EFEKTIVITAS BANTUAN PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) TERHADAP MOTIVASI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 40 KOTA BANDUNG
Abstract
Abstrak
Peningkatan presentase penduduk miskin di Indonesia sebesar 0.41% menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah, terutama dalam menyelesaikan permasalahan di bidang pendidikan. Kondisi pendidikan di penduduk menengah ke bawah masih memprihatinkan, sehingga memunculkan adanya harapan untuk pendidikan tidak terputus bagi seluruh lapisan masyarakat. Bantuan biaya pendidikan diharapkan dapat membantu pengalokasian biaya pendidikan baik secara langsung maupun tak langsung yang memberi dampak pada motivasi peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis efektifitas bantuan PIP terhadap motivasi peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif. Pengumpulan data dengan cara wawancara dan kuisioner dengan jumlah sampel sebanyak 23 responden. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dengan menggunakan bantuan software SPSS for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas bantuan PIP sebesar 67,5%. Efektifitas bantuin PIP berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Kota Bandung. Kata Kunci: Efektivitas, Motivasi SiswaAbstract
The increase of percentage of poor people in Indonesia by 0.41% become a challenge for the government, especially in overcoming problems in the education field. The condition of education for middle-to-lower community in the country still needs to be concerned, thus leading to the hope for continuous education for all parts of the community. Education costs assistance is expected to help allocate education costs both directly and indirectly which have an impact on student motivation. The purpose of this study was to analyze the effectiveness of PIP assistance on the motivation of students at 40 Public Junior High School, Bandung City. The method used in this study is a quantitative method. Data collection by means of interviews and questionnaires with a total sample of 23 respondents. The data were then analyzed using simple regression analysis using SPSS for Windows software. The results showed that the effectiveness of PIP assistance was 67.5%. The effectiveness of PIP assistance has a positive and significant effect on the motivation of students at Public Junior High School 40 Bandung City.
Keywords: Effectiveness, Student Motivation
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Amalia Putri Tanjung, A., Masnila, N., & Mubarok, M. H. (2022). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, Dan Partisipasi Orang Tua Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada SD Dan SMP Di Kota Prabumulih. Jurnal Health Sains, 3(8). https://doi.org/10.46799/jsa.v3i8.466
Angelina, F., Haryono, P. M. B., & Fushen, F. (2022). Pengaruh Kerjasama Tim dan Komitmen Organisasi Terhadap Efektivitas Program Penyaluran Bantuan Sosial yang Dimediasi oleh Perilaku Kewargaan Organisasi Pada Yayasan Buddha Tzu Chi (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng). Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 6(1). https://doi.org/10.52643/marsi.v6i1.1961
BPS Indonesia. (2020). STATISTIK Profil Kemiskinan di Indonesia. Profil Kemiskinan Di Indonesia Maret, 07(56).
Djoyosuroto, R. S. (2018). Impelementasi Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) di SMA Negeri 2 Dumoga. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Publik, 1(1), 15–30.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 83.
Hasan, N. F. (2017). Efektivitas Penggunaan Dana Bantuan Pendidikan (Studi Kasus pada Siswa Peserta PIP dari Keluarga Peserta PKH di SDN Jogosatru Sidoarjo). MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 4(1), 1–18.
Machali, I., & Hidayat., A. (2018). The Handbook of Management (Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia) (Issue 3). Kencana Prenadamedia Group.
Mogalana, B. D., Purwanti, D., & Basori, Y. F. F. Y. (2020). Pengaruh Efektivitas Pemberian Tunjangan Kinerja Terhadap Produktivitas Kinerja Pegawai. Jurnal Governansi, 6(2), 63–72. https://doi.org/10.30997/jgs.v6i2.3058
Petunjuk Pelaksanaan Program Indonesia Pintar. (2017).
Putri, W. A., Fitriani, R., Setya Rini, E. F., Aldila, F. T., & Ratnawati, T. (2021). Pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa IPA di SMAN 6 Muaro Jambi. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(3). https://doi.org/10.30998/sap.v5i3.7760
Rohaeni, N. E., & Saryono, O. (2018). Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) Melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam Upaya Pemerataan Pendidikan. Journal of Education Management and Administration Review, 2(1), 1–12.
Rusdiana. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Tresna Bhakti Press.
Risal, M., & Aqsa, M. (2021). Consumer Loyalty as Impact of Marketing Mix and Customer Satisfaction. MIMBAR : Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 37(2), 297–304. https://doi.org/10.29313/mimbar.v37i2.8055
Salju, S., Junaidi, J., & Goso, G. (2023). The effect of digitalization, work-family conflict, and organizational factors on employee performance during the COVID-19 pandemic. Problems and Perspectives in Management, 21(1), 107–119. https://doi.org/10.21511/ppm.21(1).2023.10
Sapar, S., & Syafruddin, S. (2021). Conflict Resolution in Mining Area: An Alternative Strategy of Community Empowerment. Jurnal Ilmu Lingkungan, 19(3), 612–619. https://doi.org/10.14710/jil.19.3.612-619
Sadriah, S. (2020). Pengaruh Efektivitas Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BPPS) Terhadap Pengentasan Kemiskinan. Journal of Economic, Public, and Accounting (JEPA), 2(2), 103–116. https://doi.org/10.31605/jepa.v2i2.661
Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168
Seftiani, S., Sesrita, A., & Suherman, I. (2022). Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi belajar Siswa SD Negeri. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 125–138. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2486
Sufiati, Rival, A., Alif, M., & Ramadhany, S. (2021). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal terhadap Efektivitas Pengelolaan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa pada masa Pandemi. Jurnal Mirai Manajemen, 6(2), 215–231.
Wiyono, T. (2018). Pengaruh Motivasi Siswa dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 90. https://doi.org/10.25273/citizenship.v6i2.3115
Zamjani, I. (2019). Pelaksanaan Program Indonesia Pintar Bagi Penerima Kartu Indonesia Pintar Reguler: Studi di Empat Daerah Kunjungan Kerja Presiden Tahun 2017. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 11(2), 64–82. https://doi.org/10.24832/jpkp.v11i2.225

Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Website Layout and Editing © 2016 Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi on Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo.
Indexing In
Tools