PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE AND CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY TERHADAP RETURN SAHAM MELALUI RETURN ON ASSET PADA PERUSAHAAN RESTORAN

Heny Ratnaningtyas, Nurbaeti Nurbaeti

Abstract


ABSTRAK

Perusahaan restoran adalah sektor usaha yang memiliki dampak sosial dan lingkungan yang signifikan, dan investasi dalam penerapan good corporate governance (GCG) dan  corporate social responbility (CSR) yang dapat berdampak pada citra dan kinerja keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh GCG dan  CSR terhadap return saham melalui return on asset (ROA). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode analisis jalur menggunakan software Eviews. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan restoran yang ada di Indonesia, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 7 (tujuh) perusahaan restoran yang ada di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) GCG dan CSR berpengaruh signifikan terhadap ROA; (2) CSR berpengaruh signifikan terhadap ROA; (3) GCG berpengaruh signifikan terhadap return saham; (4) CSR berpengaruh signifikan terhadap return saham; (5) ROA berpengaruh signifikan terhadap return saham; (6) GCG berpengaruh signifikan terhadap return saham melalui ROA; (7) CSR berpengaruh signifikan terhadap return saham melalui ROA. Menerapkan GCG dan praktik CSR yang baik pada perusahaan restoran dapat meningkatkan ROA dan return saham melalui peningkatan transparansi, akuntabilitas, reputasi, efisiensi operasional, dan manajemen risiko, serta menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik dan ramah lingkungan.

Kata Kunci: GCG, CSR, ROA, Return Saham

ABSTRACT

Restaurant companies are a business sector that has significant social and environmental impacts, and investments in implementing good corporate governance (GCG) and corporate social responsibility (CSR) can have an impact on image and financial performance. This research aims to determine the influence of GCG and CSR on stock returns through return on assets (ROA). This type of research is quantitative research with path analysis methods using Eviews software. The population in this research is all restaurant companies in Indonesia, while the sample in this research is 7 (seven) restaurant companies on the Indonesia Stock Exchange. The sampling technique in this research used purposive sampling. The research results show that: (1) GCG and CSR have a significant effect on ROA; (2) CSR has a significant effect on ROA; (3) GCG has a significant effect on stock returns; (4) CSR has a significant effect on stock returns; (5) ROA has a significant effect on stock returns; (6) GCG has a significant effect on stock returns through ROA; (7) CSR has a significant effect on stock returns through ROA. Implementing good GCG and CSR practices in restaurant companies can increase ROA and stock returns through increasing transparency, accountability, reputation, operational efficiency and risk management, as well as creating a better and environmentally friendly work environment.

Keywords: GCG, CSR, ROA, Stock Return  


References


Agustina, S. (2013). Pengaruh Profitabilitas Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Akuntansi Universitas Negeri Padang, 1(1): 1-23. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/akt/article/view/71

Astri, H. (2012). Pemanfaatan Corporate Social Responsibility (CSR) Bagi Peningkatan Kualitas Hidup Manusia Indonesia. Jurnal Aspirasi, 3(2): 151-166. DOI: https://doi.org/10.46807/aspirasi.v3i2.265

Budiharjo, R. (2016). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Return Saham dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening dan Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Peraih CGPI Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012). Jurnal Tekun, VII(1): 80-98. DOI: http://dx.doi.org/10.22441/tekun.v7i1.660

Dhevi, R. D. K. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Terhadap Profitabilitas Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 11(12): 1-20. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/4991.

Hisar, R., Suharna, J., Amiruddin, A., & Cahyadi, L. (2021). Pengaruh ROA dan DER, Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur di BEI yang Go Publik. Forum Ilmiah, 18(2): 178-189. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Formil/article/view/4300

Jao, R., Mardiana, A., & Jimmiawan, C. (2019). Pengaruh Corporate Governance Terhadap Return Saham Melalui Manajemen Laba. Tangible Journal, 4(1): 139-161. DOI:10.47221/tangible.v4i1.39

Ikrima, A S., & Asrori, A. (2020). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Return Saham Dengan Return On Asset Sebagai Variabel Moderating. Gorontalo Accounting Journal, 3(1): 1-15. DOI: https://doi.org/10.32662/gaj.v3i1.832

Legiman, F. M., Tommy, P., & Untu, V. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Return Saham Pada Perusahaan Agroindustry yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2012. Jurnal EMBA, 3(3): 382-392. DOI: https://doi.org/10.35794/emba.3.3.2015.9411

Mayuni, I. A. I., & Suarjaya, G. (2018). Pengaruh ROA, Firm Size, EPS, dan PER Terhadap Return Saham Pada Sektor Manufaktur di BEI. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(8): 4063-4093. DOI: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i08.p02.

Muid, D. (2012). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Stock Return (The Influence Corporate Social Responsibility to Stock Return) (Studi Empiris Perusahaan yang Terdaftar di BEI Tahun 2008-2009). Fokus Ekonomi, 6(1): 105-121.

Orchad, C. (2016). Penerapan Good Corporate Governance Dalam Upaya Mewujudkan Bumn Yang Berbudaya. Jurnal Hukum Samudra Keadilan, 11(2): 259-271. https://ejurnalunsam.id/index.php/jhsk/article/view/43

Praningrum, A. K. (2015). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan terlisting Bursa Efek Indonesia yang Termasuk dalam Corporate Governance Perception Index (CGPI) tahun 2011-tahun 2013). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 4(2): 1-17. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/2992

Putra, A. S. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2013). Jurnal Nominal, IV(2): 88-110. DOI: https://doi.org/10.21831/nominal.v4i2.8002

Santoso, S. (2016). Konsep Corporate Social Responsibility Dalam Perspektif Konvensional dan Fiqh Sosial. Jurnal AHKAM, 4(1): 81-104. https://doi.org/10.21274/ahkam.2016.4.1.81-104

Wahyuni, N. K. S., & Sukartha, I. M. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan Pada Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan. E-Jurnal Akuntansi, 29(1): 390-404. DOI : https://doi.org/10.24843/EJA.2019.v29.i01.p25

Wibowo, E. (2010). Implementasi Good Corporate Governance di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan kewirausahaan, 10(2): 129-138. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/view/360

Wijaya, R. (2019). Analisis Perkembangan Return on Assets (ROA) dan Return on Equity (ROE) untuk Mengukur Kinerja Keuangan. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(1): 40-51. DOI: https://doi.org/10.32502/jimn.v9i1.2115




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jep.v9i2.1709

Article Metrics

Abstract view : 186 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 196 times