PENGARUH GRATIS ONGKOS KIRIM, COD, DAN KEMUDAHAN BERBELANJA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION DI SHOPEE

Liana Herayanti, Dhany Efita Sari

Abstract


ABSTRAK

Ketatnya persaingan dan banyaknya platform belanja online yang muncul, membuat aspek keputusan pembelian konsumen menjadi penting untuk ditelaah lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program gratis ongkos kirim, layanan COD, dan kemudahan berbelanja terhadap keputusan pembelian yang dilakukan oleh mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang kemudian dianalisis dengan regresi linear berganda dengan SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gratis ongkos kirim berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, COD berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, dan kemudahan berbelanja berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara secara simultan gratis ongkos kirim, COD, dan kemudahan berbelanja berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci: Gratis Ongkos Kirim; COD; Kemudahan Berbelanja; Keputusan Pembelian

ABSTRACT

The tight competition and the number of online shopping platforms that have emerged make it important to examine aspects of consumer purchasing decisions further. This study aims to determine the effect of free shipping programs, COD services, and ease of shopping on purchasing decisions made by students. This study uses a quantitative method with a correlational approach. The instrument used was a questionnaire which was then analyzed by multiple linear regression with SPSS 25. The results of this study indicate that free shipping has a significant positive effect on purchasing decisions, COD has a positive but insignificant effect on purchasing decisions, and ease of shopping has a significant positive effect on purchasing decisions. While simultaneously free shipping, COD, and ease of shopping have a significant effect on purchasing decisions.

Keywords: Free Shipping; COD; Ease of Shopping; Purchase Decision


References


Afrianto, A. P., & Irwansyah, I. (2021). Eksplorasi Kondisi Masyarakat Dalam Memilih Belanja Online Melalui Shopee Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 10–29.

Aisyah, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Gaya Hidup dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Thrift Online (Studi Kasus di Shopee). Skripsi. Universitas Siliwangi.

Alvianti, V. P. (2022). Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Melalui Media Online Pada Remaja Di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Amalia, I, N. (2022). Pengaruh Harga, Kemudahan dan Tampilan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Secara Online Di Masa Pandemi COVID-19. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Andika, M., Masithoh, S., Kholiq, Y. N., Nisa, D. A., & Rohmah, N. (2021). Efektivitas Marketplace Shopee sebagai Marketplace Belanja Online yang Paling Disukai Mahasiswa. Journal of Education and Technology, 1(1), 24-29.

Auli, S., Basalamah, R., & Millaningtyas, R. (2021). Pengaruh Diskon dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10(15), 111-121.

Databoks. (2021). Penggunaan E-Commerce Indonesia Tertinggi di Dunia. Databoks. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/04/penggunaan-e-commerce-indonesia-tertinggi-di-dunia

Dukalang, R., Taan, H., & Ismail, Y. L. (2022). Pengaruh Model Promosi Flash Sale dan Tagline Gratis Ongkir terhadap Keputusan Pembeli di Tokopedia. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 60-76.

Fatmawati, N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic Honda. Journal of Theory and Applied Management, 10(1), 1-20.

Halaweh, M. (2018). Cash On Delivery (COD) As An Alternative Payment Method For E-Commerce Transactions: Analysis And Implications. International Journal of Sociotechnology and Knowledge Development (IJSKD), 10(4), 1-12.

iPrice. (2020). Peta E commerce Indonesia. Retrieved from https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/

Istanti, F. (2017). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Kemudahan Berbelanja dan E-promosi Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online di Kota Surabaya. Jurnal Bisnis & Teknologi Politeknik NSC Surabaya, 4(1), 14-22.

Istiqomah, M., & Marlena, N. (2020). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Manajemen, 12(2), 288-298.

Jalal, A., & Pratiwi, M. A. (2023). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Belanja Mahasiswa pada Aplikasi Shopee. Bahtera Inovasi, 6(2), 152-163.

Lestari, V. W., Hidayati, N., & Rizal, M. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Keamanan, dan Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi pada Pengguna Lazada. co. id di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(20), 102-117.

Mardiana, V., & Rochmawati, R. (2020). Self-Control Sebagai Moderasi Antara Pengetahuan Keuangan, Financial Attitude, Dan Uang Saku Terhadap Perilaku Menabung. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 30(2), 83–98.

Nurhidayah, L. (2020). Pengaruh Orientasi Dan Kepercayaan Belanja Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Toko SHOPEE. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Putri, A. I. C. (2021). Perilaku Impulse Buying Generasi Z Melalui Shopee Selama Covid-19 Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Skripsi. UIN Sunan Ampel Surabaya

Putri, H. T. M., & Aprizal, Y. Z. (2024). Pengaruh Iklan, Sistem COD dan Promo Gratis Ongkir terhadap Keputusan Pembelian Gen Z di Kota Jambi pada Aplikasi Tiktok Shop dalam Perspektif Ekonomi Islam. Bertuah Jurnal Syariah dan Ekonomi Islam, 5(3), 418-430

Solihin, S., & Zuhdi, S. (2021). Pengaruh Kualitas Website dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(1), 13-22.

Tresnasih, M. (2022). Pengaruh Online Costumer Review Dan Layanan Cash On Delivery Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi, 1(4), 403-408.




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jep.v10i2.2280

Article Metrics

Abstract view : 70 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 65 times