PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PERBANKAN
Abstract
ABSTRAK
Kasus manipulasi yang terjadi di Bank Century dan Bank Bukopin di tahun 2018 semakin menarik perhatian terhadap perlunya tata kelola perusahaan yang baik di Indonesia, dengan adanya kasus manipulasi tersebut mengakibatkan kerugian finansial bagi individu dan perusahaan yang terlibat, karena telah menyembunyikan jumlah besar kredit dan kerugian investasi yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang bagaimana praktik tata kelola perusahaan yang efektif dapat meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. purposive sampling merupakan metode yang digunakan dalam pemilihan sampel pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI. Data yang di analisis pada penelitian ini sebanyak 54 data. Analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dewan direksi berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan, sedangkan dewan komisaris, komite audit dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh trhadap kinerja keuangan. Temuan dari penelitian ini memiliki potensi untuk memberikan wawasan berharga kepada perusahaan perbankan dalam merancang kebijakan dan strategi untuk meningkatkan kinerja mereka.
Kata Kunci: Good Corporate Governance, Kinerja Keuangan
ABSTRACT
The manipulation cases that occurred at Bank Century and Bank Bukopin in 2018 increasingly attracted attention to the need for good corporate governance in Indonesia, with the manipulation cases resulting in financial losses for the individuals and companies involved, because they had hidden large amounts of credit and investment losses they had. Purposive sampling is a method used in selecting samples in banking companies listed on the IDX. The data analyzed in this study was 54 data. The data analysis used are descriptive statistical techniques, classical assumption tests and multiple linear regression analysis. The findings of this study show that the board of directors affects the financial performance of banking companies, while the board of commissioners, audit committee and institutional ownership have no effect on financial performance. The findings from this study have the potential to provide valuable insights to banking firms in designing policies and strategies to improve their performance.
Keywords: Good Corporate Governance, Financial Performance
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Annissa, M. Z., & Suhaili, A. (2022). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Terbuka Sektor Konsumsi Di Indonesia. Juma, 23(1), 14411–14464.
Dufrisella, A. A., & Utami, E. S. (2020). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI). Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 6(1), 50. https://doi.org/10.26486/jramb.v6i1.1195
Gurdyanto, M. F., Titisari, K. H., & Wijayanti, A. (2019). Pengaruh Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Sub Sektor Makanan Dan Minuman Di BEI. Research Fair Unisri, 3(1), 59–68.
Abror, A., Patrisia, D., Engriani, Y., Wardi, Y., Hamid, R. S., Najib, M., Anuar, M. M., Battour, M., & Ratnasari, R. T. (2023). Antecedents of Muslim tourist loyalty: The role of Islamic religiosity and tourist value co-creation. Cogent Business and Management, 10(2). https://doi.org/10.1080/23311975.2023.2247871
Antong, A., & Riyanti, R. (2021). How Does Local Wisdom Become Value in Selling-Price Setting? Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 12(3), 672–688. https://doi.org/10.21776/ub.jamal.2021.12.3.38
Hamid, R. S., Ukkas, I., Goso, G., Abror, A., Anwar, S. M., & Munir, A. R. (2023). The role of social media in building trust, self-perceived creativity and satisfaction for millennial entrepreneurs. Journal of Small Business and Enterprise Development, ahead-of-print(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/JSBED-11-2022-0482
Junaidi, J., Anwar, S. M., Alam, R., Lantara, N. F., & Wicaksono, R. (2023). Determinants to adopt conventional and Islamic banking: evidence from Indonesia. Journal of Islamic Marketing, 14(3), 892–909. https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2021-0067
Junaidi, J., Anwar, S. M., & Sahrir, S. (2023). The role of religion and social capital on entrepreneurship self-efficacy and motivation among students in Indonesia. Cogent Business and Management, 10(3). https://doi.org/10.1080/23311975.2023.2265091
Lantara, D., Junaidi, J., Rauf, N., Pawennari, A., & Achmad, R. N. (2022). Indonesian Islamic banks: A review of the financial state before and after the COVID-19 pandemic. Banks and Bank Systems, 17(4), 12–24. https://doi.org/10.21511/bbs.17(4).2022.02
Khaddapi, M., Burhanuddin, B., Sapar, S., Salju, S., & Risal, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kepuasan Pelanggan Melalui Loyalitas Terhadap Minat Membeli Kembali di Jinan Pet Care and Veterinary Palopo. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(3), 951–961. https://doi.org/10.17358/jabm.8.3.951
M. Anwar, S., Junaidi, J., Salju, S., Wicaksono, R., & Mispiyanti, M. (2020). Islamic bank contribution to Indonesian economic growth. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 13(3), 519–532. https://doi.org/10.1108/IMEFM-02-2018-0071
Suryaningsih, I. B., Sumani, Hamid, R. S., & Noviasari, T. P. (2023). TALC: the role of TMM on loyalty intention and financial literacy as confounding variable in destination rejuvenation stage. International Journal of Tourism Cities, ahead-of-p(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/IJTC-05-2022-0139
Yanti, D., Dedi Subagja, A., Nurhayati, S., Reza Irwansyah Rezeki, S., Herawati Limbong, C., & Solling Hamid, R. (2023). Short Videos & Social Media Algorithms: Effective Communication in Tourism Marketing. International Journal Of Artificial Intelegence Research, 6(1), 2022. https://doi.org/10.29099/ijair.v6i1.2.585
Indriati, W. (2018). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris pada perusahaan Manufaktur Sektor Food dan Beverage yang Listing di BEI pada tahun 2014-2017). Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, 1–109.
Nadya Ayu Saputri , Rochmi Widayanti, R. D. (2019). Analisis Penerapan Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017. 03(02), 533–540.
Rahmawati, I., Rikumahu, B., & Dillak, V. J. (2017). Pengaruh Dewan Direksi, Dewan Komisaris, Komite Audit Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Inge Rahmawati. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi, 2.2 (2017).
Setiawan, A. (2016). Pengaruh Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Jurnal SIKAP (Sistem Informasi, Keuangan, Auditing Dan Perpajakan), 1(1), 1. https://doi.org/10.32897/sikap.v1i1.41
Wahyuni, Fitri, and T. E. (2019). Pengaruh Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, dan Leverage terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan di Bursa Efek Indonesia (Studi kasus Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017). Jurnal Akuntansi Pajak Dewantara, 1.2 (2019).
Widyati, M. F. (2013). Pengaruh dewan direksi, komisaris independen, komite audit, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap kinerja keuangan. Jurnal Ilmu Manajemen 1, 1.1 (2013).

Article Metrics
Abstract view : 165 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 120 times

Website Layout and Editing © 2016 Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo on Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo.