitas terhadap perubahan pasar, UKM dapat menyesuaikan strategi bisnis, melakukan segmentasi pasar yang tepat, dan mengembangkan diferensiasi yang relevan. Keunggulan bersaing berkontribusi terhadap kinerja pemasaran yang baik. Keunggulan bersaing membantu UKM dalam meningkatkan kesadaran merek, keterlibatan pelanggan, loyalitas, dan kepuasan pelanggan.
Kata Kunci: Pemasaran Spiritual, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, dan Kinerja Pemasaran
Abstract
This research is based on the National Research Master Plan, strengthening strategies, and optimizing the development of the tourism industry. The tourism aspect is a pillar in development that provides diversity, cultural and natural distinctiveness, and fulfills the human need to travel. The tourism industry plays an important role in improving the economy, with a 9% contribution to GDP and as a major source of foreign exchange. The advancement of tourism creates great welfare opportunities. SMEs in the tourism industry, as the largest contributor to GDP today, require absolute empowerment to improve the economy. One aspect that needs attention is the optimization of human resource management strategies that work together with the formulation of integrated marketing strategies. HRM and integrated marketing strategies are dominant factors in achieving goals. This research was conducted on 440 Tourism Industry SMEs in East Java, with 1320 employees as respondents with a 2-stage sampling process. The results showed that spiritual marketing contributes to strong market orientation. Spiritual marketing enables SMEs to better understand customers' needs, wants and spiritual values. Good market orientation supports an SME's competitive advantage. Through a deep understanding of the market and responsiveness to market changes, SMEs can adjust business strategies, conduct appropriate market segmentation and develop relevant differentiation. Competitive advantage contributes to good marketing performance. Competitive advantage helps SMEs in increasing brand awareness, customer engagement, loyalty, and customer satisfaction.
Keywords: Spiritual Marketing, Market Orientation, Competitive Advantage, and Marketing Performance
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdillah, Y. (2016). Inovasi dan pengembangan produk UKM handikraf untuk pasar pariwisata di Bali. Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 10(2), 52–65.
Afifah, A., & Dewi, R. K. (2022). MARKET ORIENTATION AND TECHNOLOGY ORIENTATION: AN EMPIRICAL STUDY ON HOMESTAY BUSINESS IN WEST SUMATERA. Jurnal Pariwisata Pesona, 7(1).
Azizah, U., & Maftukhah, I. (2017). Pengaruh kemitraan dan orientasi pelanggan terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing. Management Analysis Journal, 6(2), 206–213.
Bui, T. T. H., Jambulingam, M., Amin, M., & Hung, N. T. (2021). Impact of COVID-19 pandemic on franchise performance from franchisee perspectives: the role of entrepreneurial orientation, market orientation and franchisor support. Journal of Sustainable Finance & Investment, 1–19.
Chawla, V., & Guda, S. (2017). Salesperson’s spirituality: impact on customer orientation and adaptability. Marketing Intelligence & Planning.
Dewi, N. M. P., & Ekawati, N. W. (2017). Peran Keunggulan Bersaing Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. Udayana University.
Fahriyah, A., & Yoseph, R. (2020). Keunggulan kompetitif spesial sebagai strategi keberlanjutan UKM di Era New Normal. Prosiding Seminar Stiami, 7(2), 104–110.
Kememparkraf. (2019). https://www.kemenparekraf.go.id/post/konsep-indonesia-kreatif/.
Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2021). Marketing management: an Asian perspective.
Kusuma, N. T. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Ukm Di Provinsi Yogyakarta. Jurnal UMKM Dewantara, 1(2), 51–55.
Lekmat, L., Selvarajah, C., & Hewege, C. (2018). Relationship between Market Orientation, Entrepreneurial Orientation, and Firm Performance in Thai SMEs: The Mediating Role of Marketing Capabilities. European Journal of Pediatric Dermatology, 28(4).
Lindiawati, I., Harahap, H., & Mardiana, S. (2021). Analisa Strategi E-Marketing Dinas Koperasi Ukm Kota Medan Terhadap Ukm Binaan Di Tengah Pandemi Covid-19 Tahun 2020. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 3(1), 14–29.
Mohamed Elias, E., Othman, S. N., & Yaacob, N. A. (2017). Relationship of spirituality leadership style and SMEs performance in halal supply chain. International Journal of Supply Chain Management (IJSCM), 6(2), 166–176.
ONWTO. (2019). https://www.bps.go.id/publication/2019/07/04/daac1ba18cae1e90706ee58a/.
Satyawati, N. M. D. (2019). Peran Inovasi Produk dan Orientasi Pasar Dalam Mencapai Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Melalui Kinerja Pemasaran Pada UKM di Desa Nagasepaha. ARTHA SATYA DHARMA, 12(2), 79–95.
Silalahi, R. J. G., & Simanjuntak, M. (2021). Peningkatan Kinerja Pemasaran UMKM Pariwisata melalui Orientasi Pasar dan Strategi Competitive Advantage bagi Pemulihan Sektor Pariwisata di Kabupaten Toba Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis, 1, 47–57.
Utaminingsih, A. (2016). Pengaruh orientasi pasar, inovasi, dan kreativitas strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada UKM kerajinan rotan di desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(2).

Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Website Layout and Editing © 2016 Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi on Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo.
Indexing In
Tools