PENGARUH PENGALAMAN INVESTASI, RISK TOLERANCE, DAN SOSIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DENGAN LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Investor Generasi Z Jawa Barat)

Nurul Sani, V Santi Paramita

Abstract


ABSTRAK

Dewasa ini, pertumbuhan jumlah investor di pasar modal Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Peningkatan yang sangat signifikan ini didominasi oleh generasi Z. Meskipun demikian, pertumbuhan ini tidak selaras dengan peningkatan pengetahuan mengenai literasi keuangan. Oleh karena itu, banyak investor baru yang mengalami kesulitan dalam membuat keputusan investasi karena kurangnya pemahaman, pengetahuan, dan pengalaman. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan peran literasi keuangan dalam memoderasi pengaruh pengalaman investasi, risk tolerance, dan sosial media terhadap keputusan investasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah investor generasi Z Jawa Barat dengan kriteria tertentu. Teknik pengambilan sampel menggunakan random samplimg dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman investasi, risk tolerance, sosial media memiliki pengaruh positif terhadap keputusan investasi. Selanjutnya, literasi keuangan dapat memoderasi pengaruh pengalaman investasi, risk tolerance, sosial media terhadapkeputusan investasi.

Kata Kunci: pengalaman investasi, risk tolerance, sosial media, keputusan investasi, literasi keuangan.

ABSTRACT

Nowadays, the number of investors in the Indonesian capital market continues to grow yearly. Generation Z dominates this very significant increase. However, this growth is not in line with increased knowledge regarding financial literacy. Therefore, many new investors experience difficulties making investment decisions due to a lack of understanding, knowledge and experience. This research aims to prove the role of financial literacy in moderating the influence of investment experience, risk tolerance, and social media on investment decisions. This study uses a quantitative approach. The population in this research is West Java generation Z investors with specific criteria. The sampling technique used random sampling with a sample size of 100 respondents. The data analysis technique uses Moderated Regression Analysis (MRA). The results of this research show that investment experience, risk tolerance, and social media have a positive influence on investment decisions. Furthermore, financial literacy can moderate the influence of investment experience, risk tolerance, and social media on investment decisions.

Keywords: investment experience, risk tolerance, social media, investment decisions, financial literacy.


References


DAFTAR PUSTAKA

Adielyani, D., & Mawardi, W. (2020). The Influence of Overconfidence, Herding Behavior, and Risk Tolerance on Stock Investment Decisions: The Empirical Study of Millennial Investors in Semarang City. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(1), 89. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i1.691

Adnyana, I. M. (2020). Manajemen Investasi dan Protofolio. In Lembaga Penerbitan Universitas Nasional (LPU-UNAS). Lembaga Penerbitan Universitas Nasional (LPU-UNAS)

Ainia, N. S. N., & Lutfi, L. (2019). Pengaruh Risk Perception, Risk Tolerance, Overconfidence dan Loss Aversion Terhadap Pengambilan Keputusan Investasi. Journal of Economics, Business & Accountancy Ventura, 21(3), 401–413.

Alamsyah, I. E. (2023). OJK Ungkap Hingga Kini Tingkat Literasi Keuangan di Indonesia Belum 50 Persen. REPUBLIKA.CO.ID. https://ekonomi.republika.co.id/berita/s11551349/ojk-ungkap-hingga-kini-tingkat-literasi-keuangan-di-indonesia-belum-50-persen#:~:text=Hasil dari Survei Nasional Literasi,03 persen pada tahun 2019.

Alifia, & Seno, P. H. K. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Investasi Pada Generasi Milenial (Studi Pada Generasi Milenial Usia 18-34 Tahun di DKI Jakarta). Prosiding SNAM PNJ.

Ar-Rachman, A. R. (2018). Pengaruh Overconfidence Bias Dan Bias Optimisme Terhadap Pengambilan Keputusan Investasi Pada Investor Di Yogyakarta. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Aren, S., & Dinç Aydemir, S. (2015). The Moderation of Financial Literacy on the Relationship Between Individual Factors and Risky Investment Intention. International Business Research, 8(6), 17–28. https://doi.org/10.5539/ibr.v8n6p17

Awais, M., Fahad Laber, M., Rasheed, N., & Khursheed, A. (2016). International Journal of Economics and Financial Issues Impact of Financial Literacy and Investment Experience on Risk Tolerance and Investment Decisions: Empirical Evidence from Pakistan. International Journal of Economics and Financial Issues, 6(1), 73–79. http:www.econjournals.com

Ayu Wulandari, D., & Iramani, R. (2014). Studi Experienced Regret, Risk Tolerance, Overconfidance Dan Risk Perception Pada Pengambilan Keputusan Investasi. Journal of Business and Banking, 4(1), 55. https://doi.org/10.14414/jbb.v4i1.293

Baihaqqy, M. R. I., Disman, Nugraha, & Sari, M. (2020). The correlation between education level and understanding of financial literacy and its effect on investment decisions in capital markets. Journal of Education and E-Learning Research, 7(3), 306–313. https://doi.org/10.20448/JOURNAL.509.2020.73.306.313

Dian Handy Permana, S., Syahputra, A., Bayu Yogha Bintoro, K., Allawi Ghozi, F., Kampus Trilogi, J., No, S., & Selatan, J. (2022). Pengaruh Media Sosial Sebagai Referensi Investasi Digital Generasi Muda Dengan Regresi Linear Berganda. Jurnal Sistem Informasi Dan Sains Teknologi, 4(1), 2022.

Fachrudin, K. R., & Fachrudin, K. A. (2016). The Influence Of Education And Experience Toward Investment Decision With Moderated By Financial Literacy. Polish Journal of Management Studies, 14(2), 51–60. https://doi.org/10.17512/pjms.2016.14.2.05

Indah Hartami Santi, B. E. (2021). Technology Acceptance Model. NEM.

Lewis, B. K., & Nichols, C. (2016). Social Media and Strategic Communication: A Three-Year Study of Attitudes and Perceptions about Social Media among College Students. Public Relations Journal, 10(1), 1–23. http://www.prsa.org/Intelligence/PRJournal/Documents/social_media_and_strategic_communication.pdf

Lubis, T. A. (2016). Manajemen Investasi dan Perilaku Keuangan. Salim Media Indonesia (Anggota IKAPI). https://repository.unja.ac.id/10151/1/Manajemen Investasi dan Perilaku Keuangan.pdf

Maharani, B., & Hidayah, N. (2021). Peran Media Sosial dalam Pengambilan Keputusan Investasi. Jurnal Akuntansi Trisakti, 8(2), 275–286. https://doi.org/10.25105/jat.v8i2.9926

Mahastanti, L. A. (2011). Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Investor Dalam Melakukan Investasi. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 4(3), 37–51. https://doi.org/10.20473/jmtt.v4i3.2424

Mandagie, Y. R. O., Febrianti, M., & Fujianti, L. (2020). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Pengalaman Investasi Dan Toleransi Risiko Terhadap Keputusan Investasi (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Universitas Pancasila). RELEVAN : Jurnal Riset Akuntansi, 1(1), 35–47. https://doi.org/10.35814/relevan.v1i1.1814

Masruroh, D., & Perwita Sari, R. (2021). Pengaruh Risk Tolerance Terhadap Keputusan Mahasiswa Surabaya Berinvestasi Dengan Financial Literacy Sebagai Variabel Moderasi. Jae (Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi), 6(3), 32–39. https://doi.org/10.29407/jae.v6i3.16155

Mubaraq, M. R., Anshori, M., & Trihatmoko, H. (2021). the Influence of Financial Knowledge and Risk Tolerance on Investment Decision Making. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 10(2), 140. https://doi.org/10.26418/jebik.v10i2.47089

Muhammad Panji Wicaksono, & Wafiroh, N. L. (2022). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Dan Sosial Media Edukasi Saham Terhadap Keputusan Investasi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Kota Malang). Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 8(2), 200–206. https://doi.org/10.29303/jseh.v8i2.57

Seri Suriani. (2022). Financial Behavior. Yayasan kita menulis.

Sutrisno. (2017). Manajemen Keuangan (2nd ed.). Ekonisia.

Triwidisari, A., Nurkhin, A., & Muhsin, M. (2018). The Relationships Between Instagram Social Media Usage, Hedonic Shopping Motives and Financial Literacy on Impulse Buying. Dinamika Pendidikan, 12(2), 170–181. https://doi.org/10.15294/dp.v12i2.13565

Zanesty, R. A. R., Prakasa, T. A. D., Alina, I. C., & Rakhmawati, N. A. (2022). Analisis pengaruh influencer sosial media terhadap keputusan masyarakat Indonesia. Bisnis Dan Iptek, 15(1), 44–59.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/equili.v13i1.1886

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times



 

 

Indexing In

 

Tools