PENGARUH SERTIFIKAT HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK IMOGEN PROPOLIS (Studi Kasus Pembelian Pada Stokis Kota Gorontalo)

Resma Ibrahim, Hapsawati Taan, Yulinda L. Ismail

Abstract


ABSTRAK

Banyaknya perusahaan yang bergerak dibidang obat-obatan herbal dan diperjual belikan dimana saja bahkan melalui online, sehingga konsumen dibuat bingung memutuskan pembelian produk yang cocok dengan kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh sertifikat halal terhadap keputusan pembelian produk imogen propolis di Stokis Kota Gorontalo. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel yang digunakan berjumlah 96 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sertifikat halal tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk imogen propolis di stokis Kota Gorontalo.

Kata Kunci: Sertifikat Halal, Keputusan Pembelian

ABSTRACT

The number of companies engaged in herbal medicines and traded anywhere even through online, so consumers are confused to decide on the purchase of products that match their needs. This study aims to determine the effect of halal certificate on the purchase decision of imogen propolis products in Gorontalo City stockists. Sampling technique using non-probability sampling is purposive sampling with the number of samples used amounted to 96 respondents. Data analysis in this study used a simple linear regression analysis. The results showed that the halal certificate has no significant effect on purchasing decisions imogen propolis products in stockists Gorontalo.

Keywords: Halal Certificate, Purchase Decision


References


BPS. (2022). Jumlah Penduduk Menurut Agama Islam Provinsi Gorontalo, 2019-2021. Gorontalo.Bps.Go.Id.

Dukalang, R., Taan, H., & Ismail, Y. L. (2022). Pengaruh Model Promosi Flash Sale dan Tagline Gratis Ongkir Terhadap Repurchase Intention di Tokopedia. Jurnal of Management & Business, 5(1), 60–76.

Fauzan, T. A. (2019). Pengaruh Sertifikat Halal dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Restoran Cepat Saji KFC Simpang Lima Banda ACEH) (Vol. 8, Issue 5). Universitas Islam Negeri AR-Raniry.

Harminingtyas, R., & Noviana, R. (2021). Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal di Semarang. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, 8(2), 103–112.

Hikolo, L., Taan, H., & Juana, A. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restaurant Tiara di Kota Gorontalo. Jambura, 6(1), 111–117. http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/11330

Joelyismianto, A. C., Kusjuniati, & Iswahyuni. (2021). Pengaruh Promosi dan Sertifikat Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame di Denpasar. 1–9.

Kuengo, F. A., Taan, H., & Radji, D. L. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Brio Pada Nengga mobilindo Kota Gorontalo. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 54–65. https://doi.org/10.37479/jimb.v5i




DOI: http://dx.doi.org/10.35906/jep.v9i2.1691

Article Metrics

Abstract view : 57 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 52 times