PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAT PADA DINAS BADAN PENGELOLA PENDAPATAN DAERAH KOTA CIMAHI
Abstract
Abstrak
Secara umum kualitas pelayanan memiliki peran yang sangat penting dalam mempengaruhi kepuasan masyarakat. Buruknya kondisi kualitas pelayanan dari suatu organisasi, termasuk institusi pemerintah, dapat mengecewakan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kompetensi sumber daya manusia dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada dinas badan pengelola pendapatan daerah cimahi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan menggunakan 50 sampel yang dipilih secara random. Data diambil melalui survei dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil menunjukkan bahwa kompetensi sumber daya manusia dan kualitas pelayanan publik mempengaruhi terhadap kepuasan masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa kompetensi sumber daya manusia yang dimiliki organisasi sangat memberikan peran penting terhadap pelayanan yang diberikan. Ketika pelayanan yang diberikan sangat baik, maka masyarakat akan merasakan kepuasan pada layanan yang diberikan. Implikasi pada penelitian ini menekankan bahwa institusi atau organisasi harus memperhatikan kedua faktor ini.Kata Kunci: Kompetensi SDM, Kualitas Pelayanan, Kepuasan MasyarakatAbstract
In general, service quality has a very important role in influencing people's satisfaction. Good service can increase people's satisfaction, while bad service can disappoint them. The purpose of this study was to determine the effect of human resource competence and service quality on community satisfaction at the Cimahi regional revenue management agency. This study uses a quantitative approach using 50 samples selected randomly. Data was taken through a survey by distributing questionnaires to respondents. Then the data were analyzed using multiple linear regression analysis. The results show that the competence of human resources and the quality of public services affect people's satisfaction. Based on the results of the coefficient of determination, a value of 7.55% is obtained and this shows that the role of the two variables is quite high. This shows that the competence of human resources owned by the organization plays a very important role in the services provided. When the service provided is very good, the community will feel satisfied with the service provided. The implications of this study emphasize that institutions or organizations must pay attention to these two factors.
Keywords: HR Competence, Service Quality, Community Satisfaction
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Aprisyah, P., & Yuliati, A. (2021). Pengaruh Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Pemerintah Daerah Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Laporan Keuangan Daerah (Studi Empiris Pada Dinas Perhubungan Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(2), 1855–1869.
Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49–63.
Djafri, N. (2018). Manajemen Pelayanan (Berbasis Revolusi Mental). In Gorontalo:Idea Publishing. Ideas Publishing.
Edy, I. T., Badriyah, N., Khilil, M. U., & Iskandar, I. (2020). Pengaruh Kualitas Dan Kinerja Pelayanan KTP Elektronik Terhadap Kepuasan Masyarakat Terhadap Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lamongan. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(2), 937–941.
Firmansyah, A. C., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Pembuatan E-KTP di Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan). Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(2), 82–93.
Handayani, L., & Suryani, N. (2019). Pengaruh Kinerja Pegawai, Komunikasi Interpersonal dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kepuasan Masyarakat Melalui Kualitas Pelayanan. EEAJ, 8(2).
Haryanto, F. K., & Anindita, R. (2018). Peranan Kompetensi SDM Terhadap Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Di Klinik Hemodialisis NU Cipta Husada. Hospitalia, 1(1), 29–42.
Irawan, B., & Maheri Laksono, S. S. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Publik, Profesionalisme, Kinerja Pegawai Sebagai Upaya Kepuasan Masyarakat (Studi Pada Kelurahan Turi Kecamatan Sukorejo Kota Blitar). Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1), 28–37. https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v8i1.872
Jayasukmana, P., & Muhammadi, N. (2021). Pengaruh Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan Di Kap Suparman Bambang Ghanis. Journal of Tax and Business, 2(1), 52–58. https://doi.org/10.55336/jpb.v2i1.26
Pari, C., & Sumbogo, I. A. (2022). Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan KPP Pratama Jakarta Tebet. Kalbisiana Jurnal Sains, Bisnis, Dan Teknologi, 8(4), 4864–4872.
Rahayu, S., Damanik, I. S., & Fauzan, M. (2021). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Pengadilan Negeri Simalungun Menggunakan Metode Algoritma C4.5. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika), 6(1), 89–102. https://doi.org/10.30645/jurasik.v6i1.273
Rahmantari, N. L. L., & Johan, A. (2023). Pengaruh Working Capital, Tenaga Kerja, dan Efisiensi Biaya Produksi Terhadap Optimalisasi Produksi Gerabah di Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(3), 2519–2526.
Ratnamiasih, I., Govindaraju, R., Prihartono, B., & Sudirman, I. (2012). Kompetensi SDM dan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit. Trikonomika, 11(1), 49–57.
Risal, M., & Aqsa, M. (2021). Consumer Loyalty as Impact of Marketing Mix and Customer Satisfaction. MIMBAR : Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 37(2), 297–304. https://doi.org/10.29313/mimbar.v37i2.8055
Salju, S., Junaidi, J., & Goso, G. (2023). The effect of digitalization, work-family conflict, and organizational factors on employee performance during the COVID-19 pandemic. Problems and Perspectives in Management, 21(1), 107–119. https://doi.org/10.21511/ppm.21(1).2023.10
Sapar, S., & Syafruddin, S. (2021). Conflict Resolution in Mining Area: An Alternative Strategy of Community Empowerment. Jurnal Ilmu Lingkungan, 19(3), 612–619. https://doi.org/10.14710/jil.19.3.612-619
Sari, K., & Sijabat, Y. P. (2022). Kompetensi SDM dan Pengaruhnya terhadap Kinerja UMKM di Magelang Tengah. Inspirasi Ekonomi Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(1), 37–49. https://doi.org/10.32938/ie.v4i1.2253
Sivanissa, N., Azizah, H., & Khardyla, N. (2022). Pengaruh Kompetensi SDM Terhadap Kinerja Karyawan pada PT Sherish Cipta Interindo. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisplin Indonesia, 1(3), 114–119.
Snell, S., & Morris, S. (2022). Managing Human Resources.
Suandi, S. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur. Journal PPS UNISTI, 1(2), 13–22. https://doi.org/10.48093/jiask.v1i2.8
Sucipto, E., & Fuad, T. M. (2020). ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOKOPEDIA DI JAKARTA. Jurnal Manajemen Pemasaran, 9(2).
Sulistyo, I. N., & Sotya Partiwi Ediwijoyo. (2020). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 4(2), 276–286. https://doi.org/10.37339/e-bis.v4i2.386

Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Website Layout and Editing © 2016 Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi on Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo.
Indexing In
Tools