ANALISIS DETEKSI POTENSI ARUS KAS OVERSTATED PADA PT. MAYORA INDAH TBK
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeteksi potensi arus kas overstated pada PT. Mayora Indah Tbk. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu menggunakan teknik simak dan catat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwaannya PT. Mayora Indah Tbk sudah cukup baik dalam penerapan kas berlebih dengan membuktikan bahwa tidak pernah ada risiko-risiko dalam laporan keuangan. Perseroan ini laporan keuangannya sesuai dengan peraturan PSAK. Pengeluarannya diklasifikasikan dengan benar, pengeluaran untuk pembayaran perolehan asset memberi manfaat lebih dari satu periode akuntansi .belanja modal yang dikeluarkan untuk tujuan pembentukan barang modal yang diakui sebagai aset tetap.
Â
Kata Kunci: Potensi Arus Kas Overstated, Belanja Modal, Arus Kas OperasionalFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afandi, David, and Soebari Martoatmodjo. 2013. “Analisis Kinerja Keuangan PT.Mayora Indah Tbk Di Bursa Efek Indonesia.†Ilmu & Riset Manajemen 2(5): 1–19
Baridwan, Zaki. 1997. “Analisis Nilai Tambah Informasi Laporan Arus Kas.†Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia 12(2): 15. https://journal.ugm.ac.id/jieb/article/view/39995.
Fay, Daniel Lenox. 1967. “Penggunaan Laporan Arus Kas Guna Menentukan Kebijakan Pendanaan Jangka Pendek Studi Kasus Pada Cv Purnama Kediri.†Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (2).
Antong, A., & Riyanti, R. (2021). How Does Local Wisdom Become Value in Selling-Price Setting? Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 12(3), 672–688. https://doi.org/10.21776/ub.jamal.2021.12.3.38
Muliadi, M., Muhammadiah, M., Amin, K. F., Kaharuddin, K., Junaidi, J., Pratiwi, B. I., & Fitriani, F. (2022). The information sharing among students on social media: the role of social capital and trust. VINE Journal of Information and Knowledge Management Systems, ahead-of-print(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/VJIKMS-12-2021-0285
Lantara, D., Junaidi, J., Rauf, N., Pawennari, A., & Achmad, R. N. (2022). Indonesian Islamic banks: A review of the financial state before and after the COVID-19 pandemic. Banks and Bank Systems, 17(4), 12–24. https://doi.org/10.21511/bbs.17(4).2022.02
Tijjang, B., Junaidi, J., Nurfadhilah, N., & Putra, P. (2023). The Role of Brand Love, Trust, and Commitment in Fostering Consumer Satisfaction and Loyalty. FWU Journal of Social Sciences, 17(1).
Khaddapi, M., Burhanuddin, B., Sapar, S., Salju, S., & Risal, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kepuasan Pelanggan Melalui Loyalitas Terhadap Minat Membeli Kembali di Jinan Pet Care and Veterinary Palopo. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(3), 951–961. https://doi.org/10.17358/jabm.8.3.951
Risal, M., & Aqsa, M. (2021). Consumer Loyalty as Impact of Marketing Mix and Customer Satisfaction. MIMBAR : Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 37(2), 297–304. https://doi.org/10.29313/mimbar.v37i2.8055
Salju, S., Junaidi, J., & Goso, G. (2023). The effect of digitalization, work-family conflict, and organizational factors on employee performance during the COVID-19 pandemic. Problems and Perspectives in Management, 21(1), 107–119. https://doi.org/10.21511/ppm.21(1).2023.10
Sapar, S., & Syafruddin, S. (2021). Conflict Resolution in Mining Area: An Alternative Strategy of Community Empowerment. Jurnal Ilmu Lingkungan, 19(3), 612–619. https://doi.org/10.14710/jil.19.3.612-619
M. Anwar, S., Junaidi, J., Salju, S., Wicaksono, R., & Mispiyanti, M. (2020). Islamic bank contribution to Indonesian economic growth. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 13(3), 519–532. https://doi.org/10.1108/IMEFM-02-2018-0071
Yanti, D., Dedi Subagja, A., Nurhayati, S., Reza Irwansyah Rezeki, S., Herawati Limbong, C., & Solling Hamid, R. (2023). Short Videos & Social Media Algorithms: Effective Communication in Tourism Marketing. International Journal Of Artificial Intelegence Research, 6(1), 2022. https://doi.org/10.29099/ijair.v6i1.2.585
Junaidi, J., Wicaksono, R., & Hamka, H. (2022). The consumers’ commitment and materialism on Islamic banking: the role of religiosity. Journal of Islamic Marketing, 13(8), 1786–1806. https://doi.org/10.1108/JIMA-12-2020-0378
Karim, K., Ilyas, G. B., Umar, Z. A., Tajibu, M. J., & Junaidi, J. (2022). Consumers’ awareness and loyalty in Indonesia banking sector: does emotional bonding effect matters? Journal of Islamic Marketing, ahead-of-print(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2022-0092
Junaidi, J., Anwar, S. M., Alam, R., Lantara, N. F., & Wicaksono, R. (2023). Determinants to adopt conventional and Islamic banking: evidence from Indonesia. Journal of Islamic Marketing, 14(3), 892–909. https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2021-0067
JUNAIDI, J., CHIH, W., & ORTIZ, J. (2020). Antecedents of Information Seeking and Sharing on Social Networking Sites: An Empirical Study of Facebook Users. International Journal of Communication, 14, 5705–5728.
Ginting, Suriani. 2012. “1 Analisis Pengaruh Pertumbuhan Arus Kas, Dan Profitabilitas Terhadap Return Saham Pada Perusahaan LQ-45 Di Bursa Efek Indonesia.†Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil 2(1): 39–48.
Herliana, Ade Dina, Djoni Budiardjo, and Puput Tri Komalasari. 2016. “Pengaruh Free Cash Flow Terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Agency Cost Sebagai Variabel Antara Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.†Jurnal Ekonomi dan Bisnis Airlangga 26(3): 1–16.
Maruta, Heru. 2017. “Pengertian, Kegunaan, Tujuan Dan Langkah- Langkah Penyusunan Laporan Arus Kas.†Jurnal Akuntansi Syariah 1(2): 239–57.
Pulloh, J., and M. NP. 2016. “Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Kasus Pada PT. HM Sampoerna Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia).†Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 33(1): 89–97.
Putranto, Agung Tri. 2018. “Analisis Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pt Mayora Indah Tbk Tangerang.†Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi) 1(3).
Sasongko, Hendro, and Dewi Apriani. 2016. “Analisis Pengaruh Arus Kas Terhadapprofitabilitas Pada Pt Mayora Indah Tbk.†JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi) 2(1): 1–15.
Subani, Oleh :, Stie Widya, and Gama Lumajang. 2015. “Analisis Arus Kas Untuk Mengukur Kinerja Keuangan (Studi Pada Kud Sido Makmur Lumajang).†5(1): 2088–2944.
Yocelyn, Azilia, and Yulius Jogi Christiawan. 2013. “Analisis Pengaruh Perubahan Arus Kas Dan Laba Akuntansi Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Berkapitalisasi Besar.†Jurnal Akuntansi dan Keuangan 14(2).

Article Metrics
Abstract view : 477 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 461 times
Copyright (c) 2021 Jurnal Akuntansi STIE Muhammadiyah Palopo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Website Layout and Editing © 2016 Jurnal Akuntansi STIE Muhammadiyah Palopo on Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Universitas Muhammadiyah Palopo.