FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RETENSI KARYAWAN GENERASI Z PADA PERUSAHAAN STARTUP DI INDONESIA TAHUN 2022
Abstract
Banyak Gen Z yang tertarik bekerja di startup, namun banyak juga yang tidak ingin bertahan lama di sana. Situasi ini mengancam kinerja startup dan karyawan dengan lapangan kerja terbatas, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menemukan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi retensi karyawan Generasi Z di startup Indonesia. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dikarenakan data yang digunakan berasal dari hasil jawaban kuesioner yang mana jawaban tersebut akan diolah dan dianalisis peneliti dalam bentuk angka serta perhitungan statistik. Penelitian ini menggunakan 97 responden. Teknik pemodelan menggunakan model visual. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji statistik konfirmatori. Hasil analisis menunjukkan bahwa 23 faktor yang diidentifikasi di awal mempunyai dampak terhadap retensi, dimana 6 diantaranya merupakan faktor utama yang mempunyai dampak paling besar.
Kata Kunci: Gen Z, Retensi Karyawan, Startup
ABSTRACT
Many Gen Zs are interested in working at startups, but many do not want to stay there for long. This situation threatens the performance of startups and employees with limited employment, so this study aims to find factors that can affect the retention of Generation Z employees in Indonesian startups. The quantitative method is used in this study because the data used comes from the answers to the questionnaire, which will be processed and analyzed by researchers in the form of numbers and statistical calculations. This study used 97 respondents. The modeling technique uses a visual model. Data analysis in this study was carried out using confirmatory statistical tests. The results of the analysis show that 23 factors identified at the beginning have an impact on retention, of which 6 are the main factors that have the greatest impact.
Keywords: Gen Z, Employee Retention, Startup
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Ansori, Muslich. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Edisi 2. Malang: Airlangga University Press.
Asbullah, M., Zuhri, Saefudin, & Abdi, Muhammad Nur. (2022). Factors that Influence Employee’s Retention Rate in Financial Technology Startups in Indonesia. Priviet Social Sciences Journal, 2(1), 17–22. https://doi.org/10.55942/pssj.v2i1.140
Asih, Gusti Yuli, & Widhiastuti, Hardani. (2018). Stress Kerja. Semarang: Semarang University Press.
Darwin, Muhammad, Mamondol, Marianne Reynelda, Sormin, Salman Alparis, Nurhayati, Yuliana, Tambunan, Hardi, Sylvia, Diana, Adnyana, Made Dwi Mertha, & Prasetyo, Budi. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Bandung: Media Sains Indonesia.
Deloitte. (2022). The Deloitte Global 2022 Gen Z and Millennial Survey. Retrieved from www.deloitte.com website: https://www.deloitte.com/global/en/issues/work/genzmillennialsurvey- 2022.html
EngageRocket. (2022). Meningkatkan Retensi Karyawan di Tengah Fenomena Global The Great Resignation. Retrieved from www.engagerocket.co.id website: https://www.engagerocket.co/id/great-resignation-indonesia
Hair, Joseph F., Black, William C., Babin, Barry J., & Anderson, Rolph E. (2013). Multivariate Data Analysis. London: Pearson Education Limited.
Halim, Lidia, & Antolis, Kevin. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Turnover Intention Agent di PT AIA Cabang X Malang. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 2(2), 177–186. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v2i2.667
Kartika, Ratna, & Gunawan, Andreas Wahyu. (2022). Pengaruh Transformational Leadership Terhadap Turnover Intention Generasi Z Melalui Communication Dan Employee Engagement. Journal Scientific of Mandalika, 3(2), 121–141.
Komala, Risma Dwi. (2017). Tinjauan Implementasi Personal Selling Pada PT. Astra Internasional Daihatsu Astra BIZ Center Bandung Pada Tahun 2017. Jurnal Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom, 3(2).
Kusuma, Muslikhah, & Luturlean, Bachruddin Saleh. (2018). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Startup Entra Indonesia. SOSIOHUMANITAS, 20(2), 54-63.
Purwanto. (2018). Analisis Faktor : Konsep, Prosedur Uji dan Interpretasi. JurnalTeknodik. Jurnal Teknodik, 4(15), 153-169.
Rakhra, Harpreet Kaur. (2018). Study on Factors Influencing Employee Retention in Companies. International Journal of Public Sector Perfomance Management, 4(1).
Rozikin, Ahmad Fuad Koirul, & Hadi, Cholichul. (2021). Pengaruh Work Flexibility terhadap Job Insecurity pada Karyawan Terdampak Covid-19. Jurnal Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental, 1(2), 1497–1504.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Utami, Febriana Puspaning, & Siswanto, Tito. (2021). Pengaruh Employer Branding Dan Employee Engagement Terhadap Turnover Intention Generasi Z Pada Industri FMCG. Jurnal Luquidity, 10(2), 236–246.
Wijaya, Tony, & Budiman, Santi. (2016). Analisis Multivariat Untuk Penelitian Manajemen. Yogyakarta: Penerbit Pohon Cahaya.
Yumni, Safira Yustina Zata. (2019). Factors Related Nurse Retention in Muhammadiyah Hospital Bandung (Institut Teknologi Bandung). Retrieved from https://digilib.itb.ac.id/gdl/download/247872

Article Metrics
Abstract view : 126 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 143 times

Website Layout and Editing © 2016 Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo on Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo.