PENGARUH ROA, ROE, DAN NPL TERHADAP LIKUIDITAS PERBANKAN

Ria Pisensa Br Sembiring, Ika Wulandari

Abstract


ABSTRAK

Bank sebagai lembaga yang dipercayai oleh masyarakat memiliki peran penting dalam sistem moneter dan menduduki posisi strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi. Pelaku perbankan memahami bahwa dalam menjalankan berbagai layanan keuangan terlibat dalam bisnis berisiko. Oleh karena itu, bank selalu berupaya untuk mengelola dan meminimalkan risiko dalam operasinya, baik dalam konteks organisasi maupun entitas bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dampak Non-Performing Loans, Return On Equity, dan Return on Assets. populasi penelitian ialah pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI. Sebanyak 38 bank menjadi sampel penelitian, dipilih dengan teknik Purposive Sampling, selama periode 2021–2022. Analisis data dikerjakan dengan menggunakan SPSS versi 29, melibatkan beberapa metode seperti analisis deskriptif, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji regresi linier berganda, dan uji signifikansi parsial (uji t). Hasil statistik mengatakan bahwa Return on Assets (ROA) tidak berdampak pada likuiditas. Di sisi lain, Return On Equity (ROE) mengindikasikan berdampak positif serta signifikan pada likuiditas perbankan, menandakan kontribusinya terhadap pertumbuhan likuiditas. Sementara itu, Non-Performing Loan (NPL) tidak berdampak  pada tingkat likuiditas. perbankan.

Kata Kunci: Likuiditas, ROA, ROE, dan NPL

ABSTRACT

Banks as institutions trusted by the public have an important role in the monetary system and occupy a strategic position in supporting economic growth. Banking players understand that in carrying out various financial services they are involved in risky business. Therefore, banks always strive to manage and minimize risks in their operations, both in the context of organizations and business entities. This research aims to understand the impact of Non-Performing Loans, Return on Equity, and Return on Assets. The research population is banking companies listed on the IDX. A total of 38 banks were the research sample, selected using the Purposive Sampling technique, during the 2021–2022 period. Data analysis was carried out using SPSS version 29, involving several methods such as descriptive analysis, multicollinearity test, heteroscedasticity test, autocorrelation test, multiple linear regression test, and partial significance test (t test). Statistical results say that Return on Assets (ROA) has no impact on liquidity. On the other hand, Return On Equity (ROE) indicates a positive and significant impact on banking liquidity, indicating its contribution to liquidity growth. Meanwhile, Non-Performing Loans (NPL) have no impact on liquidity levels. banking.

Keywords: Liquidity, ROA, ROE, and NPL


References


DAFTAR PUSTAKA

Adawiyah, S., Heriyanto, & Sriandada, D. R. (2012). Analisis rasio profitabilitas dan rasio likuiditas pada pt. rista jaya mandiri. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 1–8.

Afkar, T. (2017). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Likuiditas Bank Umum Syariah di Indonesia. Jurnal Akuntansi, 1(1), 629–638. https://semnas.unikama.ac.id/lppm/prosiding/2017/Taudikul_Afkar.pdf

Annisa, A. S., Wulandari, I., Utami, E. S., & As’ari, H. (2023). Pengaruh Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan dan Return On Assets Sebagai Variabel Kontrol. Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 10(1), 42–48. https://doi.org/10.31294/moneter.v10i1.14951

Azhary, A., & Muharam, H. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RISIKO LIKUIDITAS PADA BANK KONVENSIONAL (Studi pada Bank yang Termasuk Badan Usaha Milik Pemerintah dan Bank Asing di Indonesia dan Malaysia Periode Tahun 2011 sampai dengan 2015). Diponegoro Journal of Management, 6, 1–12. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Bhoka, A. H., Yuniarti, S., & Burhan, M. (2021). Penyaluran Kredit dan Tingkat Likuiditas: Bukti Empiris pada Bank Umum di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(1), 138. https://doi.org/10.26905/jmdk.v9i1.5530

Br. S, W. M. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Likuiditas Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Universitas Pembangunan Panca Budi Medan.

Budiyati, E., & Kusumawardhani, R. (2022). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Likuiditas Bank Di Indonesia. Jurnal Sosial Ekonomi Bisnis, 2(2), 84–92. https://doi.org/10.55587/jseb.v2i2.57

Effendi, K. A., & Disman, D. (2017). Liquidity risk: Comparison between Islamic and conventional banking. European Research Studies Journal, 20(2), 308–318. https://doi.org/10.35808/ersj/643

Laela, I. (2022). Skripsi Ida Laela (183402060)-28-59. Universitas Siliwangi.

Masruroh, M. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Likuiditas Perbankan Syariah di Indonesia ( 2011-2016 ) [Universitas Islam Indonesia]. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=sph&AN=119374333&site=ehost-live&scope=site%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.neuron.2018.07.032%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.tics.2017.03.010%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.neuron.2018.08.006

Partomuan, F. T. (2021). Pengaruh Cr, Der Dan Roe Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Konstruksi Yang Terdaftar Di Indeks Idx Value 30 Periode 2015-2019. JIMEN Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(3), 242–255. www.idx.co.id

Pawestri, E. I. D. (2021). Prosedur Penyaluran Kredit Dengan SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) Dan Penerapan Kredit Macet Pada PT.BPR Aswaja ponorogo. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Rahmah, M. (2023). ANALISIS TINGKAT KESEHATAN BANK TERHADAP PROFITABILITAS (Studi pada Bank Pemerintah dan Bank Swasta Periode 2016- 2022). Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim Malang.

Risti Ulfi Hanifah, Teguh Ariefiantoro, E. S. (2021). Analisis Pengaruh Non Performing Loan (Npl), Return on Asset (Roa), Return on Equity (Roe), Capital Adequacy Ratio (Car), Dan Size …. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 19(3), 234–244. http://eprints.undip.ac.id/74610/

Siti, E. ; (2020). Analisis Financial Distress Melalui Profitabilitas (Roe) Likuiditas (Cr) Dan Sales Growth (Survei Pada Perusahaan Aneka Industri Sub Sektor Tekstil Dan Garmen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019). Universitas Komputer Indonesia, 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Zakiyah, L. N., Kusumawardani, M. R., & Nadhiroh, U. (2022). Analisis Rasio Likuiditas, Solvabilitas, Dan Profitabilitas Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada Pt. Ace Hardware Indonesia Tbk Tahun 2016-2020. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 2(4), 154–163. https://doi.org/10.56910/gemilang.v2i4.178

Abror, A., Patrisia, D., Engriani, Y., Wardi, Y., Hamid, R. S., Najib, M., Anuar, M. M., Battour, M., & Ratnasari, R. T. (2023). Antecedents of Muslim tourist loyalty: The role of Islamic religiosity and tourist value co-creation. Cogent Business and Management, 10(2). https://doi.org/10.1080/23311975.2023.2247871

Antong, A., & Riyanti, R. (2021). How Does Local Wisdom Become Value in Selling-Price Setting? Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 12(3), 672–688. https://doi.org/10.21776/ub.jamal.2021.12.3.38

Hamid, R. S., Ukkas, I., Goso, G., Abror, A., Anwar, S. M., & Munir, A. R. (2023). The role of social media in building trust, self-perceived creativity and satisfaction for millennial entrepreneurs. Journal of Small Business and Enterprise Development, ahead-of-print(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/JSBED-11-2022-0482

Junaidi, J., Anwar, S. M., Alam, R., Lantara, N. F., & Wicaksono, R. (2023). Determinants to adopt conventional and Islamic banking: evidence from Indonesia. Journal of Islamic Marketing, 14(3), 892–909. https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2021-0067

Junaidi, J., Anwar, S. M., & Sahrir, S. (2023). The role of religion and social capital on entrepreneurship self-efficacy and motivation among students in Indonesia. Cogent Business and Management, 10(3). https://doi.org/10.1080/23311975.2023.2265091

Lantara, D., Junaidi, J., Rauf, N., Pawennari, A., & Achmad, R. N. (2022). Indonesian Islamic banks: A review of the financial state before and after the COVID-19 pandemic. Banks and Bank Systems, 17(4), 12–24. https://doi.org/10.21511/bbs.17(4).2022.02

Khaddapi, M., Burhanuddin, B., Sapar, S., Salju, S., & Risal, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kepuasan Pelanggan Melalui Loyalitas Terhadap Minat Membeli Kembali di Jinan Pet Care and Veterinary Palopo. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(3), 951–961. https://doi.org/10.17358/jabm.8.3.951

M. Anwar, S., Junaidi, J., Salju, S., Wicaksono, R., & Mispiyanti, M. (2020). Islamic bank contribution to Indonesian economic growth. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 13(3), 519–532. https://doi.org/10.1108/IMEFM-02-2018-0071

Suryaningsih, I. B., Sumani, Hamid, R. S., & Noviasari, T. P. (2023). TALC: the role of TMM on loyalty intention and financial literacy as confounding variable in destination rejuvenation stage. International Journal of Tourism Cities, ahead-of-p(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/IJTC-05-2022-0139

Yanti, D., Dedi Subagja, A., Nurhayati, S., Reza Irwansyah Rezeki, S., Herawati Limbong, C., & Solling Hamid, R. (2023). Short Videos & Social Media Algorithms: Effective Communication in Tourism Marketing. International Journal Of Artificial Intelegence Research, 6(1), 2022. https://doi.org/10.29099/ijair.v6i1.2.585




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jep.v9i2.1790

Article Metrics

Abstract view : 99 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 58 times