FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAKSANAAN SELF ASSESSMENT SYSTEM WPOP JAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Nimita Candraswari, Indra Pahala, Santi Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-billing, kesadaran wajib pajak, pemahaman perpajakan dan pelayanan fiskus terhadap pelaksanaan self assessment system WPOP Jakarta pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan data primer menggunakan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh wajib pajak orang pribadi yang berdomisili di DKI Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobabilty sampling dengan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah 80 responden. Metode penelitian yang digunakan yakni regresi linear berganda dan program SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-billing tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap pelaksanaan self assessment system. Kesadaran wajib pajak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap pelaksanaan self assessment system. Pemahaman perpajakan tidak berpengaruh dan signifikan terhadap pelaksanaan self assessment system. Pelayanan fiskus tidak berpengaruh dan signifikan terhadap pelaksanaan self assessment system pada masa pandemi Covid-19.

Kata Kunci: Self Assessment System, Wajib Pajak Orang Pribadi, kesadaran pajak, covid-19


References


Agustiningsih, W. (2016). Jurnal Nominal / Volume V Nomor 2 / Tahun 2016 Pengaruh Penerapan e-filling , Tingkat Pemahaman Perpajakan Nominal, V(4), 107–122.

Awwalina Farihin Yadinta, P., Suratno, S., & Mulyadi, J. M. . (2018). Kualitas Pelayanan Fiskus, Dimensi Keadilan, Kesadaran Wajib Pajak dan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan (JRAP), 5(02), 201–212. https://doi.org/10.35838/jrap.v5i02.186

DJP, L. (2018). Lakin djp.

DJP, L. (2020). Laporan kinerja direktorat jenderal pajak 2020.

Erawati, T., & Parera, A. M. W. (2017). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan, Pengetahuan Perpajakan, Dan Pelayanan Fiskus. Jurnal Akuntansi, 5(1), 37. https://doi.org/10.24964/ja.v5i1.255

Kayati, K. (2018). Peran Theory of Reasoned Action Terhadap MinatT Menggunakan Produk Bagi Hasil Bank Syariah. Accounthink : Journal of Accounting and Finance, 3(01), 454–467. https://doi.org/10.35706/acc.v3i01.1210

Maulana, R., P, D. P., & Andini, R. (2017). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Sistem Perpajakan, dan Pelayanan Kantor Pajak Terhadap Penerapan Self Assesment System Yang Berdampak Pada Kepatuhan Wajib Pajak Pelaku Social Commerce. 1–16.

Oki Sri Hartini, D. (2018). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Sains Manajemen Dan Akuntansi, 10(2), 43–56.

Pratomo, R. S., & Achyani, D. F. (2015). Pengaruh Pengalaman Kerja, Independensi, Obyektifitas, Integritas, Kompetensi dan Akuntabilitas Terhadap Kualitas Hasil Audit (Studi Empiris pada Kantor Inspektorat Kota/Kabupaten Subosukowonosraten). E-Jurnal Akuntansi, 10–29.

Putri, T., Saerang, D. P. E., & Budiarso, N. S. (2019). Analisis Perilaku Wajib Pajak Umkm Terhadap Pelaksanaan Pemungutan Pajak Dengan Menggunakan Self Assessment System Di Kota Tomohon. Going Concern : Jurnal Riset Akuntansi, 14(1), 130–136. https://doi.org/10.32400/gc.14.1.22321.2019

Antong, A., & Riyanti, R. (2021). How Does Local Wisdom Become Value in Selling-Price Setting? Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 12(3), 672–688. https://doi.org/10.21776/ub.jamal.2021.12.3.38

Muliadi, M., Muhammadiah, M., Amin, K. F., Kaharuddin, K., Junaidi, J., Pratiwi, B. I., & Fitriani, F. (2022). The information sharing among students on social media: the role of social capital and trust. VINE Journal of Information and Knowledge Management Systems, ahead-of-print(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/VJIKMS-12-2021-0285

Lantara, D., Junaidi, J., Rauf, N., Pawennari, A., & Achmad, R. N. (2022). Indonesian Islamic banks: A review of the financial state before and after the COVID-19 pandemic. Banks and Bank Systems, 17(4), 12–24. https://doi.org/10.21511/bbs.17(4).2022.02

Tijjang, B., Junaidi, J., Nurfadhilah, N., & Putra, P. (2023). The Role of Brand Love, Trust, and Commitment in Fostering Consumer Satisfaction and Loyalty. FWU Journal of Social Sciences, 17(1).

Khaddapi, M., Burhanuddin, B., Sapar, S., Salju, S., & Risal, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kepuasan Pelanggan Melalui Loyalitas Terhadap Minat Membeli Kembali di Jinan Pet Care and Veterinary Palopo. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(3), 951–961. https://doi.org/10.17358/jabm.8.3.951

Risal, M., & Aqsa, M. (2021). Consumer Loyalty as Impact of Marketing Mix and Customer Satisfaction. MIMBAR : Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 37(2), 297–304. https://doi.org/10.29313/mimbar.v37i2.8055

Salju, S., Junaidi, J., & Goso, G. (2023). The effect of digitalization, work-family conflict, and organizational factors on employee performance during the COVID-19 pandemic. Problems and Perspectives in Management, 21(1), 107–119. https://doi.org/10.21511/ppm.21(1).2023.10

Sapar, S., & Syafruddin, S. (2021). Conflict Resolution in Mining Area: An Alternative Strategy of Community Empowerment. Jurnal Ilmu Lingkungan, 19(3), 612–619. https://doi.org/10.14710/jil.19.3.612-619

M. Anwar, S., Junaidi, J., Salju, S., Wicaksono, R., & Mispiyanti, M. (2020). Islamic bank contribution to Indonesian economic growth. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 13(3), 519–532. https://doi.org/10.1108/IMEFM-02-2018-0071

Yanti, D., Dedi Subagja, A., Nurhayati, S., Reza Irwansyah Rezeki, S., Herawati Limbong, C., & Solling Hamid, R. (2023). Short Videos & Social Media Algorithms: Effective Communication in Tourism Marketing. International Journal Of Artificial Intelegence Research, 6(1), 2022. https://doi.org/10.29099/ijair.v6i1.2.585

Junaidi, J., Wicaksono, R., & Hamka, H. (2022). The consumers’ commitment and materialism on Islamic banking: the role of religiosity. Journal of Islamic Marketing, 13(8), 1786–1806. https://doi.org/10.1108/JIMA-12-2020-0378

Karim, K., Ilyas, G. B., Umar, Z. A., Tajibu, M. J., & Junaidi, J. (2022). Consumers’ awareness and loyalty in Indonesia banking sector: does emotional bonding effect matters? Journal of Islamic Marketing, ahead-of-print(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2022-0092

Junaidi, J., Anwar, S. M., Alam, R., Lantara, N. F., & Wicaksono, R. (2023). Determinants to adopt conventional and Islamic banking: evidence from Indonesia. Journal of Islamic Marketing, 14(3), 892–909. https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2021-0067

JUNAIDI, J., CHIH, W., & ORTIZ, J. (2020). Antecedents of Information Seeking and Sharing on Social Networking Sites: An Empirical Study of Facebook Users. International Journal of Communication, 14, 5705–5728.

Slamet, R. dan A. H. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. CV Budi Utama.

Sukiyaningsih, T. W. (2020). Studi Penerapan E-System Dan Pelaksanaan Self Assesment System Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. 17(01), 61–72.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/ja001.v7i2.791

Article Metrics

Abstract view : 1149 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 648 times

Copyright (c) 2021 Jurnal Akuntansi STIE Muhammadiyah Palopo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.