MENINGKATKAN NILAI PERUSAHAAN DENGAN TRANSPARANSI: EFEKTIFKAH REGULASI OJK?
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh transparansi perusahaan terhadap nilai perusahaan. Faktor-faktor yang turut dipertimbangkan meliputi biaya keagenan, kepemilikan manajerial, dan strategi perencanaan pajak. Biaya keagenan merupakan biaya yang timbul akibat perbedaan kepentingan antara manajemen dan pemilik perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pada perusahaan sektor Consumer Non-Cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2019 hingga 2023. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dari total 125 perusahaan. Data diperoleh dari laporan tahunan, laporan keberlanjutan, dan situs resmi BEI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai perusahaan dipengaruhi secara signifikan oleh biaya keagenan dan kepemilikan manajerial. Sebaliknya, strategi perencanaan pajak tidak memiliki pengaruh yang berarti. Tingkat transparansi perusahaan terbukti memperkuat hubungan antara biaya keagenan dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan. Namun, transparansi tidak memperkuat hubungan antara perencanaan pajak dan nilai perusahaan. Implikasi dari hasil ini menunjukkan pentingnya peningkatan transparansi, khususnya terkait biaya agensi, struktur kepemilikan manajerial, dan strategi pajak. Transparansi yang baik membantu membangun kepercayaan investor serta meningkatkan nilai perusahaan. Informasi keuangan yang jelas juga membantu investor dalam menilai kinerja dan meminimalkan risiko. Penelitian ini mengacu pada regulasi terbaru Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengenai transparansi perusahaan, yang lebih ketat dan efektif dibandingkan peraturan Bapepam sebelumnya. Regulasi ini diyakini mampu memperkuat tata kelola dan meningkatkan kepercayaan investor.
Kata kunci: Biaya Agensi; Kepemilikan Manajerial; Nilai Perusahaan; Perencanaan Pajak.
ABSTRACT
The research aims to analyze how corporate transparency affects the value of a company, considering factors such as agency costs, managerial ownership, and tax planning strategies used. This research applies a quantitative approach to companies in the Consumer Non-Cyclicals sector listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in the period 2019 to 2023. The sample determination was carried out using a purposive sampling method from a total of 125 companies. The data processed came from annual reports, sustainability reports, and the official IDX website. This research indicates that the value of a business entity is crucially influenced by agency costs and management ownership, while tax planning strategies do not have a significant impact. The level of corporate transparency acts as a moderating variable that affects the relationship between agency costs and managerial ownership with company value, but does not affect the relationship between tax planning and company value. Companies need to increase transparency of agency costs, managerial ownership, and tax strategies to build investor trust and increase company value. Clear financial information helps investors assess performance and reduce risk. This study applies the latest regulation from OJK regarding corporate transparency, which replaces the Bapepam regulation in the previous study. This regulation is more relevant, strict, and has more effective supervision, so it can increase investor confidence and strengthen corporate governance.
Keywords: Agency cost; managerial ownership, firm value, tax planning.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adhiguna, A. (2023). Pengaruh Return On Equity (ROE), Current Ratio (CR), Ukuran Perusahaan dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Price to book value (PBV). COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(07), 2490–2498.
Agung, I. G., Pramita, A., Pande, P., Dewi, R. A., & Budiadnyani, N. P. (2024). Peran Efisiensi Operasional Dan Risiko Kredit Dalam Meningkatkan Kinerja Keuangan Bank Perkreditan Rakyat. 13(4), 1115–1122.
Ananda, A. S., Sumarta, N. H., Satriya, K. K. T., & Amidjaya, P. G. (2022). Determinants of Audit Quality: the Effect of Ownership Structure and Audit Committee Activities. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 6(3), 333–350. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2022.v6.i3.5214
Anggraeni, M. (2024). Pengaruh Perencanaan Pajak, Kepemilikan Manajerial Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Transparansi Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(1), 130–143. https://doi.org/10.29303/risma.v4i1.1030
Aprianti, V., & Khomsiyah, K. (2022). Capital Structure, Accounting Conservatism, Agency Cost, dan Firm Value. Owner, 6(4), 3881–3888. https://doi.org/10.33395/owner.v6i4.1133
Aprilawati, N. I., & Ali, K. (2022). Pengaruh Profitabilitas Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur (Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI). Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI, 2(1), 182–189. https://doi.org/10.24127/diversifikasi.v2i1.1205
Bernardin, K. (2021). Nilai Perusahaan: Perencanaan Pajak dan Kepemilikan Manajerial serta Transparansi Perusahaan sebagai Pemoderasi. 2(1), 1–12.
Br prba, N. marlina, & Effendi, S. (2019). Pengaruh Kepemilikan Manajerial Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal Akuntansi Barelang, 3(2), 64–74. https://doi.org/10.33884/jab.v3i2.1013
Christiani, Y. N., Rane, M. K. D., & Sine, D. A. (2022). Analisis Pengaruh Perencanaan Pajak Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Pertanian Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Among Makarti, 14(2), 77–88. https://doi.org/10.52353/ama.v14i2.211
Cindy, C., Saerang, I., & Sumarauw, J. S. B. (2024). The Influence Of Company Size, Return On Equity And Debt To Equity Ratio On Company Value On Theinfobank-15 Stock Index Of The Indonesian Stock Exchange Period 2018-2022. Jurnal EMBA, 12(01), 374–385. file:///C:/Users/T410/Downloads/Jurnal+Chelsea+Cindy. (1).pdf
Citra, D., Putri, P., Damayanti, W. A., & Lutfianti, A. (2024). Peran Hukum Dalam Menjamin Transparansi dan Akuntabilitas Tata Kelola Perusahaan. 2(4), 202–208.
Dewi, L. S., & Abundanti, N. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Kepemilikan Institusional Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(10), 6099. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i10.p12
Dinda, M. Y., & Darmawati, D. (2023). Dengan Kepemilikan Negara Sebagai Variabel Moderasi ( Pada Perusahaan Badan Usaha Milik Negara ( Bumn ) Yang. Jurnal Riset Akuntansi, 6(2), 1–10. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/2996
Dwicahyani, D., Rate, V. P., & Jan, H. B. A. (2022). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, KepemilikanManajerial Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai PerusahaanPerusahaan Consumer Non-Cyclicals. Jurnal EMBA , 10(4), 275–286. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/43790
Fadhillah, F., & Maryanti, E. (2024). Agency Cost, Ukuran Perusahaan, dan Tax Avoidance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Transparansi Informasi sebagai Variabel Moderasi. Agency Cost, Ukuran Perusahaan, Dan Tax Avoidance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Transparansi Informasi Sebagai Variabel Moderasi. https://doi.org/10.33395/owner.v6i4.113
Faiz Anisran, M. A. F. M. (2023). Pengaruh Tax Planning & Tax Avoidance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Transparansi Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi Trisakti, 10(2), 305–318. https://doi.org/10.25105/jat.v10i2.17104
Gujarati, Damodar dan Dawn C. Porter. (2012). Dasar-Dasar Ekonometrika (Buku2). (Terj.) Raden Carlos Mangunson. Jakarta: Salemba Empat.
Hadiansyah, R., Cahyaningtyas, S. R., & Waskito, I. (2022). Pengaruh Kepemilikan Institusional terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 2(4), 656–670. https://doi.org/10.29303/risma.v2i4.353
Hardianti, R., Kodariah, S., & Yuniati. (2024). Pengaruh Perencanaan Pajak, Penghindaran Pajak dan Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntans, 7(8), 1–22.
Haryo Pramudya, W., & Herutono, S. (2022). Perencanaan Pajak, Komite Audit, Nilai Perusahaan dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi. In Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia STIE Widya Wiwaha (Vol. 2, Issue 4).
Hidayat, S. W., & Pesudo, D. A. A. (2019). Pengaruh Perencanaan Pajak dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan dengan Transparansi Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. International Journal of Social Science and Business, 3(4), 367. https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i4.21323
Janah, N., & Munandar, A. (2022). Pengaruh Perencanaan Pajak dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variable Moderasi. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(2), 494–512.
Jullia, M., & Finatariani, E. (2024). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(3), 913–923. https://doi.org/10.37481/jmh.v4i3.1024
Kartikasari, E., Dewi, A., & Sulton, M. (2022). Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional Terhadap Kebijakan Hutang Pada Perusahaan Manufaktur si BEI Tahun 2016-2019. Owner, 6(1), 940–947. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.703
Luis, C. (2022). Pengaruh Perencanaan Pajak, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Pertambangan. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 20(2), 99–108.
Marbun, E., & Tobing, V. C. L. (2020). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Aksara Public, 4(1), 87–97. https://talenta.usu.ac.id/politeia/article/view/3955
Mariana, I., Suganda, T. R., Puncak, V., & Blok, T. (2023). The Effect of Agency Costs on Firm Value : A Moderating Role of Female Commissioners. 6(3), 306–315.
Matuszak, Å., RóżaÅ„ska, E., & Macuda, M. (2019). The impact of corporate governance characteristics on banks’ corporate social responsibility disclosure: Evidence from Poland. Journal of Accounting in Emerging Economies, 9(1), 75–102. https://doi.org/10.1108/JAEE-04-2017-0040
Nadira, E., Silfi, A., & Rusli. (2022). Pengaruh Perencanaan Pajak, Konservatisme Akuntansi, dan Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Penghasil Bahan Baku Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021). 3(2), 79–103.
Naciti, V. (2019). Corporate governance and board of directors: The effect of a board composition on firm sustainability performance. Journal of Cleaner Production, 237, 117727. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2019.117727
Nurmalasari, P., & Maradesa, D. (2021). Pengaruh Agency Cost Terhadap Nilai Perusahaan Pada Subsektor Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. Going Concern : Jurnal Riset Akuntansi, 16(4), 355–365.
Prastiwi, D., & Walidah, A. N. (2020). Pengaruh agresivitas pajak terhadap nilai perusahaan: Efek moderasi transparansi dan kepemilikan institusional. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 23(2), 203–224. https://doi.org/10.24914/jeb.v23i2.2997
Purbaningrum, I. R., Farida, I., Prawira, A., Kustiawan, M.. (2024). Analisis Perencanaan Pajak Dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi Beban Pajak Penghasilan Badan PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk. 3(2), 134–140.
Puspita, M. D., Mulyadi, & Sianipar, P. B. H. (2023). Pengaruh Perencanaan Pajak Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Transparansi Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Sektor Infrastruktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2021. Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 2(4), 310–322. https://doi.org/10.30640/inisiatif.v2i4.1439
Rahma, A. (2024). Ukuran Perusahaan dan Kinerja Keuangan: Faktor Penting dalam Memprediksi Nilai Perusahaan. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 4(1), 11–19. https://doi.org/10.37481/jmeb.v4i1.648
Ramadhan, Z., & Munawaroh, A. (2024). Struktur Kepemilikan Saham Terhadap Nilai Perusahaan Sub Sektor Properti Dan Real Estate. IJMA (Indonesian Journal of Management and Accounting), 5(2), 368–374.
Ramadhiani, S., & Dewi, S. R. (2021). Pengaruh Tax Avoidance, Leverage, Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Transparansi Perusahaan Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Tahun 2016-2018). International Journal on Human Computing Studies, 3(2), 192–202. www.journalsresearchparks.org/index.php/IJHCS
Rauf Alhayra, A., Tangngisulu, J., Fajriah, Y., Studi, P., Manajemen, M., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Bongaya, M. (2024). The Effect of Profitability on Company Value with Company Size as a Moderating Variable Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 2669–2680. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Retnoningrum, I., & Retnani, E. D. (2023). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Agency Cost terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 12(3), 1–14.
Royani Indah. (2020). Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja keuangan sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2017-2018).
Sani, A. (2020). Managerial Ownership and Financial Performance of the Nigerian Listed Firms: The Moderating Role of Board Independence. International Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences, 10(3), 64–73. https://doi.org/10.6007/ijarafms/v10-i3/7821
Santry Afriani Dewi, Firman Surya, & Zahara. (2023). Analisis Pengaruh Kebijakan Hutang dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Agency Cost sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2017). Akuntansi Dan Manajemen, 13(1), 34–58. https://doi.org/10.30630/jam.v13i1.30
Sari, A. (2022). Pengaruh Tax Avoidance dan Agency Cost terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Institusional sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(4), 573–589. www.grensnews.com
Sari, M. D., & Wulandari, P. P. (2021). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, dan Kebijakan Deviden terhadap Nilai Perusahaan
Setyasari, N., Rahmawati, I. Y., Naelati Tubastuvi, N., & Aryoko, Y. P. (2022). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Board Diversity, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 - 2020). Master: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 2(1), 69. https://doi.org/10.30595/jmbt.v2i1.14046
Siregar, G. I., & Dewi, E. S. (2019). Pengaruh Perencanaan Pajak, Pertumbuhan Perusahaan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan.
Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D.
Susilowati, W. T. (2019). Pengaruh Tax Avoidance Dan Agency Cost Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Transparansi Informasi Sebagai Variabel Moderasi. Program Studi Akuntansi, 8, 1–128.
Utari, I. T. (2024). Pengaruh Economic Performance , Environmental Performance dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan ( Tobins ’ Q ). 8, 4866–4877.
Vianna, V., & Yusnaini, Y. (2022). Pengaruh Perencanaan Pajak, Beban Pajak Tangguhan Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Perkebunan Yang Terdaftar Di Bei Periode 2017-2021. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 2031–2042. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2497
Wardani, D. K., & Susilowati, W. T. (2020). Pengaruh Agency Cost Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Transparansi Informasi Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi Maranatha, 12(1), 1–12. https://doi.org/10.28932/jam.v12i1.2289
Wang, N., Pan, H., Feng, Y., & Du, S. (2023). How do ESG practices create value for businesses? Research review and prospects. Sustainability Accounting, Management and Policy Journal. https://doi.org/10.1108/SAMPJ-12-2021-0515
Widiana, R., Prasetyo, Y., & Ernawati, N. (2024). Pengaruh Earning Per Share ( EPS ), Price To Earning Ratio ( PER ), Dan Price To Book Value ( PBV ) terhadap Harga Saham Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bei Periode 2018-2022. 2(4).
Wira Oktafiandi, N., Winedar, M., & Ekonomi dan Bisnis Universitas Soetomo Surabaya, F. (2024). THE EFFECT OF TAX PLANNING ON COMPANY VALUE WITH COMPANY TRANSPARENCY AS A MODERATION VARIABLE IN REGISTERED PHARMACY COMPANIES ON THE INDONESIAN STOCK EXCHANGE (IDX) 2018-2022.
Yusri, A. Z. dan D. (2020). Analisis Pengungkapan Good Corporate Governance (GCG) pada Perusahaan Indeks Pefindo25 (SME Index) Tahun 2011-2013. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.
DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jurakun.v11i2.2359
Article Metrics
Abstract view : 140 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 115 times
Copyright (c) 2025 Melati Azka, Januar Eky Pambudi, Hendra Galuh Febrianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
.Website Layout and Editing © 2016 Jurnal Akuntansi STIE Muhammadiyah Palopo on Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo.










.png)


.png)
