Pelatihan dan Pengembangan Menulis Karya Tulis Ilmiah Guna Meningkatkan Kreativitas Siswa Tingkat SMP/MTs/Sederajat DI MTs Muhammadiyah 1 Malang

Nazaruddin Malik, Mudrifah Mudrifah, Rizky Angga Pramuja, Ilyas Masudin

Abstract


ABSTRAK

Program pengabdian masyarakat dilaksanakan untuk meningkatkan kreativitas guru untuk menulis karya ilmiah, meningkatkan kualifikasi guru, dan meningkatkan referensi kemampuan penelitian dalam berbagai sumber. Implementasi PKM telah mempresentasikan penyajian informasi dalam penyediaan utama kegiatan pelatihan, memberikan undangan kepada guru yang akan menjadi peserta pelatihan, melatih, dan melaporkan hasil kegiatan. Materi yang disajikan pada saat pelatihan, yaitu: 1) darurat dalam penyusunan dokumen ilmiah untuk peningkatan karier dan pengetahuan pendidik; 2) strategi untuk menulis prosedur dan jurnal ilmiah; 3) sosialisasi kegiatan pelatihan dan pengembangan menulis karya tulis ilmiah tingkat siswa SMP/MTs/Sederajat; dan 4) pelaksanaan pelatihan dan pengembangan menulis karya tulis ilmiah tingkat siswa SMP/MTs/Sederajat. Peserta pelatihan juga akan memiliki saran penulisan ilmiah tentang kegiatan dan praktik menulis dokumen ilmiah. Peserta  pelatihan guru di MTs Muhammadiyah 1 Malang. Hasil pelatihan yang diperoleh: 1) meningkatkan pengetahuan dasar tentang cara penggalian ide dalam menulis karya tulis ilmiah; 2) meningkatkan pengetahuan dasar tentang cara membuat sitasi menggunakan aplikasi Mendeley; 3) meningkatkan pengetahuan dasar tentang metodologi penulisan ilmiah yang baik dan benar; sarta 4) peserta mengetahui jenis jurnal ilmiah di Universitas Muhammadiyah Malang, yang dapat digunakan untuk mempublikasikan karya tulis ilmiah mereka.

ABSTRACT

The Community Service Program is implemented to increase teacher’s creativity to write scientific papers, improve teacher qualifications by writing scientific papers and increase references to research abilities in various sources. The implementation of the program has presented the presentation of information in the main provision of training activities, giving invitations to teachers who will be a training participant, training, and report the results of activities. The materials presented during the training are as follows: 1) emergencies in the preparation of scientific documents to enhance educators' careers and knowledge, 2) strategies for writing procedures and scientific journals, 3) Socialization of Training Activities and Development of Scientific Writing for Junior High School Students / Equivalent, and 4) Implementation of Junior High School / MTs /Equivalent Writing Training and Development of Scientific Writing. The training participants also have scientific writing suggestions about how to and practice writing scientific documents. Teacher training participants at MTs 1 Muhammadiyah Malang.. After the training, the results obtained are 1) Increase basic knowledge about how to extract ideas in writing scientific papers 2) Increase basic knowledge about how to make citations using the Mendeley application 3) Increase basic knowledge of good and correct scientific writing methodologies, and finally 4) Participants know the types of scientific journals at the University of Muhammadiyah Malang, which can be used to publish their scientific papers.


References


Rahyasih, Y., Hartini, N., & Syarifah, L. S. (2020). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan: Sebuah Analisis Kebutuhan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan 20 (1): 136-144.

Kristanto, V. H. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah:(KTI). Yogyakarta: Deepublish.

Hadiyati, H., Fatkhurahman, F., & Suroto, B. (2017). Pelatihan Manajemen Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Tenaga Pendidik Di SMP N 3 Kampar Kiri Tengah. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (1): 122-128.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/resona.v5i1.683

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.