FENOMENA UNDERPRICING DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

Rita Kusumawati, Azhar Fitriyani

Abstract


ABSTRAK 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, pengaruh, reputasi underwriter, rasio lancar dan ukuran perusahaan terhadap underpricing. Objek penelitian adalah perusahaan go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode 2012-2017. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel dengan total sampel yang digunakan yaitu 99 sampel atau 99 perusahaan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap underpricing memiliki pengaruh positif signifikan terhadap underpricing, underwriter tidak berpengaruh signifikan pada underpricing, liqudity tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap underpricing dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh negatif signifikan pada underpricing.

Keywords: Profitability; Leverage; Underwriter Reputation; Liquidity; Underpricing.

 


ABTRACT 

This study aimed to analyze the effect of profitability, influence, underwriter reputation, current ratio, and company size on underpricing. The object of research was a publicly listed company listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the 2012-2017 period. This study used a purposive sampling method as a sampling technique with a total sample used are 99 samples or 99 companies. The analytical tool used in this study is multiple linear regression analysis with the SPSS 23 program. The results of the study showed that profitability has a significant negative effect on underpricing, gaining a significant positive impact. It also found that the underwriter has no considerable impact on underpricing, and liability does not have a substantial effect on underpricing. Company size has a significant negative effect on underpricing.

Keywords: Profitability; Leverage; Underwriter Reputation; Liquidity; Underpricing.


References


Agustin, I. J. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Underpring Saham Pada Perusahan Yang Melakukan Initial Public Offering Di BEI. Jurnal Ilmiah WIDYA Vol 1 No 1

Aini, S. N. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham Pada Perusahaan IPO Di BEI Periode 2007-2011, Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 1 No 1, 88-102.

Arman, A. (2012). Pengaruh Umur Dan Ukuran Perusahaan, Reputasi Underwriter Dan Return On Equity Terhadap Tingkat Underpricing Saham Di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Bisnis dan Manajemen vol 1 nomer 1, 107-120.

Darlis, Z. d. (2013). Penagruh Informasi Akuntansi Dan Non Akuntansi Terhadap Kecenderungan Underpricing.

Febrianty, P. S. (2016). Pengaruh Asset Turnover, Current Ratio, Debt To Equity Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Terjadinya Underpricing Saham Pada Perusahaan Di Pasar Penawaran Saham Perdana Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi.

Hanafi, M. . (2013), Manajemen Keuangan Edisi 1, BPFE, Yogyakarta.

Hermuningsih, S. (2014). Pengaruh Rasio Keungan Terhadap Initial Return Setelah Initial Public Offering (IPO) Pada Perusahaan Publik Di Indonesia.

Kristiantari, I. D. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham Pada Penawaran Saham Perdana. Jurnal Ilmiah Akuntansi .

Kurniawan, L. (2014). Informasi Akuntansi Dan Non Akuntansi Pada Fenomena Underpricing Yang Terjadi Saat Penawarna Umum Saham Perdana Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi.

Lautania, P. S. (2016). Pengaruh Asset Turnover, Current Ratio, Debt to Equity Ratio dan ukuran perusahaan terhadap terjadinya underpricing saham pada perusahaan di Pasar Penawaran saham Perdana yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasisiwa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA).

Linazah, N. L. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi underpricing pada perusahaan yang melakukan penawaran umum perdana di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis .

Maya, R. (2013). Pengaruh kondisi pasar, Presentase Saham yang ditawarkan, Financial Leverage dan profitabilitas terhdap Underpricing saham yang IPO.

Murtini, U. (2015). Penagaruh Reputasi Underwriter, Size Dan Usia Perusahaan Pada Penentuan Harga IPO, JRAK Vol 11 No 2, 137-146.

Nuryasinta, A. (2017). Analisis faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Initial return pada Perusahaan Non Keuangan Yang melakukan Initial Public Offering.

Pahlevi, R. W. (2014). Analisis Fakto-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham Pada Penawran Saham Perdana Di Bursa Efek Indonesia.

Putra, M. A. (2013). Pengaruh Size, Return On Asset Dan Financial Leverage Pada Tingkat Underoricing Penawaran Saham Perdana Di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Akuntansi Universitas Uduyana.

Putra, W. (2012). Pengaruh Umur Perusahaan, ROA, EPS Dan Persentase Saham Terhadap Underpricing Saham Di BEI Tahun 2006-2010, Jurnal Depok Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma.

Ratnasari A, Hudiwinarsih G, (2013) Analisis Pengaruh Informasi Keuangan, Non Keuangan Serta Ekonomi Makro Terhadap Underpricing Pada Perusahaan Ketika IPO, Jurnal Buletin Studi Ekonomi vol 18 no 2, 85-97.

Retnowati, E. (2013). Penyebab Underpricing Pada Penawaran Saham Perdana Di Indonesia. Accounting Analysis Jurnal.

Risqi, I. A. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Ketika Initial Offering (IPO) Di Bursa Efek Indondesia. Diponegoro Journal off Accounting , 1-7.

Riyadi, R. (2014). Pengaruh Reputasi Underwriter, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Profitabilitas Terhadap Underpricing Saham Pada Penawaran Umum Perdana (IPO) Di Bursa Efek Indonesia, Skripsi, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universiras Riau.

Rosyidah, L. (2014). Pengaruh Karakteristik Perusahaan, Reputasi Underwriter Dan Reputasi Aunditor Terhadap Tingkat Underpricing. Jurnal Ilmu Manajemen.

Saputra, A. c. (2016). Pengaruh Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Return On Asset dan Financial Leverage pada underpricing penawaran umum perdana. E-Jurnal Akuntansi Universitas Uduyana.

Sartono, A. (2001). Teori dan Aplikasi, Edisi 3. Yogyakarta: BBFE.

Sehartian, T. A. (2017). Pengaruh Profitabiitas, Financial Leverage Dan Reputasi Uderwriter Terhadap Tingkat Underpricing Ketika Perusahaan Melakukan IPO.

Wahyusari, A. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham Saat IPO Di BEI. Jurnal Akuntansi.

Wulandari, A. (2011). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Pada Penawaran Umum Perdana (IPO).

Yuliana, V. (2013). Analisis Pengaruh Variabel Keuangan Dan Non Keuagan Terhdap Initial Return Dana Return Setelah IPO.

Yustisia, N. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing Saham Perdana Pada Perusahaan Non Keuangan Go Public.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jep01.v5i2.397

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.