MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI BUDAYA JAWA DALAM ETIKA DAN KODE ETIK AKUNTAN PUBLIK UNTUK MEMPERKUAT PROFESIONALISME
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan kekayaan nilai-nilai budaya Jawa dengan kode etik akuntan guna meningkatkan profesionalisme dan kepatuhan akuntan terhadap kode etik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur (literature review) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dalam menganalisis data. Sumber literatur yang digunakan meliputi artikel jurnal dan buku terbitan internasional serta nasional yang relevan dengan topik penelitian, dengan rentang waktu dari 2014 hingga 2023. Berdasarkan hasil telaah terhadap 187 literatur, penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat sembilan nilai-nilai budaya Jawa yang dapat diintegrasikan untuk memperkuat kode etik akuntan. Nilai-nilai tersebut mencakup (1) ojo Dumeh (tidak egois), (2) alon-alon asal kelakon (bersikap bijak dan berhati-hati), (3) bahasa Jawa kromo inggil (berkomunikasi dengan sopan dan santun), (4) ewuh-pakewuh (sungkan atau rasa segan), (5) unggah-ungguh (bersikap hormat dan sopan), (6) eling lan waspodo (berhati-hati dan waspada), (7) sungkan (menghormati), (8) mangan ora mangan sing penting kumpul (kebersamaan), dan (9) rukun agawe (bersikap kooperatif). Kesembilan nilai ini dapat menjadi alternatif dalam memperkuat profesionalisme dan kepatuhan terhadap kode etik bagi akuntan, khususnya bagi mereka yang berlatar belakang suku Jawa.
Kata Kunci : Budaya Jawa, Etika, Kode Etik Akuntan Publik, Profesionalisme.
ABSTRACT
This research aims to integrate the rich cultural values of Javanese culture with the accountant's code of ethics to enhance the professionalism and compliance of accountants with the code of ethics. The research method employed is a literature review using a qualitative descriptive approach for data analysis. The literature sources used include international and national journal articles and books relevant to the research topic, spanning from 2014 to 2023. Based on the examination of 187 pieces of literature, this research reveals that there are nine Javanese cultural values that can be integrated to strengthen the accountant's code of ethics. These values encompass (1) ojo Dumeh (selflessness), (2) alon-alon asal kelakon (wise and cautious behavior), (3) bahasa Jawa kromo inggil (communicating politely and respectfully), (4) ewuh-pakewuh (shyness or modesty), (5) unggah-ungguh (showing respect and courtesy), (6) eling lan waspodo (being cautious and vigilant), (7) sungkan (showing respect), (8) mangan ora mangan sing penting kumpul (togetherness), and (9) rukun agawe (cooperative behavior). These nine values can serve as an alternative to reinforce professionalism and compliance with the code of ethics for accountants, especially those with a Javanese background.
Keywords: Javanese Culture, Ethics, Public Accountant Code of Ethics, Professionalism.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUTAKA
Achmad, T., Ghozali, I., & Pamungkas, I. D. (2022). Hexagon fraud: detection of fraudulent financial reporting in state-owned enterprises Indonesia. Economies, 10(1), 13. https://doi.org/10.3390/economies10010013
Adisti, A. R. (2018). Internalization of Javanese unggah-ungguh (etiquette) character in modern era through personality course at english education department. Al-Isjlah: Jurnal Pendidikan, 10(2), 2597–2940.
Agusti, R., & Pertiwi, N. P. (2013). Pengaruh kompetensi, independesi dan profesionalisme terhadap kualitas audit (studi empiris pada kantor akuntan publik se Sumatera). Jurnal Ekonomi, 21(3).
Ahmadi, L. P., & Prabowo, M. A. (2021). Pengaruh independensi, pengalaman kerja, dan profesionalisme auditor inspektorat terhadap kualitas audit internal dengan role conflict sebagai variabel moderasi. Conference on Economic and Business Innovation, 1(1), 1252–1269. https://jurnal.widyagama.ac.id/index.php/cebi/article/view/175/125
Ainina, N. S. (2016). Studi etnometodologi etika akuntan Jawa dan implikasinya terhadap kode etik akuntan indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 1–21.
Al Fauzan, A., Fahima, B., Geminastiti, E. A., Hadi, H. R., Firdaus, M. L., Renata, M., & Ramadhan, M. R. (2021). Budaya Jawa dan peranannya dalam nilai-nilai kepemimpinan. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 4(1), 40–45.
Amran, E. F., & Selvia, F. (2019). Pengaruh etika auditor, pengalaman auditor dan motivasi auditor terhadap kualitas audit (studi empiris kantor akuntan publik Kota Padang). COMPETITIVE Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 3(2), 52. https://doi.org/10.31000/c.v3i2.1741
Amri, S. R. (2018). Pancasila sebagai sistem etika. Jurnal Voice of Midwifery, 08(01), 760–768.
Antara, M., & Yogantari, M. V. (2018). Keragaman budaya Indonesia sumber inspirasi inovasi industri kreatif. Senada, 1, 292–301.
Anugrah Putri, W. T., & Nasyiithoh, H. K. (2019). Mengemas Unggah-ungguh Jawa. Annual Conference For Muslim Scholars, 456–464.
Apollo, A. (2022). Konstruksi teori akuntansi (studi pada masyarakat Sunda wiwitan provinsi Jawa Barat). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(3), 219–246. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i3.828
Apriliani, E. I., & Dewi, N. K. (2019). Tata krama budaya Jawa membentuk sikap santun anak usia dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(1), 28. https://doi.org/10.35473/ijec.v1i1.132
Arafik, M., & Rumidjan, R. (2016). Profil pembelajaran unggah-ungguh bahasa Jawa di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(1), 55–61. https://doi.org/10.17977/um009v25i12016p055
Arens, A. A., Elder, R. J., & Beasley, M. S. (2014). Auditing & jasa assurance (kelimabela). Erlangga.
Ariadi, D., Husna, G. A., & Budiwitjaksono, G. S. (2022). Analisis etika profesi dalam era digitalisasi pada kantor akuntan publik. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(2), 1562–1571. http://www.journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/2187%0Ahttp://www.journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/download/2187/1111
Tijjang, B., Junaidi, J., Nurfadhilah, N., & Putra, P. (2023). The Role of Brand Love, Trust, and Commitment in Fostering Consumer Satisfaction and Loyalty. FWU Journal of Social Sciences, 17(1).
Salju, S., Junaidi, J., & Goso, G. (2023). The effect of digitalization, work-family conflict, and organizational factors on employee performance during the COVID-19 pandemic. Problems and Perspectives in Management, 21(1), 107–119. https://doi.org/10.21511/ppm.21(1).2023.10
Rahmawati, R., & Yusuf, M. (2020). Budaya Sipallambi’ Dalam Praktik Bagi Hasil. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 11(2), 386–401. https://doi.org/10.21776/ub.jamal.2020.11.2.23
Risal, M., & Aqsa, M. (2021). Consumer Loyalty as Impact of Marketing Mix and Customer Satisfaction. MIMBAR : Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 37(2), 297–304. https://doi.org/10.29313/mimbar.v37i2.8055
M. Anwar, S., Junaidi, J., Salju, S., Wicaksono, R., & Mispiyanti, M. (2020). Islamic bank contribution to Indonesian economic growth. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 13(3), 519–532. https://doi.org/10.1108/IMEFM-02-2018-0071
Karim, K., Ilyas, G. B., Umar, Z. A., Tajibu, M. J., & Junaidi, J. (2022). Consumers’ awareness and loyalty in Indonesia banking sector: does emotional bonding effect matters? Journal of Islamic Marketing, ahead-of-print(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2022-0092
Khaddapi, M., Burhanuddin, B., Sapar, S., Salju, S., & Risal, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kepuasan Pelanggan Melalui Loyalitas Terhadap Minat Membeli Kembali di Jinan Pet Care and Veterinary Palopo. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(3), 951–961. https://doi.org/10.17358/jabm.8.3.951
Antong, A., & Riyanti, R. (2021). How Does Local Wisdom Become Value in Selling-Price Setting? Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 12(3), 672–688. https://doi.org/10.21776/ub.jamal.2021.12.3.38
Junaidi, J., Anwar, S. M., Alam, R., Lantara, N. F., & Wicaksono, R. (2023). Determinants to adopt conventional and Islamic banking: evidence from Indonesia. Journal of Islamic Marketing, 14(3), 892–909. https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2021-0067
JUNAIDI, J., CHIH, W., & ORTIZ, J. (2020). Antecedents of Information Seeking and Sharing on Social Networking Sites: An Empirical Study of Facebook Users. International Journal of Communication, 14, 5705–5728.
Hamid, R. S. (2020). Niat Konsumen menggunakan Transportasi Ride-Hailing di tengah Pandemi COVID-19: Kerangka Kerja Konseptual dan Evaluasi Empiris. Jurnal Manajemen Teknologi, 19(3), 266–289. https://doi.org/10.12695/jmt.2020.19.3.4
Hamid, R. S., Abror, A., Anwar, S. M., & Hartati, A. (2022). The role of social media in the political involvement of millennials. Spanish Journal of Marketing - ESIC, 26(1), 61–79. https://doi.org/10.1108/SJME-08-2021-0151
Bastina, A. D. (2020). Kode Etik Akuntan Publik Dalam Kaidah Fikih Muamalah. Jurnal Akuntansi, 10(2), 183–196. https://doi.org/10.33369/j.akuntansi.10.2.183-196
Beatty, R. W., Ewing, J. R., & Tharp, C. G. (2003). HR’s role in corporate governance: Present and prospective. Human Resource Management, 42(3), 257–269. https://doi.org/10.1002/hrm.10084
Briando, B., Triyuwono, I., & Irianto, G. (2017). Gurindam etika pengelola keuangan Negara. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 2001. https://doi.org/10.18202/jamal.2017.04.7036
Budiansyah, Y. (2021). Work conflict and leadership behavior affect employee performance ( at PT . Jasa Raharja , PT . Jasa Asuransi Indonesia , and PT . Jiwasraya in Bandung City ). Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(8), 1659–1669. https://doi.org/10.17762/TURCOMAT.V12I8.3224
Budiman, S. A. (2018). Analisis etika profesi akuntansi perspektif Al-Quran. Jurnal Ilmiah Akuntansi Universitas Pamulang, 6(1), 68–81. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JIA/article/view/1204
Butarbutar, B. (2019). Peranan etika bisnis dalam bisnis. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT), 1(1), S2–S3. https://doi.org/10.31933/JIMT
Carson, T. L. (2003). Self-interest and business ethics: some lessons of the recent corporate scandals. Journal of Business Ethics, 43(4), 389–394. https://doi.org/10.1023/A:1023013128621
Chotimah, C., Untari, M. F. A., & Budiman, M. A. (2019). Analisis penerapan unggah ungguh bahasa Jawa dalam nilai sopan santun. International Journal of Elementary Education, 3(2), 202. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18529
Cista, S. A. G. P. (2014). Rasa Sungkan Pada Orang Jawa. In Prodi Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata. Universitas Katolik Soegijapranata.
Claresta, O. (2017). Pengaruh pemahaman kode etik akuntan terhadap perilaku etis akuntan di Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya, 5(2), 1–20.
Cottrell, D. M., & Glover, S. M. (1997). Finding auditors liable for fraud: what the jury heard in the Phar Mor case. CPA Journal, 7, 14–21. http://www.nysscpa.org/cpajournal/1997/0797/features/f1.htm
Darmayanti, R. Y., & Subrata, H. (2021). Pengembangan media komik dalam pembelajaran unggah-ungguh bahasa Jawa ragam bahasa ngoko dan krama pada siswa kelas iv. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 09(10), 3399–3409.
Dewi, L. K., & Ludigdo, U. (2013). Akuntan publik dalam penegakan kode etik profesi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 1(2). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/309/256
Efferin, S. (2015). Akuntansi, spritualitas dan kearifan lokal: beberapa agenda penelitian kritis. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 6(3), 466–480. https://doi.org/10.18202/jamal.2015.12.6037
Elfieni, F. T. (2016). Penegakan kode etik profesipada suatu kantor akuntan publik. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1–23.
Fahira, N., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis Penerapan 5 Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 649–660. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1074
Fatimah, Suryaningsih, & Rahmawati, N. (2018). Solidaritas sosial masyarakat Jawa perantauan di Kampung Jawa Kota Tanjungpinang. Jurnal Sosiologi, 1–17.
Fatmawati, R. (2016). Budaya birokrasi ewuh pakewuh dan kecurangan akuntansi di pemerintahan : persepsi aparat pengawas internal pemerintah ( APIP ) inspektorat Kabupaten Sragen. Aktual, 2(1), 20–33.
Fitri Wahyuni, S., & Setyowati, H. (2021). Analisis Perilaku Warga Sekolah Dasar Dalam Penerapan Unggah – Ungguh Bahasa Jawa Pada Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal IKADBUDI, 9. https://doi.org/10.21831/ikadbudi.v9i0.38511
Ginting, R., Wicaksono, G., Aswat, I., Anggraini, L., Prabowo, M. A., Rumaizha, R., Microsea, N., Retnowati, E., & Elsa, E. (2023). Kajian isu riset akuntansi terkini. Penerbit Lakeisha.
Goei, H. L., & Nurhayati, N. (2022). The influence of unggah-ungguh as Javanese culture in Gereja Injili di Tanah Jawa (GITJ) Kudusa’communication processes for sustaining local social-environment. E3S Web of Conferences, 359, 02009. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202235902009
Hasiara, L. O., & Tandirerung, Y. T. (2019). Penegakan, Kode Etik Profesi, Kantor Akuntan Publik (Kap), Pada Kap Sudiyono, Dan Vera Samarinda. Jurnal Akuntansi Multi Dimensi (Jamdi), 2(2), 89–96.

Article Metrics
Abstract view : 290 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 215 times
Copyright (c) 2023 Siti Danila Hanipa, Muhammad Aras Prabowo, Rismawati Rismawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Website Layout and Editing © 2016 Jurnal Akuntansi STIE Muhammadiyah Palopo on Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo.