PENDAMPINGAN PENYUSUNAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK KONTEKSTUAL-BILINGUAL BAGI GURU SDN 2 GADINGKULON

Arina Restian, Nina Inayati, Eggy Fajar Andalas

Abstract


Lembar Kegiatan Peserta Didik merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Melalui pembelajaran akan terbentuk pribadi serta perubahan pada subjek pembelajaran. Untuk mencapai keberhasilan pembelajaran, salah satunya dapat dilakukan dengan memanfaatkan keadaan di sekitar lingkungan siswa atau disebut dengan contextual learning. Penerapan desain pembelajaran kontekstual yang kaya akan nilai-nilai kearifan lokal dan disampaikan dalam Lembar Kegiatan Peserta Didik dengan aktivitas berbasis Scientific Approach menjadi tujuan dari program pengabdian ini. Target utama dari proyek pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu para guru di SDN Gadingkulon 2 Kabupaten Malang untuk Menyusun Lembar Kegiatan Peserta Didik tersebut. Metode yang dilakukan adalah melalui empat tahapan utama, yaitu pelatihan/ workshop, pendampingan, alih Bahasa, dan penerbitan. Hasil pengabdian menunjukkan guru sangat antusias dengan program pengabdian karena terletak di wilayah terpencil dan tidak pernah mendapat perhatian pengabdi. Melalui program pengabdian guru yang terlibat dalam program ini dapat menyusun Lembar Kegiatan Peserta Didik kontekstual-bilingual dengan pendekatan saintifik. Melalui program ini dihasilkan 3 buah Lembar Kegiatan Peserta Didik ber-ISBN untuk kelas 1, kelas 5, dan kelas 6.

 

Abstract. The Student Activity Sheet is one of the important components in the learning process in elementary schools. Through learning will be formed personal and changes in the subject of learning. To achieve learning success, one of them can be done by taking advantage of the circumstances around the student's environment or called contextual learning. The application of contextual learning designs that are rich in local wisdom values and presented in Student Activity Sheets with activities based on the Scientific Approach is the goal of this service program. The main target of this community service project is to help teachers at SDN Gadingkulon 2 Malang Regency to prepare the Student Activity Sheets. The method used is through four main stages, namely training/workshop, mentoring, translation, and publishing. The results of the service show that the teacher is very enthusiastic about the service program because it is located in a remote area and has never received the attention of the devotees. Through the service program, teachers involved in this program can compile contextual-bilingual Student Activity Sheets with a scientific approach. Through this program, 3 Student Activity Sheets with ISBN were produced for grade 1, grade 5, and grade 6.


References


Arieyanti, I., Lasmawan, I. W. & Marhaeni, A. A. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Resolusi Konflik Dan Sikap Demokrasi Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Negara – Bali. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, vol. 3, no. 1, 2013.

Depdiknas (2008). Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar & Menengah Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Kosasih, E. (2014). Strategi belajar dan pembelajaran implementasi kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya, 170.

Laili, N., Ambarita, A., & Munaris, M. (2017). Pengembangan LKPD Tematik Berbasis Metode Guide Reading untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III SD. Jurnal Pedagogi, 5(8).

Machali, I. (2014). Kebijakan perubahan kurikulum 2013 dalam menyongsong Indonesia emas tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71-94.

Oktavianti, I., & Ratnasari, Y. (2018). Etnopedagogi dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Melalui Media Berbasis Kearifan Lokal. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Rhosalia, L. A. (2017). Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Versi 2016. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 1(1), 59-77.

Susiyanti, I., & Rosleny, B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Resolusi Konflik Berbasis Masalah Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Sd Inpres Mallengkeri 2 Kota Makassar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(1), 25-28.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/resona.v6i2.848

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.